fbpx

Menyiapkan Dana Darurat dengan Reksadana Pasar Uang di Tengah Corona

Menyiapkan Dana Darurat dengan Reksadana Pasar Uang di Tengah Corona

Menyiapkan Dana Darurat dengan Reksadana Pasar Uang di Tengah Corona

Sejak kasus pertama positif corona terkonfirmasi di Indonesia, hingga kini (23 April 2020) jumlah pasien telah mencapai angka 7.775. Bukan cuma dampak kesehatan yang diakibatkan oleh corona, tapi juga ekonomi. Banyak karyawan yang pemasukannya berkurang akibat bisnis menurun. Mengingat pandemi corona tidak bisa dipastikan kapan bakal berakhir, alangkah baiknya kalau kamu menyiapkan dana darurat untuk menghadapi situasi seperti ini. Kamu bisa berinvestasi di reksadana pasar uang.

Performa reksadana pasar uang stabil di tengah corona

Performa reksadana pasar uang stabil di tengah corona

Pandemi corona membuat perekonomian global menurun drastis. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bahkan tercatat merosot, dari yang sebelumnya relatif stabil di angka 5.000-an jadi turun ke 4.000-an. Belum lagi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang sempat mencapai angka Rp16 ribu, membuat para investor jadi waswas.

Menariknya, di tengah kondisi tersebut, reksadana pasar uang justru menunjukkan performa yang relatif stabil. Dilansir dari situs Kontan, para Manajer Investasi bahkan cukup optimis bahwa reksadana pasar uang punya prospek yang baik sampai akhir tahun 2020 nanti. Kestabilan performa ini sebetulnya tidak terlepas dari karakteristik reksadana pasar uang sendiri, Xultan.

Sesuai namanya, reksadana pasar uang menempatkan dana investor di instrumen pasar uang seperti deposito dan surat utang jangka pendek. Nah, kalau dibandingkan dengan instrumen reksadana jenis lain, instrumen reksadana pasar uang memang punya tingkat fluktuasi yang relatif paling rendah. Alhasil, potensi risikonya pun cenderung kecil. Itulah kenapa reksadana pasar uang bisa menjadi pilihan investasi yang pas untuk menyiapkan dana darurat.

Bisa investasi dari smartphone

Agar virus corona tidak semakin luas menyebar, pemerintah Indonesia mengimbau kita untuk stay di rumah. Tenang saja, kamu masih bisa berinvestasi reksadana pasar uang tanpa harus mendatangi kantor perusahaannya, kok. Sekarang, kan, sudah ada aplikasi reksadana pasar uang Xsaver. Tinggal download dari Google Play Store atau AppStore, lakukan registrasi akun, dan verifikasi email, kamu sudah punya akun untuk melakukan investasi reksadana pasar uang.

Tentunya kamu juga perlu top up saldo Xsaver agar bisa mulai membeli reksadana pasar uang. Proses top up ini pun tidak kalah mudah. Cukup tekan opsi Top Up di menu utama, lalu kamu bisa memilih untuk top up saldo melalui transfer bank atau dompet digital seperti Gopay dan DANA. Jumlah minimal top up di Xsaver juga sama sekali tidak memberatkan, kok. Mulai dari Rp50 ribu saja, kamu sudah bisa melakukan transaksi reksadana pasar uang!

Dana bisa dicairkan dengan mudah dan cepat

Dana bisa dicairkan dengan mudah dan cepat

Namanya juga dana darurat, tentunya baru akan dipakai saat kondisi-kondisi darurat seperti pandemi corona ini. Artinya, kamu tidak tahu kapan bakal butuh menggunakan dana darurat tersebut. Menyiapkan dana darurat dengan reksadana pasar uang sudah menjadi langkah yang tepat, Xultan. Ini karena reksadana pasar uang dikenal sebagai investasi yang punya likuiditas tinggi. Maksudnya proses pencairan dananya sangat mudah dan cepat.

Kalau pakai aplikasi Xsaver, kamu bahkan bisa langsung melakukannya dengan menekan opsi Withdraw di menu utama. Setelah itu, langsung saja ikuti instruksi yang disediakan. Usahakan melakukan pencairan sebelum pukul 13:00 agar proses pengajuan berlangsung pada hari yang sama. Di atas pukul 13:00, pengajuan pencairan kamu baru akan diproses pada keesokan harinya. Idealnya, proses pencairan reksadana pasar uang membutuhkan waktu maksimal tujuh hari kerja.

 

Manfaat dana darurat bakal sangat terasa di tengah masa sulit seperti pandemi corona ini. Tidak ada kata terlambat untuk menyiapkan dana darurat, kamu bisa memulainya dengan berinvestasi reksadana pasar uang. Performanya yang relatif stabil dan likuiditas tinggi bakal memberi kemudahan kepada kamu dalam menyiapkan dana darurat!