fbpx

Mengelola Keuangan di Tengah Wabah dengan Aplikasi Reksadana Online Xsaver

Mengelola Keuangan di Tengah Wabah dengan Aplikasi Reksadana Online Xsaver

Mengelola Keuangan di Tengah Wabah dengan Aplikasi Reksadana Online Xsaver

Seiring dengan penyebaran virus corona yang semakin mengkhawatirkan, banyak sekali dampak yang ditimbulkan oleh pandemi ini. Salah satunya adalah dampak ekonomi yang cukup signifikan. Tidak perlu bicara bisnis besar atau korporasi, perekonomian kamu pribadi juga pasti terdampak, kan? Terlebih dengan adanya anjuran untuk tetap #dirumahaja, semakin mempersulit semua pihak untuk bekerja dan menghasilkan uang. Oleh sebab itu, kamu harus pandai-pandai mengatur keuangan dengan aplikasi reksadana online Xsaver!

Penuhi kebutuhan pokok

Di situasi apa pun, kebutuhan pokok seperti makan harus tetap dipenuhi. Namun, kamu harus menyesuaikan dengan situasi yang terjadi saat ini. Misalnya, mulai masak sendiri di rumah, merancang menu makanan selama satu minggu ke depan, memilih menu makanan siap saji yang lebih murah, dan membatasi pembelian makanan secara online. Ini semua dilakukan agar tetap bisa bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan dasar sebagai manusia.

Bahkan kalau memang memungkinkan, kamu batasi dulu beli makanan online dan cepat saji. Lebih baik perbanyak makan sayur serta buah yang diolah sendiri di rumah. Selain karena lebih hemat, makanan yang diolah sendiri lebih menyehatkan karena kamu tahu bahan dan cara pengolahan yang dilakukan. Tapi, kalau memang sedang sangat ingin, boleh kok beli makanan cepat saji secara online selama tidak terlalu sering.

Lunasi utang dan bayar tagihan bulanan 

Lunasi utang dan bayar tagihan bulanan 

Meski pekerjaan dan penghasilan tersendat, utang dan tagihan bulanan mau tidak mau harus tetap berjalan. Contohnya saja tagihan listrik, air, internet, cicilan rumah, cicilan kendaraan, dan lain-lain. Sudah pasti tetap harus dibayarkan apa pun yang terjadi. Nah, kalau kamu sudah memenuhi kebutuhan makan, kamu harus bayarkan tagihan dan cicilan bulanan ini. Kalau misal ada utang juga, lebih baik lunasi segera. Jangan ditunda, yang ada nanti utang justru bertambah.

Batasi pengeluaran untuk hiburan

Kerja terus dari rumah sudah pasti akan menimbulkan kebosanan. Ujung-ujungnya, kamu buka online shop dan beli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Bisa juga kamu jadi berlangganan hiburan musik atau series. Memang, bisa dipahami kok, kalau kamu bosan #dirumahaja, tapi jangan jadikan sebagai alasan untuk beli baju, sepatu, makeup, dan barang lain yang kurang penting di situasi seperti sekarang ini, ya! Tetap hemat dan anggarkan untuk kebutuhan penting saja.

Tambahkan dana darurat

Di masa wabah seperti sekarang, hal paling penting lainnya adalah menambah dana darurat. Cara ini dilakukan untuk menjamin keberadaan dana saat penghasilan menipis dan masih banyak tanggungan yang perlu dibayarkan. Untuk berapa jumlahnya, sangat variatif karena jumlah pengeluaran dan tanggung jawab seseorang berbeda antara satu dengan yang lain. Kamu bisa kira-kira sendiri berapa dana darurat yang dibutuhkan selama wabah. Karena sifatnya untuk kebutuhan urgent, kamu bisa menyimpannya sebagai tabungan atau investasi di reksadana pasar uang.

Tetap sisihkan investasi 

Tetap sisihkan investasi 

Investasi di kala wabah tujuannya untuk memiliki persiapan dana yang bisa dicairkan kapan saja. Pilihan terbaik investasi saat ini adalah reksadana pasar uang, dengan memakai aplikasi reksadana online Xsaver. Mengapa harus reksadana pasar uang? Sebab, di musim wabah seperti sekarang, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) relatif fluktuatif atau berubah dengan sangat cepat. Imbasnya, reksadana saham bisa tidak stabil kinerjanya.

Sedangkan, kalau reksadana pasar uang di aplikasi reksadana online Xsaver, cenderung lebih stabil karena menempatkan modal di instrumen jangka pendek yang minim risiko, seperti obligasi dan deposito. Kamu bisa mulai investasi dengan hanya Rp50 ribu saja. Untuk masalah imbal hasil, per 13 April 2020, di aplikasi Xsaver, keuntungan investasi dengan jangka waktu satu tahun adalah 5.63% dan lima tahun adalah 30.87%.

 

Reksadana pasar uang menjadi opsi terbaik investasi di kala wabah karena menempatkan modalnya pada instrumen jangka pendek yang minim risiko. Keunggulan reksadana pasar uang juga pada kinerjanya yang stabil. Cocok untuk investor pemula yang baru mau belajar atau investor profesional yang ingin menekan risiko di saham yang saat ini fluktuatif. Download aplikasi reksadana online Xsaver di sini sekarang juga!