fbpx

Reksadana Jadi Investasi Paling Direkomendasikan di 2020

Reksadana Jadi Investasi Paling Direkomendasikan di 2020

Investasi reksadana menjadi yang paling diminati sepanjang tahun 2019. Jumlah investornya naik  sepanjang tahun 2019 dan menjadi yang terbanyak dari komposisi jumlah investor di pasar modal. Reksadana pasar uang adalah salah satu instrumen yang banyak dipilih oleh para investor, termasuk juga pemula, karena tingkat pengembalian yang lumayan besar dan risiko yang minim.

Pada tahun 2020 ini, investasi reksadana pasar uang masih tetap menjadi primadona dan direkomendasikan untuk kamu yang baru mulai berinvestasi. Mari cari tahu alasan di balik popularitas reksadana pasar uang yang naik tajam.

Paling minim risiko dibanding yang lain

Saat investasi saham sangat fluktuatif dan investor kebingungan ke mana harus menginvestasikan dananya, reksadana pasar uang bisa menjadi pilihan yang paling aman. Mengapa? Ini karena reksadana pasar uang termasuk jenis investasi yang minim risiko dibanding investasi yang lain. Risikonya sudah terbukti lebih rendah daripada obligasi jangka panjang dan saham.

Bisa dikatakan, risiko investasi reksadana pasar uang hampir setara dengan deposito dan surat berharga jangka pendek. Namun, tentu saja, tingkat pengembalian investasi ini lebih besar dari deposito maupun surat berharga jangka pendek.

Likuiditas paling tinggi di antara semuanya

Likuiditas adalah istilah dalam dunia investasi yang merujuk pada tingkat kemampuan pencairan dana dari pihak perusahaan investasi. Umumnya, reksadana pasar uang tidak melakukan investasi pada sekuritas yang cenderung minim pengikut dan tidak terlalu banyak memperdagangkan. Reksadana pasar uang melakukan perdagangan di surat berharga dan entitas yang memiliki permintaan lumayan tinggi. Oleh sebab itu, reksadana pasar uang bisa cenderung lebih cair dan investor bisa menjual dan membeli secara komparatif.

Rekam jejak menjanjikan dan aman

Ada tiga alasan mengapa bisa dikatakan bahwa reksadana aman. Pertama, investor di pasar uang adalah para profesional yang besar dengan reputasi bisa menjaga NAV di atas Rp1.000. Hanya sedikit kasus para profesional ini mengalami kegagalan. Kedua, jatuh tempo obligasi dalam portofolio reksadana kurang dari satu tahun, yang mana ini termasuk jangka pendek. Hal ini memungkinkan manajer portofolio segera bisa beradaptasi dengan kondisi suku bunga untuk mengurangi risiko.

Ketiga, kualitas kredit utang pasar uang hanya terbatas pada kredit tertinggi. Hanya obligasi peringkat A saja yang bisa masuk dalam portofolio pasar uang. Dana yang diinvestasikan pada pasar uang juga tidak boleh lebih dari 5%. Ini berarti dana investasi kamu akan didiversifikasi pada instrumen investasi lainnya, risiko kerugian akan minim dan investasi kamu tetap aman.

Persiapan diri dari risiko 

Investasi reksadana pasar uang memang minim risiko, tingkat likuiditas tinggi, bisa untuk jangka pendek, dan fluktuasi yang tidak besar. Namun, kamu tetap harus mempersiapkan diri dari perubahan suku bunga, peningkatan kurs mata uang, dan penurunan kualitas kredit yang tidak terduga. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa pilih reksadana dengan portofolio yang meyakinkan dan biaya operasional rendah. Investasi pasar uang seperti tersebut, umumnya adalah yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Bisa dimulai dengan modal minim

Dengan segala keuntungan dan alasan mengapa reksadana aman, sebenarnya masih ada satu hal lagi mengapa investasi pasar uang ini sangat direkomendasikan di tahun 2020. Apa lagi kalau bukan modal minim yang bisa mulai dari Rp50.000 saja. Dengan modal tersebut, kamu sudah bisa berinvestasi  melalui aplikasi investasi. Sangat terjangkau dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

 

Reksadana pasar uang memanglah sangat aman, sudah terdaftar dan diawasi OJK, bisa dimulai dengan modal minim, bisa untuk jangka pendek, dan likuiditas yang cukup tinggi. Ini artinya, kapan pun kamu mau mencairkan dana investasimu, bisa dilakukan saat itu juga. Jadi, jangan khawatir untuk mulai investasi di pasar uang, ya! Kamu bisa mulai belajar investasi langsung dengan download aplikasi Xsaver di Google Play Store atau App Store!