fbpx

Yuk, Manfaatkan Teknologi untuk Raih Kebebasan Finansial!

Kebebasan finansial, finansial, teknologi, teknologi finansial

Yuk, Manfaatkan Teknologi untuk Raih Kebebasan Finansial!

Siapa yang tidak ingin meraih kebebasan finansial dalam hidupnya? Namun, tidak semua orang benar-benar melakukan tindakan nyata untuk mewujudkan impian tersebut. Padahal, walaupun mungkin terdengar menantang, meraih kebebasan finansial sama sekali tidak mustahil dilakukan. Apalagi sekarang teknologi sudah berkembang pesat, kamu pun bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Bagaimana caranya? Yuk, simak beberapa tipsnya berikut ini, Xultan! 

Download aplikasi perencana keuangan

Salah satu kunci utama dari kebebasan finansial adalah pencatatan pemasukan dan pengeluaran bulanan. Catat setiap sumber pemasukan bulanan, begitu juga berbagai pengeluaran yang kamu lakukan sehari-hari. Dengan begitu, kamu bakal tahu pos pengeluaran mana yang bisa ditekan sehingga uang dapat dialokasikan ke hal lain yang lebih penting. Masalahnya, tidak dapat dipungkiri bahwa hal ini membutuhkan effort yang cukup besar, baik dari segi tenaga, waktu, pikiran, dan komitmen.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kamu tidak perlu melakukan pencatatan secara manual, kok. Saat ini sudah banyak aplikasi perencana keuangan yang bisa kamu download di smartphone. Aplikasi seperti ini biasanya menyediakan fitur yang memungkinkan kamu untuk mengategorikan pengeluaran. Melalui aplikasi, saat kamu melakukan pengeluaran, kamu bisa segera mencatatnya tanpa harus repot mencari kertas dan pulpen terlebih dulu.

Manfaatkan promo-promo aplikasi

Meraih kebebasan finansial bukan berarti kamu tidak bisa berbelanja, kok. Kamu hanya perlu lebih pintar dalam melakukannya, apalagi dengan maraknya kehadiran online shop di era digital seperti sekarang. Sebelum membeli sesuatu secara online, coba cek dulu promo yang sedang berlaku. Bahkan jika ternyata ada dua aplikasi atau merchant yang memberikan promo, bandingkan terlebih dulu mana yang promonya paling menguntungkan, baru setelah itu pilihlah promo tersebut.

Promo-promo aplikasi ini tidak hanya berlaku pada saat belanja, lho. Kalau jeli, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk membayar tagihan bulanan. Saat ini, sudah banyak aplikasi e-Commerce dan travel yang menyediakan layanan pembayaran tagihan melalui aplikasi mobile mereka. Untuk mendapatkan promo ini, biasanya ada kode tertentu yang harus kamu masukkan sebelum pembayaran agar harga final-nya nanti terpotong.

Investasi lewat smartphone

Dari kecil, kamu berulang kali diminta orang tua untuk menabung. Namun, menabung saja belum cukup untuk mencapai kebebasan finansial. Rate bunga tabungan bank konvensional biasanya cenderung lebih rendah dari laju inflasi negara per tahun. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya melakukan investasi. Jangan bingung, investasi zaman sekarang sangat mudah dilakukan. Bahkan kamu bisa melakukan investasi online melalui smartphone, lho!

Tidak percaya? Coba sekarang ambil smartphone kamu, buka App Store atau Google Play Store, lalu download aplikasi Xdana. Xdana adalah aplikasi mobile yang menyediakan layanan investasi reksadana secara online. Hanya dengan modal awal Rp50.000, kamu sudah bisa mulai berinvestasi untuk meraih kebebasan finansial. Tenang saja, Xdana sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga keamanannya terjaga.

Streaming video atau dengarkan podcast tentang finansial

Industri finansial bersifat dinamis, mulai dari tren hingga kebijakan. Itulah kenapa kamu disarankan untuk aktif mencari informasi dan update tentang dunia finansial. Banyak cara yang bisa kamu lakukan, apalagi di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Cara paling mudah adalah dengan browsing artikel-artikel di internet.

Selain itu, kamu juga bisa subscribe channel-channel video di YouTube yang membahas tentang dunia ekonomi dan finansial. Alternatif lain adalah mendengarkan podcast melalui online music platform seperti Spotify. Salah satu manfaat melakukan hal ini adalah ketika kamu berinvestasi, kamu tahu kapan harus menjual atau membeli instrumen investasi berdasarkan kondisi ekonomi yang kamu pelajari.

 

Perkembangan teknologi tidak selamanya buruk. Selama tahu cara memaksimalkannya dengan baik, kamu pun bisa memanfaatkannya untuk meraih kebebasan finansial. Keempat cara di atas dapat menjadi langkah awal yang baik untuk kamu. Good luck!

 

 

Photo Credit: Pexels