Transaksi

4
Mar

Penasihat Investasi dan Pemeringkat Efek

4
Mar

Pendaftaran Online

4
Mar

Download Formulir

4
Mar

Profil risiko

22
Apr

Transaksi via Mobile App

Deskripsi
Xdana Mobile adalah aplikasi yang disediakan oleh Investa Indonesia kepada nasabah untuk meningkatkan user experience dalam investasi reksa dana. Melalui aplikasi Mobile dapat memperoleh fasilitas seperti:

  1. Pengecekan saldo investasi
  2. Pengecekan historis transaksi
  3. Pengecekan status autodebet
  4. Memantau kinerja investasi reksa
  5. Melakukan simulasi investasi
  6. Membuat perencanaan keuangan berdasarkan tahapan dalam kehidupan (Life Cycle Investment Planning)
  7. Mendapatkan konfirmasi transaksi via email dan SMS
  8. Melakukan transaksi pembelian reksa dana
22
Apr

Transaksi Reksa Dana Online

Anda yang telaten dengan perencanaan keuangan pasti tahu tentang investasi Reksa Dana. Nah, pemerintah bekerja sama dengan perusahaan manajemen investasi benar-benar mendorong masyarakat untuk berinvestasi cerdas dengan mudah. Jika sebelumnya transaksi Reksa Dana sebagian besar harus dilakukan dengan mendatangi kantor agen penjual Reksa Dana atau bank, belakangan ini berkembang cara mudah bertransaksi Reksa Dana secara online dalam satu wadah. Cukup dengan mengunjungi situsnya, masyarakat bisa memilih produk Reksa Dana yang diinginkan. Persis seperti supermarket atau mall.

Pastikan Anda telah membaca: Sekilas memahami investasi Reksa Dana.

Transaksi Reksa Dana online sebelumnya dipelopori oleh Commonwealth Bank yang menyediakan puluhan produk. Hanya dengan membuka rekening minimal Rp500 ribu, masyarakat sudah bisa membeli produk Reksa Dana yang diminati. Investasi selanjutnya bisa Rp100 ribuan, atau sesuai dengan aturan masing-masing penerbit Reksa Dana. Lalu ada juga PT Danareksa melalui yang menyediakan fitur transaksi Reksa Dana online. Berbeda dengan Commonwealth Bank yang menjajakan aneka produk Reksa Dana dari berbagai perusahaan, PT Danareksa hanya menjual produk buatannya saja sehingga pilihan lebih terbatas.

Belakangan berkembang sejumlah perusahaan manajemen investasi yang tidak hanya menjual produknya sendiri, tetapi juga produk perusahaan lain, secara online. Karenanya masyarakat makin praktis dan mudah saat memilah-milah produk investasi Reksa Dana sesuai kebutuhannya. Jika membutuhkan duit, Anda tinggal menjual kembali (redemption) investasi Anda secara online dengan mudah.

Mall Reksa Dana online dipelopori oleh PT Indo Premier Securities yang menyediakan sejumlah produk dari setidaknya 9 perusahaan manajemen invetasi lewat IPOT Plan. Ada juga PT Phillip Securities Indonesia yang melaunching program Phillip Reksadanaku, suatu platform transaksi Reksa Dana lewat POEMS. Phillip juga merencanakan untuk berkerja sama dengan perusahaan manajemen investasi lainnya agar bisa memperbanyak produk Reksa Dana yang disajikannya.

Tidak Dipungut Biaya

Biaya-biaya investasi merupakan faktor yang harus dipertimbangkan investor. Investasi Reksa Dana juga tidak lepas dari biaya yang dipungut oleh perusahaan manajemen investasi (beli langsung), bank, atau perusahaan asuransi (jika membeli Reksa Dana dalam bentuk unitlink).

Membeli Reksa Dana lewat bank memang sangat mudah karena mudah diakses oleh semua orang sampai ke pedesaan. Hanya saja bank biasanya menambahkan persentase biaya tertentu. Demikian juga dengan Reksa Dana dalam bentuk unit link. Biayanya lebih besar lagi sehingga dapat sangat mengganggu pertumbuhan investasi.

Nah, di mall online ala Phillip Securities maupun Indo Premier Securities, tidak dikenakan biaya tambahan lagi. Perusahaan mendapat pembagian manajemen fee dari perusahaan manajemen investasi penerbit Reksa Dana. Dengan demikian investor tidak perlu kuatir akan beban biaya yang berlebihan.

Cara Berinvestasi

Untuk memulai investasi Reksa Dana di mall Reksa Dana kedua perusahaan di atas sangatlah mudah. Cukup mengisi formulir secara online di website perusahaan tersebut lalu petugasnya akan datang menemui Anda untuk melengkapi sejumlah berkas termasuk KTP dan dokumen lainnya. Hal ini memang dipersayaratkan oleh Bank Indonesia agar saat pembukaan investasi, investor dan perusahaan harus bertemu muka. Hai ini penting untuk mengenal investor (KYC- know your customer) dan sekaligus bisa dimanfaatkan investor untuk berkonsultasi tentang rencana investasinya.

Selanjutnya investor membuka rekening dana investor (RDI) di bank yang ditunjuk. Rekening ini gunanya sebagai tempat menyetorkan dana yang akan diinvestasikan, sekaligus untuk menampung dana hasil investasi bila investor ingin menarik (menjual) investasinya. Menariknya, dengan satu RDI tersebut, investor tidak hanya bisa bertransaksi Reksa Dana tetapi juga bisa untuk transaksi jual beli saham. Satu rekening untuk segala keperluan investasi yang praktis.

Patut diingat bahwa setiap investor memiliki account online sendiri untuk mengakses data investasinya secara online dengan password tersendiri.

Selain kedua perushaan di atas, dapat dipastikan bahwa mall atau supermarket Reksa Dana akan makin berkembang untuk semakin mempermudah masyarakat mengakses peluang investasi yang semakin populer ini.