Memulai Investasi dengan Modal Minim, Begini Caranya!

Memulai Investasi dengan Modal Minim, Begini Caranya!

Sebagai pemula yang baru akan memulai investasi, mungkin kamu merasa bingung harus memulai dari mana, memilih instrumen apa, hingga besaran modal yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan investasi menjadi alternatif terbaik yang dapat memberikan passive income atau keuntungan dalam bentuk lain di masa mendatang. Sering kali kamu yang ingin memulai investasi terhalang dengan modal yang terbatas. Faktanya, memulai investasi bisa dilakukan termasuk dengan modal yang minim. Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di sini!

 

Jadikan investasi sebagai prioritas

Bukan hal yang mudah memang untuk menyisihkan dana investasi. Banyak orang yang bahkan merasa kesulitan untuk mengalokasikan sebagian income untuk diinvestasikan. Kalau kamu beralasan tidak bisa memulai investasi karena tidak cukup memiliki dana, maka sekarang adalah saatnya untuk mengubah mindset­-mu! Investasi adalah prioritas, sehingga wajib dialokasikan sesegera mungkin setelah kamu menerima income. Dengan begitu, kamu akan selalu memiliki dana untuk investasi.

Membuat rekening yang berbeda

Masih kesulitan mengalokasikan dana investasi? Cobalah untuk membuat rekening yang berbeda. Cara ini relatif efektif dilakukan, sehingga dana investasi dapat terkumpul dengan maksimal. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur auto debit untuk berinvestasi. Artinya, kamu memiliki dua rekening di mana satu dijadikan sebagai rekening utama yang sering digunakan. Sementara rekening yang satu lagi dikhususkan untuk menyimpan dana investasi. Jika sudah terkumpul nominal yang dibutuhkan, kamu bisa langsung membeli instrumen investasi yang diinginkan.

Utamakan kebutuhan daripada keinginan

Terdengar cukup klise jika seorang anak muda mudah tergoda untuk membeli produk-produk baru sekadar memenuhi gaya hidup. Terlebih saat ini ada banyak bentuk promosi yang ditawarkan oleh produsen maupun penjual. Kamu pun semakin sulit menghindari keinginan untuk membeli produk tersebut, yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Nah, sebaiknya mulai sekarang segera hentikan kebiasaan boros ini. Hanya gunakan dana yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan, bukan sekadar keinginan atau nafsu sementara waktu.

Tentukan tujuan finansial yang ingin dicapai

Tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan, ketika kamu akan memulai investasi sebaiknya tentukan dulu tujuan finansial yang ingin dicapai. Dengan tujuan yang jelas, maka kamu bisa membuat strategi yang tepat selama berinvestasi. Sebagai dampaknya, kamu bisa mendapatkan arahan yang jelas untuk termotivasi dalam berinvestasi. Di sisi lain, kamu pun lebih mudah memilih instrumen investasi yang tepat berdasarkan tujuan finansial tersebut. Kondisi keuangan yang lebih terarah ini akan sangat mempengaruhi stabilitas perekonomian seorang individu.

Memilih instrumen investasi dengan tepat

Setelah seluruh langkah-langkah memulai investasi berhasil kamu lalui, ini saat yang tepat untuk segera menentukan pilihan instrumen investasi. Pada dasarnya, sangat disarankan bagi pemula untuk memilih instrumen investasi yang minim risiko. Tujuannya tentu mencegah kemungkinan kerugian finansial di awal investasi. Salah satu instrumen terbaik yang direkomendasikan, yaitu Reksadana.

Investasi Reksadana dapat diandalkan karena dana investasi yang kamu setorkan akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI) berpengalaman dan profesional. Kamu bahkan bisa memulai investasi ini dengan modal minim, sebab dana investasi akan digabungkan dengan setoran dana investasi dari orang lain. Setelah digabungkan barulah dana investasi tersebut dikelola bersama oleh Manajer Investasi agar bisa menghasilkan keuntungan.

 

Jadi, sudah siapkah kamu memulai investasi? Tenang saja, sekarang kamu bisa berinvestasi secara online dengan memanfaatkan aplikasi Reksadana bersertifikat Penasehat Investasi dari Xdana. Aplikasi investasi kekinian Xdana bisa kamu dapatkan langsung di PlayStore ataupun App Store di gadget-mu. Tunggu apalagi? Sebelum semakin terlambat, segera mulai investasi sekarang juga agar mendapat untuk maksimal di masa mendatang.