fbpx

Tenang, 5 Hal Ini Akan Buat Kamu Yakin Investasi Reksadana

Tenang, 5 Hal Ini Akan Buat Kamu Yakin Investasi Reksadana

Tenang, 5 Hal Ini Akan Buat Kamu Yakin Investasi Reksadana

Semua tahu kalau investasi reksadana bisa sangat menguntungkan. Tapi, masih ada saja yang ragu untuk memulai entah karena alasan apa. Untuk menghapus keraguanmu tersebut, kamu bisa baca beberapa fakta di bawah ini, yang dijamin akan membuatmu berubah pikiran dan mulai investasi. Yuk, langsung saja simak!

Setoran awal yang super murah

Saat ini banyak sekali aplikasi investasi reksadana yang menawarkan setoran awal murah dan terjangkau. Salah satunya adalah Xsaver, aplikasi tempat kamu bisa mulai reksadana dengan modal Rp50 ribu saja. Ini, sih, seharga kopi di tempat kamu nongkrong biasanya itu!

Daripada kamu gunakan uangmu untuk gaya hidup yang belum pasti jadi kebutuhan hidup, kamu bisa investasikan ke reksadana, yang sudah pasti untung dan jelas manfaatnya di masa depan. Setelah kamu mulai dengan setoran Rp50 ribu, kamu bisa tentukan sendiri mau berapa top up bulan-bulan berikutnya. Eits, top up-nya juga gampang banget lho, Xultan, bisa pakai Gopay!

Dikelola manajer investasi profesional

Jangan khawatir deh, kalau kamu investor pemula yang baru akan belajar investasi reksadana. Soalnya, nih, reksadana zaman sekarang sudah dikelola oleh manajer investasi profesional. Tugasmu, ya hanya pantau saja perkembangannya melalui aplikasi. It is so easy and simple, right?

Terlebih lagi, manajer investasi pada aplikasi seperti Xsaver ini sudah mengantongi izin operasional resmi. Track record-nya sudah pasti terbukti jelas dan berpengalaman. Untuk membedakan manajer investasi profesional dengan yang baru mulai, kamu bisa cek dari total jumlah dana kelolaan. Kalau angkanya sudah mencapai Rp10 triliun ke atas, tidak usah diragukan lagi masalah kinerjanya. Kamu bisa dapatkan informasi soal dana kelolaan ini di prospektus reksadana.

Minim risiko

Investasi reksadana pasar uang memang benar-benar jawaban untuk investor baru seperti Xultan. Jangan khawatir rugi atau gagal investasi, deh. Soalnya, nih, reksadana pasar uang sudah terkenal sebagai investasi yang paling aman alias paling minim risiko. Tidak ada yang namanya modalmu hilang total karena modal investasimu akan didiversifikasikan ke dalam beberapa instrumen.

Apa itu diversifikasi? Mudahnya, dana yang sudah kamu investasikan akan ditempatkan di beberapa portofolio efek. Jadi, saat satu efek mengalami kerugian atau return-nya menurun, kamu masih bisa dapat untung dari efek lain. Dengan begitu, kamu bisa menjaga kinerja reksadanamu.

Likuiditas tinggi

Jika investasi seperti saham butuh hingga T+7 (hari setelah transaksi) untuk bisa cair, investasi reksadana pasar uang paling lama butuh T+2 untuk pencairan. Ini karena pasar uang adalah reksadana paling likuid, alias paling mudah dicarikan. Manajer investasi cenderung memiliki simpanan kas untuk dicairkan oleh investor. Jadi, tidak butuh waktu lama buatmu menikmati keuntungan reksadana. Tinggal pilih “Withdraw”, masukkan nomor dan nama rekening, tunggu hingga imbal hasil dikirim ke rekeningmu.

Return menguntungkan

Buat yang mau belajar investasi jangka pendek dengan waktu kurang dari tiga tahun, bisa memilih reksadana pasar uang. Soalnya, investasi reksadana ini punya return yang lumayan besar meski memang masih jauh di bawah saham. Tapi, kan, saham untuk investor agresif bersifat high risk high return. Jadi, kalau memang kamu masih pemula, lebih aman bermain reksadana pasar uang untuk jangka pendek sebagai latihan. Hasilnya lumayan, lho. Nabung Rp1 juta per bulan bisa dapat Rp12,3 juta setahun.

 

So, tunggu apa lagi? Segera buka rekening investasi reksadana kamu di aplikasi Xsaver dari Xdana. Dapatkan kemudahan investasi dalam genggaman, pantau di mana pun, top up kapan pun. Aplikasi Xsaver bisa kamu download di Google Play Store maupun App Store!