fbpx

Viral PHK Karyawan Gaji Rp80 Juta, Apa yang Bisa Kita Pelajari?

Viral PHK Karyawan Gaji Rp80 Juta, Apa yang Bisa Kita Pelajari?

Viral PHK Karyawan Gaji Rp80 Juta, Apa yang Bisa Kita Pelajari?

Beberapa waktu yang lalu di media sosial sempat ramai dan viral postingan seseorang yang menceritakan kondisi temannya yang terkena imbas PHK karyawan di kantornya. Teman pemilik postingan ini adalah seorang karyawan bergaji Rp80 juta per bulan. Setelah kena PHK, kehidupan rumah tangganya langsung kacau karena ia tidak memiliki gaji yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selama dua bulan setelah ia di-PHK, kehidupan finansialnya langsung berantakan karena selama ini biaya hidupnya tinggi.

Dari kejadian ini, ada beberapa kondisi yang bisa kita pelajari dan ambil hikmahnya agar bisa jadi ilmu dalam hal mempersiapkan keuangan di masa depan.

Gaji tinggi bukan berarti bisa ambil cicilan tinggi

Gaji tinggi bukan berarti bisa ambil cicilan tinggi

Dari postingan yang diunggah di media sosial tersebut, pemilik akun sebenarnya sudah menceritakan mengapa PHK karyawan sangat berimbas pada kehidupan pribadi temannya tersebut. Ia mengatakan bahwa sang teman memiliki gaji yang besar, begitu juga dengan biaya hidup yang sama besarnya. Dalam postingan disebutkan bahwa teman yang terkena PHK ini memiliki kredit mobil mewah, KPR rumah di suatu kota wisata seharga Rp3 miliar, dan masih banyak lagi.

Apakah melakukan kredit dan KPR adalah suatu hal yang salah?

Tidak juga, sebab banyak orang lain yang juga melakukannya dan justru merasakan manfaat dari mengambil kredit. Namun, yang perlu diingat adalah bagaimana kita bisa mengatur dan menyesuaikan penghasilan dengan kredit yang diambil. Gaji yang tinggi tidak serta merta jadi tolok ukur untuk mengambil cicilan atau kredit dalam jumlah yang besar. Akan lebih baik jika cicilan yang diambil tidak memakan separuh lebih gaji yang didapat tiap bulan. Jika ini yang terjadi, maka kemungkinan terbesar adalah kamu tidak bisa bayar cicilan saat gaji mengalami penurunan.

Harus ada perencanaan keuangan yang matang

Pelajaran lain yang bisa diambil dari kisah PHK karyawan bergaji Rp80 juta ini adalah bagaimana pentingnya perencanaan keuangan. Jika ia adalah seseorang dengan gaji besar, harusnya ia sudah tahu bagaimana perencanaan keuangan yang tepat agar finansial tidak terguncang saat krisis ekonomi terjadi. Namun, faktanya kisah viral karyawan bergaji Rp80 juta adalah ia berada dalam kondisi kesulitan karena tidak ada cukup biaya untuk membayar cicilan dan memenuhi kebutuhan hidup.

Dalam merencanakan keuangan, kita harus berpikir untuk jangka waktu panjang ke depan. Hindari berpikir hidup untuk saat ini tanpa memikirkan bagaimana perencanaan keuangan ke depannya. Meski gaji yang didapat saat ini tinggi, bukan berarti bisa dihabiskan saat ini juga. Tetap sisihkan untuk simpanan masa depan dan sesuaikan cicilan dengan penghasilan setelah dikurangi anggaran untuk menabung.

Penting untuk memiliki dana darurat

Penting untuk memiliki dana darurat

Dari cerita PHK karyawan yang viral tersebut, kita bisa mengasumsikan kalau ia tidak memiliki dana darurat sama sekali, atau mungkin jumlah dana darurat yang dimiliki belum mencukupi. Sebab, bagaimana mungkin masih dalam jangka waktu dua bulan pasca PHK, ia sudah mengalami kesusahan dalam memenuhi kebutuhan finansial. Kalau dana darurat yang ia miliki cukup, dan ia sudah mempertimbangkan jumlahnya sesuai dengan pengeluaran per bulan, harusnya ia masih bisa bertahan selama beberapa bulan ke depan.

Tapi pada kenyataannya, ia tidak memiliki cukup dana darurat atau bahkan tabungan yang bisa menutup seluruh pengeluaran setiap bulan. Ia mengaku mengalami kesulitan finansial setelah dua bulan pasca PHK. Ini berarti, ia tidak memiliki dana darurat yang cukup dan tabungan untuk mencukupi kebutuhan hidup. Kembali lagi, ini adalah soal perencanaan keuangan jangka panjang yang seharusnya dilakukan sejak awal.

 

Cerita soal PHK karyawan bergaji tinggi ini sebenarnya membuktikan bahwa memiliki dana darurat dan punya perencanaan keuangan jangka panjang adalah penting. Adanya dana darurat akan membantumu menutup pengeluaran bulanan ketika penghasilan menurun dan tidak bisa diharapkan untuk mencukupi kebutuhan. Kalau sekarang kamu belum punya dana darurat, ini adalah waktu tepat untuk memulai.

Pakai aplikasi investasi reksadana Xsaver untuk menyiapkan kebutuhan dana darurat. Keuntungan investasi reksadana adalah tingkat imbal hasil yang cenderung lebih besar dari deposito dengan waktu pencairan yang bisa kapan saja. Investasi reksadana di Xsaver dimulai dari Rp50 ribu dan kamu bisa download aplikasinya melalui Play Store atau App Store!