fbpx

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Pakai Dana Darurat di Masa Sulit

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Pakai Dana Darurat di Masa Sulit

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Pakai Dana Darurat di Masa Sulit

Fungsi dana darurat memang untuk situasi sulit seperti misalnya pandemi covid-19. Kalau selama pandemi ini kamu merasakan penurunan penghasilan dan tidak ada cukup dana untuk memenuhi pos pengeluaran dasar, memang ini waktu yang tepat pakai dana darurat. Tapi sebelumnya, kamu harus pertimbangkan dulu beberapa hal saat akan menggunakan dana darurat yang ada di tabungan. Pertimbangan ini adalah bentuk tanggung jawab menggunakan dana darurat dan komitmen untuk memakainya dengan bijak.

Jumlah yang dibutuhkan

Dana darurat bukan dana cuma-cuma atau dana pemberian yang jumlahnya bisa kamu hamburkan. Ingat, ini adalah dana yang sudah kamu kumpulkan sejak lama dan harus dipakai dengan bijak untuk mendukung pemenuhan kebutuhan hidup di situasi ekonomi sedang sulit. Kamu harus punya rasa tanggung jawab besar dalam pemakaiannya.

Maka dari itu, sebelum mengambil uang dari dana darurat, kamu hitung dulu berapa kebutuhan yang harus dibayarkan dengan menggunakan dana darurat. Hitung dulu berapa pengeluaranmu untuk kebutuhan hidup. Coba buat catatan pengeluaran dengan pola arus kas yang dipakai selama masa pandemi. Sebab, sudah pasti ada kebiasaan keuangan baru yang muncul selama di rumah saja. Jangan sampai kamu pakai dana darurat padahal ada pos pengeluaran lain yang sebenarnya bisa dihemat.

Cairkan sesuai kebutuhan

Cairkan sesuai kebutuhan

Kalau kamu sudah mendapat jumlah yang dibutuhkan, cairkan dana darurat sesuai dengan jumlah tersebut. Ada baiknya kamu cairkan dana darurat dengan hitungan kebutuhan per bulan, bukan beberapa bulan sekaligus. Dengan begitu, dana cash ini tidak membuatmu lapar mata dan malah menggunakan untuk kebutuhan yang kurang penting.

Untuk yang menyimpan dana darurat di beberapa aset investasi sekaligus, pilih besaran dana darurat yang nominalnya mendekati jumlah yang dibutuhkan tersebut. Selain itu, pertimbangkan pula kecepatan pencairan aset di instrumen investasi. Kalau kamu taruh di deposito, sudah pasti harus sesuai dengan waktu jatuh temponya. Kalau mau ambil sekarang, kamu akan dijatuhi penalti. Memang yang terbaik itu menyimpan dana darurat di reksadana pasar uang yang pencairannya bisa dalam waktu beberapa hari saja, tanpa dijatuhi penalti.

Gunakan secara bijak

Keep in your mind, dana darurat bukan uang kaget atau uang cuma-cuma yang bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan hiburan atau playing. Dana darurat memang baiknya dipakai untuk pemenuhan kebutuhan pokok dasar seperti makanan dan kesehatan. Kalau sebenarnya kamu masih ada uang untuk mencukupi kebutuhan dasar sehari-hari, itu artinya kamu belum butuh pakai dana darurat. Pakai dana darurat dengan bijak. Pentingkan kebutuhan hidup di atas gaya hidup saat ekonomi sedang sulit.

Catat pengalokasiannya

Catat pengalokasiannya

Sebagai bentuk pertanggungjawaban pemakaian dana darurat, kamu harus mencatat segala bentuk pengeluarannya. Hitung berapa jumlah yang kamu pakai dan berapa yang sudah dikeluarkan. Dengan begitu, kamu bisa mengevaluasi kembali saat kondisi sudah lebih baik. Sebab, setelah memakai dana darurat, kamu harus mengganti jumlahnya.

Tetapkan komitmen untuk mengganti

Dana darurat bukan sebuah cadangan dana yang bisa dipakai sekali waktu. Kalau kamu sudah menggunakannya saat ini, maka kamu harus berkomitmen untuk mengganti jumlah yang sudah digunakan untuk persiapan kondisi sulit ke depannya. Sebab, tidak ada yang tahu, kan, apakah kondisi ekonomi tetap akan baik-baik saja setelah pandemi ini.

Bisa jadi di waktu yang akan datang, kamu butuh dana darurat lagi untuk kebutuhan urgent yang harus segera dibayarkan. Karena penghasilan tidak cukup, kamu pun harus mengambil dana darurat lagi. Kalau tabungan dana darurat ini sudah dihabiskan saat ini saja, kamu pastinya akan kesusahan di waktu berikutnya.

 

Selain bijak pakai dana darurat, kamu pun harus bijak saat memilih instrumen investasi tempat menabung dana darurat. Pilihlah aset likuid agar pencairan dana bisa kapan saja. Sebab, yang namanya dana darurat kan pasti dibutuhkan saat itu juga. Akan sulit kalau pencairan aset tempat penyimpanannya tidak likuid. Salah satu instrumen yang disarankan adalah reksadana pasar uang, yang transaksinya bisa melalui aplikasi smartphone, seperti Xsaver.