fbpx

Tips Xdana: Mengenal Investasi Online OJK yang Sudah Terjamin Aman!

Mengenal Investasi Online OJK yang Sudah Terjamin Aman

Tips Xdana: Mengenal Investasi Online OJK yang Sudah Terjamin Aman!

Era yang serba online dengan segala kemudahan yang ditawarkannya ini telah berhasil melahirkan banyak fintech atau perusahaan keuangan berbasis teknologi digital. Hal ini juga mencakup fintech yang bergerak di bidang investasi. Sayangnya banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan era digital ini untuk menipu para korbannya dengan modus investasi online.

Sampai hari ini, masih marak terdengar kasus investasi bodong yang berhasil memakan korban dalam jumlah yang tidak sedikit. Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Satgas Waspada Investasi menyatakan bahwa pihaknya telah menghentikan 444 investasi bodong sepanjang tahun 2019.

Fakta tersebut tentu membuat kamu semakin was-was dalam menentukan produk investasi. Bukan tak mungkin di tahun 2020 ini akan bermunculan kembali modus-modus investasi bodong yang baru. Sering kali orang-orang mudah tergiur dengan investasi bodong karena iming-iming return atau keuntungan yang besar tanpa risiko. Maka, untuk mengenali investasi online yang benar dan legal, kamu butuh beberapa tips berikut ini.   

Jangan mudah tergoda return besar

Alasan utama yang membuat orang sering kali terjebak dengan investasi bodong adalah tergoda dengan tawaran return atau keuntungan yang besar dan tanpa risiko. Perlu kamu ingat prinsip investasi high return high risk. Artinya, sebuah investasi yang menawarkan keuntungan besar pasti selalu diiringi dengan risiko yang besar pula. Seorang investor harus mempunyai analisis yang tajam terhadap sesuatu, jadi sebelum akan berinvestasi saja kamu sudah harus menjadi pribadi yang kritis terhadap apa pun yang ditawarkan. 

Sebagai informasi, terdapat sebuah produk investasi bernama reksadana yang cocok untuk kamu para pemula. Kamu bisa belajar banyak melalui produk investasi reksadana karena produk ini menawarkan risiko kecil dengan keuntungan yang kecil pula.

Jika kamu memilih berinvestasi di reksadana, kamu akan dibimbing oleh seorang Manajer Investasi yang berpengalaman dan bersertifikat di bidangnya. Salah satu fintech penyedia reksadana yang legal adalah Xdana. Kamu bisa kunjungi website-nya di https://xdana.com/ atau Instagram @xsaver.xdana untuk mendapatkan informasi lengkap dan belajar tentang reksadana. 

Cek selalu legalitasnya di OJK

Poin berikutnya yang tak kalah pentingnya adalah selalu cek legalitasnya di OJK. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga resmi negara yang mengatur urusan penyedia jasa keuangan. Jadi, untuk mengetahui apakah sebuah fintech legal atau tidak, kamu bisa cukup cek di laman https://www.ojk.go.id/. OJK sebagai lembaga resmi negara selalu rajin mengimbau masyarakat untuk hanya menggunakan jasa penyelenggara keuangan atau fintech yang terdaftar atau telah mendapatkan izin dari OJK. 

Pada tanggal 31 Mei 2019, OJK telah merilis update perusahaan penyelenggara jasa keuangan berbasis fintech yang telah terdaftar atau mendapatkan izin dari OJK. Terdapat 113 perusahaan pada update tersebut, kamu bisa melihatnya melalui laman OJK di atas pada menu “publik”. OJK akan terus memperbarui daftar tersebut pada periode-periode tertentu. Jika kamu ingin mendapatkan respon segera, kamu bisa menghubungi OJK di nomor 157 atau nomor telepon (021) 2960 0000.           

Bekali dirimu dengan ilmu investasi

Investasi memang sebuah kegiatan yang mampu menarik minat banyak orang. Karena dengan berinvestasi, seseorang bisa mengonversi uangnya dalam bentuk aset, seperti saham, obligasi, atau sukuk untuk kemudian mendapatkan keuntungan yang berkali lipat. Tetapi untuk menjadi seorang investor yang andal, kamu tentunya perlu memiliki banyak pengetahuan tentang ilmu investasi. Maka, pada poin terakhir ini, bekali selalu diri kamu dengan ilmu investasi. 

Era serba mudah dan terbuka ini memungkinkan kamu belajar ilmu investasi dari banyak sumber, baik dari media sosial, jurnal, atau artikel-artikel yang ditulis oleh lembaga-lembaga resmi atau para profesional di bidang ini. Tentunya kamu juga bisa follow akun Instagram Xdana.

 

Nah, itu tadi tips mengenal investasi online yang sudah terjamin keamanannya. Dengan tiga tips di atas, kamu tak akan mudah terjebak ke dalam investasi abal-abal yang tentunya akan sangat merugikan kamu. Pastikan kamu turut menyebarkan informasi ini agar tak ada lagi korban investasi bodong berikutnya. Minimal jaga keluarga dan orang-orang terdekatmu dari ancaman investasi bodong, ya!

 

 

Photo Source: Pexels