FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan Reksa Dana ?

Reksa Dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan kembali ke dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi. melalui suatu perjanjian hukum yang disebut Kontrak Investasi Kolektif (KIK).

2. Siapa yang bisa berinvestasi di Reksa Dana ?

Individu maupun institusi bisa berinvestasi di Reksa Dana.

3. Apa saja manfaat dari berinvestasi di Reksa Dana ?

  • Diversifikasi investasi
    Untuk mengurangi risiko investasi, maka portofolio efek Reksa Dana didiversifikasikan ke tingkat yang optimal, sehingga p emodal kecil dengan dana terbatas dapat me peroleh manfaat diversifikasi investasi sebag aimana layaknya pemodal besar.
  • Dikelola oleh tenaga profesional
    Pengelolaan portofolio Rekksa Dana dilakukan oleh Manajer Investasi yang memiliki keahlian di bidang pengelolaan dana yang didukung informasi dan akses informasi pasar yang lengkap. Mengingat pemodal indiviidual umumnya memiliki keterbatasan waktu da n akses informasi, maka peran Manajer Inves tasi menjadi sangat penting dalam melakukan investasi.
  • Potensi pertumbuhan nilai investasi
    Reksa Dana memiliki daya tawar (bargaining power) yang lebih baik dalam memperoleh tingkat pengembalian yang lebih tinggi serta akses kepada instrument investasi yang sulit jika dilakukan secara individual. Hal ini memberikan kesempatan yang sama kepada selur uh Pemegang Unit Penyertaan untuk memperoleh hasil investasi yang relatif baik sesuai tingkat risikonya.
  • Kemudahan bertransaksi
    Pemodal dapat melakuka n investasi secara tidak langsung, tanpa melalui prosedur dan persyaratan yang rumit.
  • Transparansi informasi
    Pemegang Unit Penyertaan dapat memperoleh informasi mengenai Re ksa Dana secara transparan melalui Prospek tus, Nilai Aktiva Bersih (NAB) yang akan diumumka n setiap hari serta laporan keuangan tahunan melalui pembaharuan Prospektus setiap 1 (satu) tahun.
  • Biaya investasi relatif rendah
    Reksa Dana akan mengha silkan efisiensi biaya transaksi. Biaya transaksi a kan lebih rendah dibandingkan apabila pem odal individual melakukan transaksi sendiri.

4. Apa saja risiko berinvestasi di Reksa Dana ?

  • Risiko berkurangnya Nilai Aktiva Bersih
    Investasi yang dimiliki oleh Reksa Dana dapat mengalami fluktuasi dan risiko yang lazim terdapat pada Efek dan tidak ada ja minan bahwa akan terjadi peningkatan nilai.
  • Risiko wanprestasi
    Manajer Investasi akan be rusaha memberikan hasil investasi terbaik kepad a Pemegang Unit Penyertaan. Namun dalam kondisi luar biasa, bank dan/atau penerbit surat b erharga atau pihak lainnya yang berhubungan dengan investasi Reksa Dana dapat mengalami wanprestasi (default) dalam memenuhi kewajibannya, dan hal ini akan mempengaruhi hasil investas i Reksa Dana.
  • Risiko Likuiditas
    Manajer Investasi harus menyediakan dana tunai yang cukup untuk me mbayar penjualan kembali Unit Penyertaan yang dilakukan oleh Pemegang Unit Penyertaan. Jika secara bersama-sama dalam waktu yang singkat Pemegang Unit Penyertaan melakukan penjualan Unit Penyertaan kepada Manajer Investasi, maka Manajer Investasi dapat me ngalami kesulitan likuiditas untuk menyedia kan dana tunai tersebut dengan cepat. Dalam hal terjadi keadaan-keadaan di luar kekuasaan Manajer Investasi (force majeure), Penjualan Kembali dapat dihentikan untuk sementa ra sesuai dengan ketentuan dalam Kontrak Inve stasi Kolektif dan Peraturan OJK.
  • Risiko perubahan politik, ekonomi dan peraturan perpajakan
    Perubahan kondisi politik, ekonomi dan peraturan perpajakan serta peraturan-peraturan lainnya khususnya pada pasar uang dan pasar modal nasional maupun int ernasional dapat mempengaruhi jumlah Unit Penyertaan yang dimiliki oleh Pemegang Unit Penyertaan Reksa Dana.
  • Risiko fluktuasi nilai tukar d an tingkat suku bunga
    Investasi yang dilakukan pada Reksa Dana dapat mengalami kenaikan atau penurunan nilai sebagai akibat dari fluktu asi pada nilai tukar antara Rupiah Indonesia dan mata uang asing, maupun suku bunga antara investasi Rupiah Indonesia dan non Rupiah juga da pat menyebabkan nilai investasi menurun dan dapat mengganggu Nilai Aktiva Bersih.

5. Apakah aset Reksa Dana yang d ikelola Manajer Investasi terjaga ?

Aset Reksa Dana dengan ama n disimpan di Bank Kustodian yang tidak berafilias i dengan Manajer Investasi. Bank Kustodian akan memastikan aset dana terpisah dari Manajer Investasi dan aset Bank Kustodian. Sehingga bila terj adi sesuatu dengan Manajer Investasi atau Bank Kustodian, aset investasi tidak akan terganggu.

6. Apa saja jenis-jenis Reksa Dana ?

  • Reksa Dana Pasar Uang
    Jenis reksa dana yang dan anya diinvestasikan di pasar uang diantaranya d eposito berjangka, Sertifikat Perbendaharaan Negara (SPN) dan surat hutang berjangka pendek (kurang dari satu tahun). Reksa Dana ini m emiliki risiko paling rendah dibanding Reksa Dana lainnya dan bisa menjadi pelengkap untuk tujuan investasi jangka pendek (kurang dari 1 ta hun atau hingga 1 tahun) bagi investor selain deposito.
  • Reksa Dana Pendapatan Tetap
    Reksa dana ini memiliki risiko menengah yang mana pertumbuhannya relat if stabil dan tidak fluktuatif, karena fokus portofolionya terdiri dari efek hutang obligasi (diterbitkan oleh pemerintah dan/atau perusahaan) dan instrumen pasar uang. Reksa Da na ini umumnya digunakan untuk tujuan inv estasi jangka menengah (diatas 1 tahun hingga 3 atau 5 tahun).
  • Reksa Dana Campuran
    Reksa Dana ini berinvesta si pada saham dan obligasi dengan komposisi ter tentu, yang imana tingkat pengembaliannya (return) sedikit berfluktuasi namun pertumbuhannya relatif lebih stabil dibanding Reksa Da na saham. Reksa Dana campuran umumnya digun akan untuk tujuan investasi jangka menengah hingga panjang (3 tahun atau lebih).
  • Reksa Dana Saham
    Jenis Reksa Dana yang berinvestasi di saham dengan tingkat pengemba ian (return) yang bervariasi dan cenderung berfluktuasi seiring perkembangan kondisi pasar da n ekonomi. Reksa Dana ini sesuai bagi investor yang mengejar pertumbuhan nilai investasi secara optimal untuk tujuan jangka panjang.
  • Reksa Dana Indeks
    Reksa Dana indeks adalah jenis reksa dana yang dijalankan untuk memperole h hasil keuntungan investasi yang mirip dengan indeks acuan, baik itu obligasi maupun indeks saham.

7. Apa yang dimaksud dengan Manajer Investasi?

Manajer investasi adalah Pihak yang kegiatan usahanya mengelola Portofolio Efek untuk para nasabah atau mengelola p ortofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

8. Apa yang dimaksud dengan Bank Kustodian ?

Pihak yang ditunjuk untuk mewakili kepentingan pemodal untuk mengawasi ketaatan Manajer Investasi terhadap KIK, bertanggung jawab untuk menyimpan aset Reksa Dana, menjalankan transaksi efek sesuai perintah Manajer Investasi, melaksanakan administrasi Reksa Dana, menghitung Nilai Aktiva Bersih dan memelihara catatan data pemodal.

9. Apa yang dimaksud dengan KIK ?

Kontrak Investasi Kolektif (KIK ) adalah kontrak antara Manajer Investasi dan Ba nk Kustodian yang mengikat Pemegang Unit Penyertaan dimana Manajer Investasi diberi wewenan g untuk mengelola portofolio investasi kolektif da n Bank Kustodian diberi wewenang untuk melaksanakan Penitipan Kolektif.

10. Apa yang dimaksud dengan Agen Penjual ?

Pihak yang ditunjuk oleh Manajer Investasi untuk memasarkan Reksa Dana kepada nasabah.

11. Apa yang dimaksud dengan NAB (Nilai Aktiva Bersih) ?

Nilai pasar yang wajar dari suatu Efek dan kekayaan lain dari Reksa Dana dikurangi seluruh kewajibannya. Metode penghitungan Nilai Aktiva Bersih Reksa Dana ditentukan sesuai dengan Peraturan BAPEPAM&LK yang berlaku. Nilai Aktiva Bersih Reksa Dana dihitung dan diumumkan pada setiap Hari Bursa.

12. Apa yang dimaksud dengan Prospektus ?

Setiap pernyataan yang dicetak atau informasi tertulis yang digunakan untuk Penawaran Umum Reksa Dana dengan tujuan calo n pemodal membeli Unit Penyertaan Reksa Dana, kecuali pernyataan atau informasi yang berdasarkan peraturan OJK dinyatakan bukan sebagai Prospektus.

13. Apa yang dimaksud dengan Unit Penyertaan ?

Satuan ukuran yang menunjukkan bagian kepentingan setiap pihak dalam portofolio investasi kolektif.

14. Bagaimana cara kerja reksa dana ?

Silahkan melihat video pada link berikut :

15. Mengapa harus berinvestasi di Reksa Dana ?

Silahkan melihat video pada link berikut :

16. Bagaimana cara menentukan Reksa Dana yang tepat untuk kita ?

Sebelum berinvestasi pada Re ksa Dana, pemodal diminta untuk mengisi suat u kuesioner untuk mengetahui profil risiko investornya. Ada beberapa kategori profil risiko investor, yaitu antara lain: konservatif, konservatif moderat, moderat, moderat agresif atau agresif.

Profil risiko dipengaruhi oleh umur, kebutuhan di masa mendatang, prosentase dana yang bersedia d itanamkan dalam investasi tersebut, rentang wak tu kita ingin berinvestasi dan sebagainya. Kami menyediakan formulir kuesioner profil risiko untuk Anda sehingga dapat dinilai jenis investor seperti a pa Anda sehingga kami bisa memberikan saran ya ng optimal untuk jenis produk mana yang sesuai.

17. Berapa jangka waktu untuk berinvestasi di Reksa Dana ?

Reksa Dana tidak memiliki jangka waktu seperti deposito maupun obligasi. Reksa Dana dapat dibeli kapan saja dan dijual kapan saja. Tidak ada jatuh tempo. Ini mirip seperti Anda m embeli emas atau membeli properti, Anda beli dengan harga tertentu pada suatu waktu, lalu A nda bisa jual lagi dengan harga pada saat menj ualnya, sehingga Reksa Dana ini tidak perlu diperp anjang. Anda bisa menyimpannya sesuka Anda atau menjualnya pada saat nilai unit pernyertaannya sudah naik.

18. Berapa jumlah minimum untuk berinvestasi di Reksa Dana ?

Jumlah minimum investasi b erbeda untuk masing-masing reksa dana yang dapat dilihat di prospektus yang tersedia di www.xdana.com

19. Apa saja biaya-biaya yang dike nakan jika Nasabah membeli Reksa Dana ?

  • Biaya Pembelian (Subscription Fee)
    Biaya yang dikenakan kepada Nasabah pada saat melakukan pembelian Reksa Dana.
  • Biaya Penjualan (Redemption Fee)
    Biaya yang dikenakan kepada Nasabah pada saat melakukan penjualan Reksa Dana.
  • Biaya Pengalihan (Switching Fee)
    Biaya yang dikenakan kepada Nasabah pada saat melakukan pengalihan dari R eksa Dana satu ke Reksa Dana lain yang dikeloola oleh Manajer Investasi yang sama.
  • Biaya Transfer
    Biaya yang dikenakan ole h bank saat Nasabah melakukan transfer dari rekening Nasabah ke rekening reksa dana atau s ebaliknya.

20. Apa bukti kepemilikan Reksa Dana?

  • Konfirmasi Pembelian Reksa Dana
  • Laporan Akun (Laporan Bulanan)

21. Apakah hasil investasi Reksa Dana dikenakan pajak ?

Tidak, karena pajak untuk Rek sa Dana telah dipotong pada portofolio asset atau perhitungan NAB. Hal ini sesuai dengan peraturan perpajakan No.16 tahun 2009, sehingga Nasabah Reksa Dana tidak dibebankan pajak lagi.

22. Reksa Dana apa saja yang ditaw arkan oleh PT XDana Investa Indonesia ?

PT XDana Investa Indonesia menawarkan berbagai jenis Reksa Dana baik Pasar Uang, Pendapatan Tetap, Campuran, Saham maupun Indeks yang dikelola oleh berbagai Manajer Investasi yang berpengalaman. Adapun produk Reksa Dana yang kami tawarkan dapat dilihat di w ww.xdana.com.

23. Bagaimana cara untuk melakukan transaksi melalui Reksa Dana Online ?

Kami memiliki panduan penggunaan untuk melakukan transaksi pada Reksa Dan a Online di menu ‘Panduan Penggunaan’ pada website kami http://rdo.xdana.com.

24. Apakah ada waktu operasional untuk melakukan transaksi di Reksa Dana Online ?

Anda dapat melakukan peme sanan melalui Reksa Dana Online kapan saja (24 jam). Begitu pula dengan proses pembayaran m elalui ATM maupun jaringan lainnya. Namun, proses alokasi unit penyertaan akan disesuaikan dengan waktu Cut-Off Time transaksi Reksa Dana yak ni 13.00 WIB.