fbpx

Jadikan Work from Home sebagai Cara Hemat di Rumah

Jadikan Work from Home sebagai Cara Hemat di Rumah

Jadikan Work from Home sebagai Cara Hemat di Rumah

Sudah sebulan lebih sejak anjuran work from home resmi berlaku di Indonesia. Kamu sendiri, apa saja yang sudah dilakukan selama di rumah saja? Apakah benar-benar efektif bekerja dari rumah atau malah kalap check out keranjang belanja online? Harusnya. sih, bekerja dari rumah akan menghemat pengeluaran karena kamu tidak butuh uang transportasi dan makan siang di luar. Tapi kalau kenyataannya justru sebaliknya, yaitu pengeluaran makin besar, maka ini saatnya kamu menerapkan cara hemat di rumah selama work from home. 

Ulas catatan keuangan tiga bulan terakhir

Bekerja dari rumah bukan berarti kamu bisa enak-enak belanja online untuk hal yang sebenarnya kurang kamu butuhkan. Karena berpikir tidak ada pengeluaran seperti saat bekerja di kantor, bukan berarti kamu bisa beli apa saja dan jajan seperti yang diinginkan. Jangan jadikan momen work from home sebagai waktu untuk berfoya-foya dan membeli apa pun yang diinginkan dengan anggaran yang biasa dipakai di kondisi normal.

Akan jauh lebih baik kalau kamu ulas kembali catatan keuangan pribadi selama tiga bulan terakhir. Coba lihat berapa penghasilan yang didapat selama tiga bulan lalu dan berapa pengeluaran yang sudah terpakai. Apakah penghasilan kamu masih sama? Atau malah bertambah? Good, then! Lalu, bagaimana dengan pengeluaran? Apakah tetap sama atau malah lebih boros saat work from home? Kalau memang begitu, kamu harus mulai terapkan cara hemat di rumah.

Kumpulkan uang transportasi, makan siang, dan jajan

Kumpulkan uang transportasi, makan siang, dan jajan

Mulai cara hemat di rumah selama work from home dengan mengumpulkan uang makan siang, jajan, dan transportasi, yang tidak terpakai selama adanya wabah virus corona. Bisa ditambahkan juga anggaran lain yang tidak terpakai selama bekerja dari rumah. Untuk apa? Untuk ditabung atau diinvestasikan sebagai bekal di masa depan. Kalau wabah virus corona sudah berakhir, kamu bisa mewujudkan bucket list kamu dengan uang investasi ini.

Alokasikan dana untuk investasi 

Ngomong-ngomong soal investasi, kamu bisa pakai dana “nganggur” atau dana dari anggaran yang tidak terpakai seperti di atas, sebagai modal investasi kamu. Salah satu investasi yang disarankan adalah reksadana pasar uang, dengan nominal modal awal Rp50 ribu saja di aplikasi Xsaver. Reksadana pasar uang ini berinvestasi di instrumen jangka pendek minim risiko, seperti deposito dan obligasi jatuh tempo kurang dari satu tahun. Lebih lagi, reksadana pasar uang pun termasuk instrumen yang likuid. Kamu bisa cairkan aset kapan saja di kala membutuhkan.

Pasang target pengeluaran dan pemasukan 

Pasang target pengeluaran dan pemasukan 

Punya banyak waktu luang, jangan jadi konsumtif. Tetap jaga cashflow secara sehat dengan menetapkan target pengeluaran dan pemasukan setiap saatnya. Kamu bisa buat cashflow ini dengan mencatat penghasilan per bulan, menetapkan berapa target pengeluaran per minggu, dan menuliskan berapa kenyataan pengeluaran yang dilakukan tiap minggunya. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol seluruh pendapatan dan pengeluaran yang dilakukan.

Meski begitu, penetapan target pengeluaran dan pendapatan ini tidak terbatas tiap bulan atau tiap pekan. Kamu bahkan bisa menyusun perencanaan keuangan yang dibutuhkan selama work from home. Rencana cashflow ini bisa mencakup rencana selama beberapa bulan ke depan. Hasilnya, kamu jadi lebih bisa dan tahu cara mengatur serta mengelola keuangan secara sehat.

 

Anjuran work from home sebenarnya sangat mendukungmu menerapkan cara hemat di rumah. Sebab, ada banyak sekali pos pengeluaran yang tidak dibutuhkan, seperti transportasi, uang jajan, budget nge-mall, nonton film, dan lain-lain. Alihkan budget ini ke pos pengeluaran yang penting dan sisihkan untuk investasi!