fbpx

Segera Lakukan 4 Hal Ini Setelah Krisis Ekonomi di Indonesia Berakhir!

Segera Lakukan 4 Hal Ini Setelah Krisis Ekonomi di Indonesia Berakhir!

Segera Lakukan 4 Hal Ini Setelah Krisis Ekonomi di Indonesia Berakhir!

Wabah virus corona membuat kondisi perekonomian di Indonesia jadi cukup anjlok. Dampaknya, keuangan pribadi pun jadi ikut terganggu karena situasi yang serba sulit. Inginnya, sih, tentu saja liburan sebentar agar bisa lepas dari rasa penat. Namun, anjuran #dirumahaja belum memungkinkan kita untuk pergi ke mana-mana dulu. Sambil menunggu pandemi reda, tidak ada salahnya berandai-andai dan merencanakan liburan dari sekarang. Sebelum itu, pastikan dulu kamu merapikan finansial dulu setelah krisis ekonomi di Indonesia berakhir.

Mengatur ulang cash flow pribadi

Mengatur ulang cash flow pribadi

Saat terjadi krisis keuangan, cash flow atau arus kas kamu pasti langsung terdampak karena kamu harus melakukan berbagai penyesuaian. Misalnya, sebelum terjadi krisis ekonomi di Indonesia, kamu menerapkan skema 50-30-20 persen dalam menempatkan dana di pos pengeluaran. Namun, karena terjadi krisis keuangan, proporsi tersebut bisa saja berubah. Belum lagi pos-pos pengeluaran yang kemungkinan besar mengalami peralihan.

Nah, agar bisa mengetahui dengan pasti pola cash flow terkini, kamu wajib mengeceknya begitu krisis ekonomi di Indonesia berakhir. Coba kembali cara setiap pengeluaran, pemasukan, dan anggaran secara harian. Dari sini, kamu bisa tahu kondisi terkini cash flow sehingga dapat mengambil keputusan finansial yang tepat.

Cek posisi utang

Apakah selama ini kamu punya kewajiban cicilan yang harus dibayar? Jika iya, kemungkinan pembayaran cicilan tersebut sempat terganggu atau tertunda akibat krisis keuangan. Memang, sih, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan kepada para pemberi pinjaman untuk menunda penagihan. Walaupun begitu, bukan berarti kamu jadi terus-terusan menunda atau bahkan tidak membayar utang. Setelah krisis ekonomi di Indonesia selesai, coba cek posisi utang kamu dan susun rencana untuk segera melunasinya.

Cek kondisi dana darurat

Cek kondisi dana darurat

Mungkin ada beberapa di antara kamu yang sempat memakai dana darurat untuk memenuhi kebutuhan hidup saat krisis keuangan terjadi. Hal ini sah-sah saja dilakukan mengingat situasi yang bersifat darurat. Namun, setelah krisis ekonomi di Indonesia berakhir, segera kembalikan lagi dana darurat yang kamu pakai. Jadikan ini sebagai prioritas dan selalu sisihkan gaji kamu setiap bulannya untuk mengembalikan dana darurat.

Pilih instrumen investasi yang mudah diakses dan dicairkan untuk tabungan dana darurat kamu. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah reksadana pasar uang. Kamu bahkan bisa berinvestasi menggunakan aplikasi seperti Xsaver. Cukup download dari Google PlayStore atau AppStore dan kamu sudah bisa memulai investasi reksadana pasar uang. Pencairannya? Bisa langsung dari aplikasi juga! Idealnya, proses pencairan membutuhkan waktu hingga maksimal tujuh hari.

Kembali optimalkan pemasukan

Akibat krisis ekonomi, keuangan kamu mungkin sempat lesu. Jadi, setelah krisis tersebut berakhir, ini adalah saat yang tepat untuk kembali mengoptimalkan pemasukan kamu. Selain pekerjaan utama di kantor, kamu bisa menambah pemasukan dengan melakukan pekerjaan sampingan. Mulailah dari hal-hal yang jadi kesenanganmu. Buat yang suka menulis, misalnya, kamu bisa coba bekerja sebagai freelance writer. Sedangkan, buat yang hobi memasak, coba saja tawarkan hasil masakanmu kepada teman-teman.

 

Walaupun sedang mengalami krisis keuangan, tetap tanamkan pikiran positif bahwa ini semua pasti bakal selesai. Setelah krisis ekonomi di Indonesia berakhir, segera lakukan keempat hal di atas. Last but not least, jangan lupa memberi reward kepada diri sendiri. Kamu bisa makan enak, nonton bioskop, atau membeli barang yang kamu suka!