fbpx

Wah, 5 Tujuan Finansial Ini Bisa Dicapai dengan Reksadana Lho!

Wah, 5 Tujuan Finansial Ini Bisa Dicapai dengan Reksadana Lho!

Masih banyak yang enggan untuk investasi reksadana karena belum tahu cara melakukannya. Ada juga beberapa orang yang enggan karena takut merugi saat pasar sedang fluktuatif. Kalau kamu sendiri, apa yang menyebabkan enggan memulai investasi? Padahal, kalau kamu mulai sekarang nih, investasi reksadana–utamanya pasar uang–bisa membantu mencapai beberapa tujuan finansial berikut ini!

Punya anggaran buat liburan

Siapa, sih, yang tidak ingin punya anggaran liburan setiap tahun? Bisa pergi ke mana saja tanpa takut besok mau makan apa, tentu semuanya juga mau. Apakah kamu termasuk yang doyan liburan tapi selalu terbentur masalah biaya? Kalau begitu, memang sudah saatnya investasi.

Misalnya, nih, kamu ingin ke Jepang dalam setahun ke depan. Mengintip dari beberapa blog perjalanan, anggaran ke Jepang tahun 2020-2021 sekitar Rp12 juta untuk perjalanan tujuh hari. Nah, kamu bisa mulai nabung reksadana pasar uang di aplikasi Xsaver sejumlah minimal Rp1 juta tiap bulan selama satu tahun. Hasilnya, kamu bisa dapat sekitar Rp12.300.000. Kalau mau untungnya lebih besar, tinggal tingkatkan saja jumlah investasinya.

Persiapan dana darurat

Namanya saja dana darurat, kamu bisa memakainya kapan saja ketika kondisi sedang kritis. Kapan memangnya saat darurat tersebut? Banjir yang tiba-tiba melanda awal tahun lalu adalah contoh saat darurat tersebut. Kamu pasti butuh biaya lebih untuk membersihkan rumah, perabot, kendaraan, mengurus surat berharga yang rusak atau hilang, serta membeli beberapa barang yang hanyut terbawa banjir. Butuh dana yang lumayan, kan?

Dana darurat ini sangat penting dan sudah seharusnya menjadi tujuan finansialmu. Untuk apa kerja keras setiap hari, tapi kalau tiba-tiba butuh biaya darurat tidak punya persiapan sama sekali? Kalau tiba-tiba laptop rusak, harus servis tapi gaji sudah habis, apa yang bisa kamu lakukan? So, tidak ada ruginya kamu investasi untuk dana darurat ini. Terlebih lagi, investasi reksadana pasar uang via aplikasi bisa dicairkan kapan saja. Tidak seperti deposito yang menunggu jatuh tempo.

Nabung untuk beli rumah

Harga rumah saat ini sudah mencapai ratusan juta rupiah. Meski bisa dicicil, kalau kamu tidak punya cukup DP buat bayar, kamu tidak akan pernah dapat rumah impian kamu. Maka dari itu, ayo investasi reksadana buat mewujudkan tujuan finansial ini. Kamu bisa mulai investasi minimal Rp1 juta untuk menyiapkan DP. Kalau mau lebih ringan, sih, disarankan membayar DP hingga 50%. Itu artinya, kamu harus menggenjot investasimu agar mendapatkan untung yang lebih besar.

Biaya pendidikan anak

For your information saja nih, inflasi pendidikan itu mencapai 10%-12% tiap tahunnya. Beberapa sekolah atau perguruan tinggi bahkan ada yang sampai 25% per tahunnya. Jadi, kalau biaya sekolah saat ini masih sekitar puluhan juta saja, sepuluh sampai lima belas tahun mendatang angkanya bisa mencapai ratusan juta atau bahkan miliar. Jangan kaget, Xultan, ini adalah fakta yang harus kamu hadapi dan persiapkan.

Kalau saat ini kamu baru menikah, siapkan dana pendidikan anak sebagai tujuan finansial. Rencanakan dengan baik berapa jumlah anak yang harus dipenuhi hak pendidikannya hingga jenjang yang diinginkan. Tidak ada salahnya juga kalau kamu mulai cari-cari sekolah mana yang akan jadi tujuan pendidikan buah hati.

Tabungan masa pensiun

Bisa dibilang, dana pensiun adalah tujuan finansial setiap orang yang bekerja. Buat apa capek-capek kerja saat ini kalau nanti di masa tua harus merepotkan anak dan saudara? Hidupmu adalah tanggung jawabmu sendiri, dan hendaknya kamu tidak merepotkan finansial siapa pun di masa tua. Siapkan dana pensiun dengan investasi reksadana jangka panjang. Kalau kamu mulai saat ini, kamu bisa punya cukup banyak dana pensiun saat tiga puluh hingga empat puluh tahun ke depan.

 

Xsaver hadir sebagai aplikasi investasi reksadana yang akan bantu wujudkan tujuan finansial. Mau itu dana liburan atau dana darurat, investasi di Xsaver bisa dicairkan kapan saja ketika dibutuhkan. Untuk jangka panjang seperti dana pendidikan, Xsaver juga bisa diandalkan. Jangan ragu untuk download aplikasinya via Google Play Store dan App Store.