fbpx

Tips Mengelola Reksadana untuk Dana Liburan Akhir Tahun

Tips Mengelola Reksadana untuk Dana Liburan Akhir Tahun

Akhir tahun akan segera tiba. Biasanya banyak orang menghabiskan penghujung tahun dengan liburan. Tentu saja liburan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi kamu bisa mensiasatinya dengan mengelola reksadana. Bagaimana tipsnya dan langkah yang harus dilakukan? Artikel ini akan membahasnya untuk kamu.

Tips Mengelola Reksadana Liburan

Mengelola reksadana untuk liburan akhir tahun tidaklah mudah. Namun, di sisi lain mengelolanya sebenarnya tidaklah sulit jika kita mengetahui caranya yang tepat. Bagaimana cara yang tepat, berikut beberapa tipsnya yang bisa kamu terapkan dengan mudah.

  • Tentukan Tujuan Liburanmu

Langkah pertama untuk mengelola reksadana liburan akhir tahun adalah dengan menentukan tujuan liburanmu. Apakah tujuan liburan tersebut di dalam negeri atau luar negeri. Bila kamu berencana liburan di dalam negeri tentu biayanya tidaklah sebesar liburan di luar negeri. Apalagi pada musim liburan akhir tahun merupakan high season dan biayanya tidaklah sedikit. Maka dari itu, kamu harus memikirkan ulang mulai tiket, akomodasi, hingga keperluan yang berhubungan dengan keuangan lainnya. Dengan begitu, kamu pun lebih mudah dalam merencanakan dan berinvestasi sesuai dengan kebutuhan.

  • Reksadana Dolar?

Bagi kamu yang ingin liburan ke luar negeri tentu berpikir untuk mengelola reksadana dalam bentuk mata uang lain. Contohnya saja yang paling kuat saat ini adalah mata uang dolar. Lantas, perlukah investasi reksadana ini? Reksadana bisa saja kamu gunakan untuk acuan karena memiliki kepraktisan namun, bila kamu menggunakan investasi dalam bentuk dolar nilai return-nya cenderung rendah.

Mesiasatinya, kamu perlu melakukan hedging. Yang dimaksud di sini adalah, kamu perlu melakukan diversifikasi. Misalnya 50% investasi reksadana dalam bentuk mata uang dollar dan 50% lainnya dalam bentuk mata uang rupiah. Dengan begitu kamu bisa jadi lebih mudah jika sewaktu-waktu terjadi masalah di salah satu mata uang masih ada mata uang lainnya yang masih bisa dijadikan pegangan.

Langkah terakhir dalam mengelola reksadana untuk liburanmu adalah dengan memperhatikan reputasi perusahaan reksadana. Memang, saat ini banyak perusahaan yang bergerak menangani bidang reksadana. Akan tetapi, kamu harus jeli memilihnya. Sebab, tidak jarang pula perusahaan tersebut menawarkan keuntungan yang tinggi dan tidak masuk akal. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya kamu perlu berhati-hati. Bisa jadi, perusahaan reksadana tersebut abal-abal.

Kemudian, kamu juga perlu melihat izin perusahaan tersebut. Baik badan hukum maupun operasionalnya. Sebab, alih-alih kamu dapat mendapatkan untung besar, jika perusahaan tersebut abal-abal kamu justru sebaliknya rugi besar dan tidak jadi untuk melaksanakan liburan di akhir tahun.

 

Nah, maka dari itu kamu wajib memilih perusahaan reksadana terbaik dan terpercaya serta perizinannya jelas seperti Xsaver. Jadi, sudah siapkah kamu untuk liburan di akhir tahun ini?