Kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi?
Pertanyaan ini umumnya ditanyakan oleh calon investor yang masih bingung kapan sebaiknya mereka mulai masukmenginvestasikan uang yang sudah mereka siapkan.

Beberapa hari yang lalu saya mengklik link yang dipost salah seorang teman di media sosial Path. Judul tulisan di link tersebut: 10 Life Lessons to Excel in Your 30s (10 Pelajaran Hidup untuk Usia 30an). Si penulis, namanya Mark Manson, yang baru saja berulang tahun ke-30 beberapa minggu yang lalu, mengirimkan email kepada para subscriber di websitenya yang berusia 37 tahun ke atas dan menanyakan: Jika Anda bisa memberi saran/nasihat kepada diri Anda yang berusia 30, apa yang akan Anda katakan?

Mark menerima lebih dari 600 jawaban email, dan ada beberapa poin jawaban yang sepertinya terus muncul pada masing-masing jawaban dengan kata-kata yang berbeda. Nah ini menarik. It seems that there really are a few core pieces of advice that are particularly relevant to this decade of your life. Sepertinya ada beberapa nasihat inti yang benar-benar berpengaruh pada masa-masa ini.

Poin pertama adalah: Start Saving for Retirement NOW, Not Later.
Mulailah menabung/berinvestasi untuk pensiun SEKARANG, bukan nanti. Ini bukan sekadar saran dari financial planner/financial advisor yang sering Anda dengar di radio dan lihat di televisi. Namun Mark memperolehnya dari ratusan email dan ratusan orang yang telah memiliki pengalaman di hidup mereka, bagaimana mereka menyesal tidak pernah menabung/berinvestasi sejak muda. Saya ngga akan menulis semuanya di sini, Anda bisa membaca artikel selengkapnya : 10 Life Lessons to Excel in Your 30s

The point was clear: save early and save as much as possible. One woman emailed me saying that she had worked low-wage jobs with two kids in her 30s and still managed to sock away some money in a retirement fund each year. Because she started early and invested wisely, she is now in her 50s and financially stable for the first time in her life. Her point: it’s always possible. You just have to do it.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi?
Waktu yang terbaik adalah sepuluh tahun yang lalu. Waktu terbaik kedua, adalah saat ini.