User Agreement

User Agreement

PERJANJIAN PEMBERIAN NASIHAT INVESTASI

 

Perjanjian Pemberian Nasihat Investasi ini dibuat oleh dan antara:

  1. PT XDANA INVESTA INDONESIA, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia yang merupakan pengelola dari Xdana Cash, suatu produk turunan dari sistem Reksa Dana Online (RDO) (selanjutnya disebut sebagai “Xdana”,
  2. Anda sebagaimana terdata dalam sistem RDO (selanjutnya disebut sebagai “Nasabah”),

Xdana dan Nasabah terlebih dahulu menerangkan bahwa:

  1. Xdana telah memperoleh izin dari dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Surat Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan nomor: KEP-52/D.04/2015 tanggal 25 September 2015 sebagai Perantara Pedagang Efek Yang Khusus Didirikan untuk Memasarkan Efek Reksa Dana dan Surat Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan nomor: KEP-17/D.04/2018 tanggal 19 April 2018 sebagai Penasihat Investasi;
  2. Xdana tidak memiliki kepentingan dalam Efek Reksa Dana Pasar Uang yang direkomendasikannya di dalam Xdana Cash;
  3. Nasabah telah mengisi data dengan lengkap dan benar sesuai dengan dokumen identitas Nasabah (Khusus Nasabah Institusi wajib menunjuk pejabat berwenang);
  4. Nasabah setuju bahwa registrasinya pada Xdana Cash diproses oleh Xdana jika telah sesuai dengan Peraturan OJK No. 12/POJK.01/2017 tgl 21 Maret 2017 tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme di Sektor Jasa Keuangan;
  5. Nasabah dengan ini menyatakan bahwa Nasabah adalah bukan warga negara ataupun penduduk negara Amerika Serikat;
  6. Xdana dapat menghubungi Nasabah untuk proses registrasi lebih lanjut. Xdana wajib menolak, membatalkan dan/atau menutup hubungan usaha dengan Nasabah apabila ada hal-hal yang tidak sesuai dengan ketentuan pasal 42 POJK no. 12/POJK.01/2017.

 

Xdana dan Nasabah sepakat untuk masuk ke dalam Perjanjian ini dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  1. Xdana Cash merupakan produk turunan dari sistem Reksa Dana Online (RDO) yang ditujukan bagi Nasabah yang berkarakter pemula atau konservatif dan karenanya profil risiko Nasabah dianggap sebagai konservatif.
  2. Dalam Syarat dan Ketentuan ini, istilah Xdana Cash dan Reksa Dana Online (RDO) dapat digunakan secara bergantian untuk merujuk kepada hal yang sama.
  3. Nasabah dengan ini memberikan kuasa kepada Xdana untuk merekomendasikan reksa dana pasar uang yang dianggap oleh Xdana optimal untuk membantu tujuan investasi jangka pendek Nasabah.
  4. Dengan melakukan pendaftaran Xdana Cash, Nasabah setuju untuk menyimpan User ID dan Password, dan tidak akan memberikan/membagikan User ID dan Password dengan orang lain.  Setiap penyalahgunaan User ID dan Password menjadi tanggung jawab Nasabah sepenuhnya.
  5. Nasabah sangat dianjurkan untuk menggunakan fasilitas gawai maupun komputer pribadi untuk melakukan transaksi apapun di aplikasi Xdana Cash demi keamanan transaksi Nasabah.
  6. Sebelum memutuskan berinvestasi di Reksa Dana, Nasabah telah membaca, mengerti dan memahami isi Prospektus (sertakan link ke halaman muka Prospektus di sini) serta mengerti risiko-risiko berinvestasi di Reksa Dana, dan tunduk pada syarat dan ketentuan yang berlaku.  Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang; harga Unit Penyertaan dapat naik atau turun dan tidak dapat dijamin serta dapat mengakibatkan berkurangnya/hilangnya investasi awal.
  7. Nasabah memahami bahwa transaksi pembelian (subscription/top up) Reksa Dana harus dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang tercantum dalam Prospektus serta ketentuan dan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. Transaksi pembelian (subscription/top up) Reksa Dana berlaku efektif sejak disetujuinya transaksi pembelian (subscription/top up) tersebut oleh Manajer Investasi.
  8. Nasabah menyetujui bahwa Xdana Cash yang disediakan oleh Xdana dengan prinsip ‘sebagaimana adanya’ atau ‘as is’ dan usaha terbaik (“best effort basis”) dan dengan demikian selalu ada kemungkinan terjadinya penundaan, kehilangan atau ketidakakuratan sehubungan dengan data yang ada dalam sistem RDO. Xdana serta para direktur, karyawan, pihak terafiliasi dan para agennya tidak dan tidak dapat menjamin keakuratan, keteraturan, kelengkapan, kekinian, ketepatan waktu, kesesuaian, kecocokan untuk suatu tujuan, keabsahan dari data yang tercantum dalam RDO, dan dengan ini menyatakan tidak pernah menjamin hal-hal dimaksud tersebut secara eksplisit maupun implisit. Dan oleh karena itu, Xdana tidak akan bertanggung jawab kepada Anda atau pihak mana pun atas segala keputusan  yang diambil atau tindakan yang dilakukan oleh Anda berdasarkan data yang disediakan RDO, atau atas akibat apapun yang timbul, kerugian secara langsung ataupun tidak langsung, termasuk, namun tidak terbatas pada, hilangnya keuntungan, kerugian transaksi, kerugian karena ketidaknyamanan. RDO tidak menjamin baik secara eksplisit ataupun implisit akan keakuratan, kelengkapan, ketepatan waktu atau keteraturan RDO dan data serta informasi yang terkandung di dalamnya, dan Anda dengan ini menyatakan mengetahui adanya kemungkinan tertundanya penyampaian, hilangnya atau ketidakakuratan data dan informasi terkait dengan RDO.
  9. Hak dan Kekayaan Intelektual: Nasabah menyetujui bahwa Xdana Cash dan RDO dan semua layanan yang terkait dengan Reksa Dana Online adalah kekayaan intelektual milik Xdana atau milik pihak lain yang menjadi sumber data dan informasi RDO. Anda menyetujui untuk tidak mereproduksi, mentransmisikan, menyebarkan, menjual, mendistribusikan, mempublikasikan, menyiarkan, menyebarluaskan atau menggunakan untuk tujuan komersial segala yang terkait dengan RDO tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Xdana, juga menyetujui untuk tidak menggunakan RDO dan semua layanan yang terkait untuk tujuan ilegal.
  10. Pembatasan Akses ke RDO:
    • Nasabah tidak dapat menggunakan Reksa Dana Online apabila terdapat kondisi-kondisi tertentu yang membatasi hak-hak Nasabah baik yang ditentukan oleh Xdana maupun oleh hukum dan peraturan yang berlaku.
    • Xdana tidak bertanggung jawab atas segala kegagalan Nasabah untuk mengakses RDO yang disebabkan oleh adanya kondisi-kondisi tertentu yang membatasi di rekening Nasabah.
    • Akses ke RDO mungkin akan terbatas atau tidak tersedia pada jam-jam sibuk tertentu, saat pasar mengalami volatilitas tinggi, perbaikan sistem, pemeliharaan atau sebab-sebab lainnya. Jika akses ke RDO tidak tersedia atau tertunda, Nasabah setuju untuk menggunakan cara bertransaksi lainnya, misalnya dengan menghubungi Layanan Nasabah (Customer Service) Xdana atau dengan mendatangi kantor Xdana. Xdana tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul karena terbatasnya atau ketiadaan akses ke RDO karena sebab-sebab tersebut di atas.

 

Syarat dan Ketentuan Umum Pembelian/ Subscribe/ Top Up Reksa Dana:

  1. Transaksi pembelian Reksa Dana Online dapat dilakukan dengan Transfer via ATM, Internet Banking, Mobile Banking, e-money, e-wallet, dan virtual account ke rekening Reksa Dana yang dituju.
  2. Transaksi pembelian Reksa Dana Online harus dilakukan oleh nasabah yang bersangkutan melalui rekening dan User ID nasabah tersebut.
  3. Transaksi pembelian Reksa Dana tidak dikenakan biaya pembelian, namun dapat dikenakan biaya pemindahbukuan/ transfer bank (jika ada).
  4. Minimum pembelian Reksa Dana adalah sesuai ketentuan dari masing-masing Reksa Dana bisa dilihat dari Prospektus masing-masing Reksa Dana.
  5. Nasabah harus memastikan data yang diisi dengan lengkap dan benar. Xdana tidak bertanggungjawab atas kesalahan pengisian data. Pembelian dianggap sah apabila seluruh data telah terisi dengan lengkap dan dana sudah efektif di rekening masing-masing Reksa Dana sesuai dengan Reksa Dana yang dibeli.
  6. Nasabah wajib mengunggah (upload) dokumen bukti pembayaran sebagai dokumen pendukung pembelian Reksa Dana.
  7. Dana harus dikirim dari rekening bank Nasabah yang bersangkutan.
  8. Transaksi pembelian/subscription/top up Reksa Dana akan diproses menggunakan Nilai Aktiva Bersih (NAB) pada hari yang sama apabila pembayaran dan bukti transfer diterima sebelum pukul 13.00 WIB dan dana diterima dengan baik (in good fund) di rekening Reksa Dana. Jika transaksi dan bukti transfer diterima setelah pukul 13.00 WIB, maka akan diproses dengan NAB pada hari