fbpx

Keuntungan Reksadana bagi Investor Pemula

Keuntungan Reksadana bagi Investor Pemula

Yuk, sisihkan gaji untuk mendapatkan keuntungan reksadana! Yes, menerima gaji pertama memang cukup exciting. Rasanya tidak sabar untuk segera membeli hal-hal yang kamu impikan selama ini, baik itu sneakers, skincare, kosmetik, atau nongkrong seru di kafe yang lagi hits. Tentu hal tersebut tidak ada salahnya, apalagi kamu juga butuh self-reward, kan? Namun, sebelum menggunakan gaji untuk hal-hal tersebut, pastikan kamu sudah menyisihkannya lebih dulu untuk investasi.

Jangan langsung mengernyitkan dahi begitu. Investasi sama sekali tidak sulit, kok. Apalagi sekarang sudah ada investasi reksadana yang sangat cocok untuk pemula atau first-jobber seperti kamu. Ada banyak keuntungan reksadana yang bisa kamu dapatkan. Tidak percaya? Langsung saja cek sendiri di bahwa ini!

Antirepot karena dikelola manajer investasi profesional

We get it. Banyak orang merasa “ogah” duluan dengan investasi karena anggapan bahwa investasi itu ribet dan memakan banyak waktu serta energi. Padahal, reksadana sama sekali tidak begitu, lho. Ini dia yang menjadi salah satu keuntungan reksadana. Pada investasi reksadana, seluruh uang yang masuk dari investor akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI) profesional.

MI inilah yang bertugas mengalokasikan uang kamu ke berbagai produk investasi sesuai profil risiko dan kebutuhan kamu. Artinya, kamu tidak perlu mempelajari produk-produk investasi secara detail walaupun tetap disarankan. MI akan membantu memastikan agar uang investasi kamu bisa menghasilkan keuntungan maksimal.

Potensi keuntungan relatif lebih besar

Mungkin selama ini kamu sudah menabung di rekening tabungan biasa. Ini sudah merupakan langkah yang baik! Namun, bunga yang ditawarkan tabungan konvensional atau deposito umumnya cenderung kecil. Sementara itu, di reksadana kamu bisa mendapatkan potensi keuntungan lebih besar daripada tabungan maupun deposito. Apalagi reksadana juga mengutamakan sistem diversifikasi, yaitu meletakkan uang investasi ke beberapa instrumen sekaligus untuk meminimalisir risiko.

Modal kecil sudah bisa investasi

Keuntungan reksadana lainnya adalah kamu tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulai. Well, setiap penyedia investasi reksadana umumnya memiliki ketentuan masing-masing. Namun, kamu tidak perlu khawatir akan hal tersebut kalau berinvestasi reksadana di Xdana. Hanya dengan modal mulai dari Rp50.000, kamu sudah bisa melakukan investasi reksadana!

Coba ingat-ingat lagi, dalam seminggu, seberapa sering kamu jajan es kopi di kantor? Tiga kali? Lima kali? Kalau satu gelas es kopi berharga kurang lebih Rp15.000 dan kamu membelinya empat kali dalam seminggu, artinya kamu menghabiskan Rp60.000 untuk es kopi saja. Nah, daripada terus-terusan beli es kopi, lebih baik uangnya dipakai untuk investasi saja, kan? Biarpun nilai investasinya relatif #KecilTapiPasti menjanjikan.

Super mudah, bisa investasi dari aplikasi

Kata siapa investasi reksadana itu ribet? Faktanya justru jauh dari anggapan tersebut. Selain bantuan dari MI, saat ini investasi reksadana juga bisa dilakukan melalui smartphone kamu! Apalagi sekarang sudah ada Xdana, aplikasi reksadana yang memudahkan investor pemula seperti kamu untuk investasi. Cukup buat akun, ikuti instruksinya, dan kamu akan diberikan rekomendasi produk reksadana terbaik sesuai dengan profil risiko. Yuk, langsung saja download di App Store atau Google Play Store!

 

Tidak ada yang perlu diragukan lagi dari investasi reksadana. Terlebih, investasi reksadana juga aman dilakukan. Pastikan saja penyedia layanan reksadana yang kamu pilih sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seperti Xdana yang bahkan juga sudah mengantongi sertifikasi penasihat investasi! Tentunya ini menjadi keuntungan reksadana lain yang patut kamu pertimbangkan. Yuk, mulai investasi sekarang juga dengan aplikasi reksadana Xdana!

 

Photo Credit: Pexels