fbpx

Memilih Aplikasi Reksadana? Simak 5 Kiat Berikut Ini

Aplikasi reksa dana, reksa dana, investasi

Memilih Aplikasi Reksadana? Simak 5 Kiat Berikut Ini

Hidup di era Revolusi Industri 4.0 membuat segala sesuatu dalam kehidupan sehari-hari menjadi mudah. Sebut saja seperti kehadiran aplikasi tertentu yang seolah membuat apa saja yang kita inginkan bisa terwujud hanya dalam satu genggaman. Kini, ada beragam aplikasi dan salah satunya adalah aplikasi reksadana untuk berinvestasi. Mengingat reksadana juga saat ini mulai dilirik sebagai investasi menjanjikan. Bagi kamu yang ingin memilih aplikasi reksadana terbaik, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan berikut ini.

Pastikan Legalitasnya Jelas

Sebagai langkah awal dalam memilih aplikasi reksadana, kamu perlu mengecek legalitasnya terlebih dahulu. Di Indonesia, investasi reksadana diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Begitu juga dengan aplikasi yang ditawarkan oleh perusahaan reksadana tersebut. Apabila perusahaan dan aplikasi sudah terdaftar, maka legalitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Namun, jika belum ini tentu kamu harus berhati-hati. Sebab, aplikasi yang tidak memiliki izin resmi dan legalitasnya dipertanyakan, cenderung tidak menguntungkan bahkan merugikan. Bagaimana cara mengecek legalitasnya? Kamu bisa langsung mengunjungi website resmi OJK tersebut dan dalam website tersebut akan tertera daftar perusahaan mana sajakah yang sudah memiliki legalitas yang sah.

Memiliki Kemudahan

Kemudian, setelah kamu mengetahui legalitas aplikasi dan perusahaan reksadana dari OJK yang dijelaskan sebelumnya, kamu pun perlu memilih aplikasi reksadana yang memiliki ragam kemudahan. Atau dengan kata lain, aplikasi tersebut sangat user friendly. Maksudnya adalah, memudahkanmu dalam mengoperasikannya.

Terutama saat berinvestasi, membaca portofolio, dan membaca pergerakan yang ada. Begitu juga dengan transaksi keuangan. Sebab, jika aplikasi tersebut cenderung ribet, akan mengganggu kamu ketika menjalankan investasi reksadana. Di samping itu, pilihlah aplikasi yang memudahkan dalam memilih produk reksadana yang ditawarkan dengan sistem terbaik sehingga kamu jadi tahu mana produk yang paling banyak diminati oleh pasar.

Dapat Digunakan di Smartphone dengan Beragam OS

Smartphone yang beredar di pasaran memang dibekali dengan dapur pacu atau sistem operasi yang beragam dan berbeda-beda. Dengan demikian, antara aplikasi satu dan lainnya terkadang tidak bisa dipasang dengan sistem operasi yang berbeda-beda. Begitu juga dengan aplikasi reksadana.

Beberapa di antaranya memang dirancang untuk aplikasi tertentu. Sehingga tidak bisa dipasang di smartphone yang berbeda. Oleh karena itulah, saat hendak memilihnya di AppStore sebaiknya pilih aplikasi reksadana yang dapat digunakan untuk sistem operasi yang berbeda-beda untuk kemudahanmu saat bermain reksadana.

Kerahasiaan Data yang Terjamin

Kiat selanjutnya dalam memilih aplikasi reksadana adalah pastikan kerahasiaan data yang Anda masukkan terjamin keamanan dan kerahasiaannya. Kerahasiaan data memang menjadi poin penting ketika kamu menggunakan aplikasi digital. Khususnya dalam investasi reksadana. Bayangkan saja jika data yang sudah kamu masukkan ke dalam aplikasi reksadana yang tidak memiliki sistem keamanan yang mumpuni.

Maka, selain data dapat diretas juga rawan terhadap penyalahgunaan. Misalnya saja, data mengenai identitas pribadi yang kamu masukkan dan juga nomor rekening yang ada bisa digunakan untuk tujuan yang melanggar hukum. Jelas, selain kamu dirugikan dari segi finansial, juga merusak reputasi portofolio investasimu.

Perhatikan Testimoni Pengguna Lainnya

Sebagai langkah terakhir untuk meyakinkan kamu saat memilih aplikasi reksadana terbaik yakni memperhatikan testimoni pengguna lainnya. Kamu dapat melihat review atau ulasan yang diberikan oleh pengguna lainnya melalui media internet atau melalui website resminya. Apabila testimoni pengguna lebih ke arah positif, maka aplikasi reksadana ini layak kamu pertimbangkan.

Akan tetapi sebaliknya, jika respon atau testimoni masyarakat atau pengguna mengarah ke hal yang negatif kamu perlu memikirkan ulang menggunakan aplikasi tersebut. Atau bahkan tidak menggunakannya sama sekali. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir risiko yang akan kamu tanggung nantinya.

 

Nah, setidaknya itulah beberapa kiat yang dapat kamu praktikkan dalam memilih aplikasi reksadana. Kini, salah satu aplikasi reksadana yang mudah, aman, dan nyaman untuk digunakan dan patut kamu coba adalah Xdana. Untuk informasi selengkapnya mengenai apa itu Xdana, kamu bisa klik di sini. Selamat mencoba!

 

Photo Credit : Pexels