fbpx

Raih Tujuan Finansial dengan Passive Income dari Reksadana

Raih Tujuan Finansial dengan Passive Income dari Reksadana

Raih Tujuan Finansial dengan Passive Income dari Reksadana

Tiap orang pasti punya tujuan finansial tersendiri yang ingin dicapai. Ada yang ingin liburan bersama keluarga ke luar negeri, rencana beli gadget baru, renovasi rumah, atau naik haji. Agar tujuan tersebut bisa tercapai, diperlukan perencanaan finansial yang matang. Bahkan tak jarang kamu harus menambah income demi tujuan bisa lebih cepat terwujud. Nah, mendapatkan passive income dari reksadana bisa menjadi solusi.

Reksadana merupakan jenis investasi yang menampung uang dari para investor untuk kemudian ditempatkan ke berbagai aset oleh manajer investasi. Tentunya semua dilakukan berdasarkan kesepakatan dan ketentuan yang berlaku. Namun, bagaimana caranya passive income dari reksadana bisa membantu meraih tujuan finansial? 

Kenapa punya passive income itu penting?

Pentingnya punya passive income

Sebelum membahas lebih jauh tentang mendapatkan passive income dari reksadana, kamu perlu tahu terlebih dulu kenapa punya passive income itu penting. Passive income adalah pendapatan yang kamu dapat dari suatu kegiatan ekonomi, tapi kamu tidak secara langsung aktif dalam kegiatan tersebut. Jadi, passive income bisa juga dibilang sebagai pendapatan tambahan di samping penghasilan rutin kamu tiap bulannya.

Kenapa, sih, kamu sangat disarankan buat punya passive income? Well, punya passive income artinya pendapatan kamu bakal bertambah. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kamu juga punya kesempatan untuk meningkatkan jumlah tabungan. Alhasil, tujuan finansial kamu jadi bisa lebih cepat terwujud, deh. 

Lebih dari itu, passive income juga bisa menjadi pegangan kamu dalam kondisi darurat. See, yang namanya hidup memang penuh dengan ketidakpastian. Jika seandainya kamu mendadak diberhentikan dari pekerjaan tetap kamu sekarang, kamu bisa lebih tenang karena masih ada passive income yang akan membantu memenuhi kebutuhan.  

Investasi reksadana sebagai sumber passive income

Sumber passive income sebetulnya cukup banyak. Namun, kalau kamu termasuk orang yang sibuk dan tidak punya banyak waktu buat mengelolanya, passive income dari reksadana layak banget buat dipertimbangkan. Apalagi reksadana menawarkan return yang bahkan relatif lebih tinggi daripada deposito, jadi kamu pun bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih menguntungkan.

Asyiknya, kamu tidak harus selalu 100% aktif dalam investasi reksadana. Ada pihak manajer investasi yang bertanggung jawab untuk mengelola reksadana kamu. Mereka inilah yang akan memantau perkembangan aset-aset reksadana dan membantu kamu memutuskan untuk membeli atau menjualnya di pasar modal. Tentunya manajer investasi bekerja sesuai dengan ketentuan dan prospektus reksadana yang berlaku. 

Bisa kamu kelola lewat smartphone

Walaupun hadir manajer investasi, bukan berarti kamu tidak bisa ikut memantau perkembangan passive income dari reksadana kamu. Kamu bisa melakukannya dengan mudah, kok, apalagi sekarang sudah ada aplikasi reksadana seperti Xsaver yang memungkinkan kamu untuk berinvestasi lewat smartphone. Cukup download aplikasinya dari App Store atau Google Play Store, registrasi akun, dan kamu sudah bisa mulai investasi untuk mengumpulkan passive income dari reksadana!

Namun, jangan lupa top up untuk saldo awal reksadana, ya. Tenang saja, kalau investasi menggunakan Xsaver, kamu cuma perlu menyiapkan uang minimal Rp50 ribu untuk setoran awal. Kamu bisa melakukan top up melalui transfer dari berbagai bank. Kalau mau lebih praktis, kamu juga bisa top up dari saldo Gopay kamu. Gampang banget, kan?

 

Siapa yang tidak mau tujuan finansial tercapai dalam waktu lebih cepat? Oleh sebab itu, coba pertimbangkan untuk mengumpulkan passive income dari reksadana. Sebagai salah satu bentuk investasi yang sudah dijamin Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tentunya reksadana aman untuk kamu.