Privacy Policy

Privacy Policy

Kami Menghargai Privasimu

PT Xdana Investa Indonesia (“Xdana”) berkomitmen atas kerahasiaan, keamanan, integritas data pribadi (privasi) nasabah maupun calon nasabahnya. Komitmen ini dituangkan dalam sebuah Kebijakan Privasi yang kami tinjau setiap tahun. Kami akan memberitahukan setiap perubahan terhadap kebijakan privasi kami melalui situs maupun aplikasi yang dimiliki oleh Xdana.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Data dan/atau Informasi Pribadi

Sesuai dengan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 14/SEOJK.07/2014 tentang Kerahasiaan dan Keamanan Data dan/atau Informasi Pribadi Konsumen, yang dimaksud dengan Data dan/atau Informasi Pribadi Konsumen adalah data dan/atau informasi, yang mencakup nama, alamat, tanggal lahir dan/atau umur, nomor telepon, dan/atau nama ibu kandung.

Mengapa Kami Mengumpulkan Informasi Pribadi

Sebagai perusahaan penyedia layanan jasa keuangan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, Xdana diwajibkan oleh Peraturan Otoritas Jasa Keuangan untuk mengenal nasabah/calon nasabahnya. Cara kami untuk mengenali nasabah/calon nasabah kami adalah melalui pengumpulan informasi pribadi nasabah dan calon nasabahnya. Informasi pribadi tersebut kami gunakan untuk melayani dan memelihara rekening efek, memproses transaksi yang nasabah lakukan, melayani pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh nasabah seputar rekening dan jasa layanan kami, memperbaiki dan mengembangkan produk layanan kami agar lebih membantu dan bermanfaat bagi nasabah, serta untuk terus memenuhi ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku.

Bagaimana Kami Mengumpulkan Informasi Pribadi

Pada saat calon nasabah melakukan registrasi di aplikasi maupun situs web Xdana, nasabah melakukan pengisian informasi data diri yang beberapa di antaranya dikategorikan sebagai Informasi Pribadi, untuk memenuhi ketentuan Peraturan dalam kami memberikan layanan jasa keuangan. Informasi ini selanjutnya disimpan di akun nasabah (My Profile). Nasabah dapat melakukan perubahan pada beberapa data diri secara langsung; namun untuk keamanan akun nasabah, beberapa data baru dapat diubah setelah nasabah menghubungi bagian Layanan Nasabah kami.

Disamping data yang disampaikan secara suka rela oleh nasabah, kami juga mengumpulkan data berupa informasi yang dihasilkan dasar penggunaan aplikasi oleh nasabah/calon nasabah. Informasi ini dapat terdiri dari alamat IP, komposisi dan nilai portofolio dan informasi teknikal terkait dengan perangkat mobile pengguna. Informasi-informasi ini kami gunakan untuk mengembangkan produk kami agar nasabah memperoleh pengalaman yang lebih bersifat pribadi (personal experience) dan agar kami dapat lebih baik lagi melayani kebutuhan investasimu.

Perlindungan Informasi Pribadimu

Kami berkomitmen untuk menjalankan praktek bisnis yang terbaik (best practices) dengan mengedepankan integritas yang salah satunya adalah dengan menjaga kepercayaan melalui perlindungan informasi pribadi nasabah/calon nasabah. Kemi menggunakan cara-cara manual maupun teknologi untuk mengontrol akses terhadap data pribadi nasabah/calon nasabah hanya kepada nasabah/calon nasabah dan mereka yang membutuhkan data tersebut untuk melayani kebutuhan dan layanan serta keamanan data nasabah/calon nasabah.

Pemberian Informasi Kepada Pihak Ketiga

Xdana tidak memberikan informasi pribadi nasabah/calon nasabahnya kepada pihak ketiga yang tidak terafiliasi untuk tujuan pemasaran produk dan jasa mereka. Kami hanya dapat memberikan informasi pribadi tersebut kepada pihak-pihak berikut ini:

  • Manajer Investasi yang mengelola reksa dana yang dibeli oleh nasabah
  • Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Lembaga Negara Penegakan Hukum (Kepolisian, Kejaksaan, Komisi Pemberantasan Korupsi dan sebagainya), Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan
  • Organisasi-organisasi lainnya hanya dengan persetujuan nasabah.

Apabila kami bekerjasama dengan institusi atau perusahaan lain yang memberikan pelayanan bagi kami, kami mewajibkan tiap perusahaan tersebut untuk melindungi kerahasiaan informasi pribadi yang mereka terima.

Keamanan dan Kerahasiaan Transaksi yang Dilakukan Secara Online atau Melalui Aplikasi Mobile

Xdana menggunakan teknologi pengamanan data seperti firewall, teknik-teknik enkripsi dan prosedur-prosedur otentikasi, untuk menjaga keamanan sesi online nasabah/calon nasabah.