fbpx

Reksadana Pasar Uang, Investasi untuk Mahasiswa

Investasi mahasiswa bisa menggunakan reksa dana pasar uang

Reksadana Pasar Uang, Investasi untuk Mahasiswa

Mulai sekarang, kamu para mahasiswa tidak bakal lagi bokek berkat reksadana pasar uang. Sesuai namanya, reksadana satu ini adalah jenis investasi reksadana yang menempatkan dana kamu pada instrumen pasar uang. Contohnya seperti deposito berjangka dan obligasi yang jangka waktunya kurang dari setahun. Sedangkan, buat kamu yang belum tahu, reksadana adalah investasi yang mengumpulkan dana dari para investor untuk kemudian diinvestasikan kembali oleh Manajer Investasi.

Reksadana satu ini menyimpan sejumlah keunggulan tersendiri yang membuatnya begitu cocok untuk investasi mahasiswa. Jadi, walaupun masih kuliah, kamu bisa mendapatkan pemasukan tambahan dari investasi jenis ini.

Risiko kecil, cocok buat pemula di dunia investasi

Dari seluruh jenis reksadana yang tersedia, reksadana pasar uang memiliki risiko yang relatif paling kecil. Ini karena reksadana jenis ini idealnya hanya membatasi penempatan instrumen sebesar 10%. Risiko pun jadi terbatas dengan sendirinya. Apalagi memang investasi satu ini fokus untuk mempertahankan nilai modal investasi dan menjaga kestabilan likuiditas. Jadi, buat kamu para mahasiswa yang baru akan pertama kali berinvestasi, reksadana satu ini bakal cocok.

Setoran awal yang super murah dan tidak memberatkan

Jangan membayangkan reksadana pasar uang sebagai investasi yang butuh modal mahal. Sebaliknya, investasi satu ini justru sangat terjangkau untuk mahasiswa seperti kamu. Bahkan kamu sudah bisa membuka akun reksadana hanya dengan modal awal Rp50.000—seperti yang ditawarkan oleh aplikasi reksadana Xsaver.

Cukup download aplikasinya melalui Google Playstore atau App Store, buat akun, lalu setorkan uang Rp50.000. Selamat! Kamu baru saja melakukan investasi reksadana pasar uang menggunakan Xsaver!

Ada Manajer Investasi, tidak bakal ganggu waktu kuliah!

Beberapa dari kamu mungkin masih enggan berinvestasi karena khawatir bakal mengganggu waktu kuliah. Kamu berpikir kalau kamu harus terus-terusan memantau investasi kamu. Memang, sih, kamu disarankan untuk memonitor investasi, termasuk produk-produk investasi yang kamu beli di reksadana pasar uang.

Namun, seperti yang sudah disebutkan, pengelolaan reksadana dilakukan oleh Manajer Investasi. Mereka inilah yang bakal mengalokasikan uang kamu ke produk-produk investasi yang paling tepat. Manajer Investasi jugalah yang membantu memantau pergerakan investasi reksadana kamu. Jadi, sama sekali tidak bakal mengganggu waktu kuliah kamu.

Bisa kamu lakukan dengan menggunakan smartphone

Investasi reksadana satu ini sangat mudah untuk dilakukan, kok. Kamu tidak perlu bolak-balik datang ke perusahaan penyedia investasi untuk monitoring. Di era digital seperti sekarang, kamu bisa kok berinvestasi menggunakan smartphone. Apalagi kalau kamu berinvestasi reksadana melalui aplikasi Xsaver. Prosesnya cepat dan sama sekali tidak ribet, kamu bisa berinvestasi kapan saja dan di mana saja. Seandainya menemui kesulitan pun, kamu bisa langsung menghubungi customer support.

Jangka waktu investasi fleksibel, sesuaikan dengan kebutuhan

Investasi reksadana pasar uang sama sekali tidak memberatkan. Bukan cuma dari segi modal awal yang ringan, tapi jangka waktu investasinya pun cukup fleksibel. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kamu! Tentunya sebelum berinvestasi, kamu harus tahu dulu tujuan kamu.

Nah, perlu kamu ketahui kalau reksadana jenis ini idealnya cocok untuk tujuan jangka pendek. Misalnya, kamu bisa berinvestasi reksadana dengan jangka waktu enam bulan untuk biaya liburan semester depan. Bisa juga memilih jangka waktu satu tahun untuk persiapan biaya wisuda. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu!

 

Siapa bilang mahasiswa tidak bisa investasi? Dengan segala kemudahan dan keunggulannya, reksadana pasar uang dapat menjadi pilihan investasi yang tepat untuk mahasiswa. Tertarik mencoba? Langsung saja download aplikasi reksadana Xsaver di smartphone kamu, ya!

 

 

Photo Credit: Pexels