fbpx

Tips Xdana: Ciri Aplikasi Investasi Reksadana Online yang Aman

Ciri aplikasi investasi reksa dana online yang aman

Tips Xdana: Ciri Aplikasi Investasi Reksadana Online yang Aman

Berkat kemajuan teknologi, kini kita bisa dengan mudah berinvestasi melalui aplikasi investasi. Dari sekian banyak pilihan investasi yang ada, reksadana menjadi salah satu yang cukup populer saat ini. Berbagai kemudahan yang ditawarkan membuat banyak orang tertarik memilihnya. Ditambah dengan adanya aplikasi investasi, sekarang kamu bisa melakukan investasi reksadana secara online dari smartphone!

Walaupun begitu, jangan asal memilih aplikasi investasi reksdana online, ya. Pastikan kalau aplikasi tersebut memiliki track record yang jelas dan tepercaya. Setidaknya aplikasi reksadana online harus memenuhi beberapa kriteria berikut ini.

Pastikan sudah terdaftar di OJK

Tidak sedikit orang yang masih ragu berinvestasi karena khawatir akan risiko investasi bodong. Padahal sebetulnya risiko seperti ini bisa dihindari selama kamu memilih Agen Penjual Efek Reksadana (APERD) yang tepercaya. Bukan hanya tepercaya di kalangan konsumen, tapi juga tepercaya secara resmi.

Artinya, aplikasi investasi reksadana yang kamu pilih harus terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bahkan akan lebih oke lagi kalau kamu memilih aplikasi reksadana yang sudah mengantongi sertifikasi penasihat investasi. Contohnya seperti Xsaver. Dengan begini, kamu tahu kalau investasi reksadana di aplikasi tersebut dikelola secara legal dan profesional.

Bekeja sama dengan Manajer Investasi tepercaya

Pengelolaan reksadana dilakukan oleh Manajer Investasi (MI). MI inilah yang akan membantu kamu untuk mengambil keputusan apakah kamu harus membeli, mempertahankan, atau menjual suatu produk reksadana. Dengan kata lain, MI sangat berperan dalam mencapai keuntungan investasi semaksimal mungkin.

Itulah kenapa saat memilih aplikasi reksadana online, pastikan aplikasi tersebut bekerja sama dengan MI yang benar-benar tepercaya. Xsaver, misalnya, bekerja sama dengan sejumlah MI ternama di Indonesia. Sebut saja Mandiri Investasi, AXA, IndoPremier Investment, dan Maybank Asset Management.

Keamanan data dan informasi pribadi

Demi kelancaran dan kenyamanan aktivitas transaksi reksadana, biasanya pihak perusahaan akan meminta kamu untuk memberikan data atau informasi pribadi. Idealnya, data ini mencakup nama, tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan/atau nama ibu kandung. Perusahaan aplikasi reksadana online yang baik akan menjaga dan melindungi data pribadi kamu dari kebocoran. Pastikan juga perusahaan tersebut tidak dengan sengaja memberikan data kamu ke pihak lan.

Sebagai nasabah, kamu juga disarankan untuk proaktif membaca kebijakan privasi yang idealnya disediakan perusahaan investasi reksadana. Di Xsaver, hal-hal terkait keamanan data dan informasi pribadi bisa kamu lihat di halaman Kebijakan Privasi. Setiap tahunnya, Xsaver melakukan peninjauan kebijakan tersebut. Jika ada perubahan, kamu akan selalu mendapat pemberitahuan.

Kemudahan dalam bertransaksi

Aplikasi reksadana online sudah seharusnya memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Dengan tidak menyulitkan nasabah, perusahaan penyedia reksadana sudah selangkah lebih maju dalam hal transparansi. Di sisi lain, nasabah pun akan lebih percaya terhadap aplikasi reksadana online yang digunakan.

Kemudahan seperti itu jugalah yang bisa kamu dapatkan jika melakukan investasi reksadana online melalui aplikasi Xsaver. Kamu bisa download dari App Store atau Google Playstore. Selain aplikasi mobile, kamu juga tetap bisa berinvestasi kapan saja dan di mana saja melalui website xdana.com. Tidak perlu pusing soal modal awal, investasi reksadana Xsaver bisa kamu mulai dengan Rp10.000 saja.

 

Selain keempat poin penting di atas, pastikan juga bahwa aplikasi investasi reksadana online yang kamu pilih menyediakan layanan aduan nasabah yang baik. Xsaver sudah menerapkan hal ini dengan menyediakan alamat email di cs@xdana.com untuk menerima pengaduan. Kamu juga bisa menghubungi Xsaver melalui WhatsApp di nomor 0821-1306-2889. Yuk, investasi reksadana aman dengan Xsaver!

 

 

Photo Credit: Unsplash