fbpx

Pengertian Reksadana Pasar Uang dan Cara Membeli Via Aplikasi

Pengertian Reksadana Pasar Uang dan Cara Membeli Via Aplikasi

Pengertian Reksadana Pasar Uang dan Cara Membeli Via Aplikasi

Tahukah kamu bahwa reksadana terdiri dari beberapa jenis? Salah satu yang paling populer adalah reksadana pasar uang karena dinilai paling cocok untuk para investor pemula. Alasannya bermacam-macam, mulai dari tingkat risiko rendah hingga modal awal yang tidak memberatkan. Namun, sebaiknya kamu tidak mengambil langkah yang terlalu cepat. Pelajari dulu pengertian reksadana pasar uang dan mekanismenya agar proses investasi kamu nanti bisa berjalan lancar.

Pahami dulu apa itu reksadana

Pahami dulu apa itu reksadana

Sebelum membahas lebih jauh tentang pengertian reksadana pasar uang, coba tanyakan lagi ke dirimu sendiri: apakah kamu benar-benar sudah paham dengan apa itu reksadana? Walaupun dikenal cukup menguntungkan, investasi satu ini bisa saja membuat bingung para investor pemula, lho. Pengertian reksadana adalah bentuk investasi yang menghimpun atau mengumpulkan dana dari masyarakat untuk ditempatkan pada portofolio efek oleh manajer investasi. Bingung, ya?

Jadi begini, anggap saja reksadana sebagai suatu piring besar. Lalu, kamu dan investor-investor lain patungan untuk membeli makanan agar bisa diletakkan di atas piring tersebut. Setelah uang terkumpul, ada satu pihak resmi yang menggunakan uang tersebut untuk membeli berbagai macam makanan, mulai dari nasi, tahu, tempe, sayur, hingga kerupuk. Tentunya pihak resmi tersebut tidak sembarangan beli. Sebelumnya, ia mengajak kamu dan para investor lain buat berkonsultasi.

Nah, aneka makanan di atas piring tersebut adalah berbagai produk reksadana. Bisa berupa saham, obligasi, hingga deposito. Sedangkan, pihak resmi yang bertugas untuk melakukan pembelian adalah manajer investasi. Tidak hanya pembelian, manajer investasi juga bakal terus memantau performa produk reksadana agar kamu tahu kapan harus menjual atau membelinya.

Jadi, bagaimana dengan reksadana pasar uang?

Setelah mengetahui apa itu reksadana, sekarang apakah kamu sudah bisa menebak pengertian reksadana pasar uang? Well, praktiknya sih sama saja dengan pengertian reksadana yang sudah dijelaskan di atas. Namun, yang membedakan reksadana pasar uang dengan reksadana jenis lain adalah “isi piring”-nya.

Pada reksadana pasar uang, uang investasi yang terkumpul bakal ditempatkan ke instrumen atau produk-produk reksadana pasar uang. Contohnya seperti deposito dan obligasi berjangka waktu setahun. Reksadana pasar uang dikenal akan risikonya yang relatif rendah karena fluktuasinya cenderung stabil. Itulah kenapa idealnya reksadana pasar uang dipilih untuk investasi jangka pendek.

Bisa investasi lewat aplikasi!

Bisa investasi lewat aplikasi

Sekarang kamu sudah tahu pengertian reksadana pasar uang, lalu apa yang harus kamu lakukan kalau tertarik untuk mulai investasi? Percaya atau tidak, sekarang kamu bisa melakukannya lewat aplikasi di smartphone kamu alias tidak harus datang ke kantor reksadana! 

Coba, deh, buka App Store atau Google Play Store, lalu download aplikasi Xsaver. Xsaver adalah aplikasi reksadana pasar uang dari Xdana, Xultan. Kalau sudah ter-download, langsung saja buka aplikasinya dan lakukan registrasi akun sesuai instruksi yang diberikan. Lakukan verifikasi email dan kamu sudah bisa mulai investasi reksadana pasar uang di Xsaver!

Tentunya kamu harus menyerahkan setoran awal, ya. Caranya gampang banget, tinggal klik opsi Top Up di dalam aplikasi dan pilih metode pembayarannya. Bisa top up melalui transfer bank atau dari saldo Gopay! Jumlah minimal setoran awalnya? Cuma Rp50 ribu saja, dong!

 

Setelah mempelajari pengertian reksadana pasar uang tersebut, semoga kamu langsung termotivasi untuk investasi, ya. Apalagi sekarang kamu bisa melakukannya melalui aplikasi seperti Xsaver. Investasi tidak harus ribet dan makan waktu, Xultan!