fbpx

Investasi Milenial, Inilah Alasan Reksadana Cocok untuk Kamu!

Investasi Milenial, Inilah Alasan Reksadana Cocok untuk Kamu!

Sebagai generasi milenial, kamu juga wajib melek finansial dan tahu masalah investasi, lho! Mengapa? Karena menabung saja tidak akan cukup untuk memenuhi kehidupan di masa yang akan datang. Terlebih jika kamu sudah tidak bekerja. Mengandalkan uang tabungan sudah pasti tidak menjamin kehidupan masa tua yang nyaman. Lalu, apa yang bisa kamu lakukan supaya tetap bisa hidup nyaman bahkan saat sudah pensiun? Simak cara investasi milenial dengan reksadana berikut ini! 

Bisa mulai investasi dengan modal kecil 

Sudahkah kamu tahu tentang reksadana yang termasuk investasi milenial? Reksadana dikatakan sebagai investasi milenial karena memang persyaratan dan cara memulainya yang mudah. Kamu tidak butuh modal yang besar untuk memulai investasi reksadana. Cukup tentukan berapa persen dari gaji bulananmu yang akan diinvestasikan. Dengan reksadana, kamu bebas menentukan sendiri berapa rupiah budget investasi bulananmu. 

Sebagai contoh, aplikasi reksadana online Xdana yang menawarkan modal investasi cukup minim. Hanya dengan Rp50 ribu saja, kamu sudah bisa memulai investasi reksadana. Download aplikasi Xdana di Google Play Store atau AppStore dan mulailah berinvestasi dengan Xdana! 

Ada manajer investasi yang siap membantu 

Reksadana sangat disarankan untuk investor pemula, yang mana termasuk milenial di dalamnya, karena jenis investasi ini memiliki Manajer Investasi (MI). MI adalah seseorang yang akan membantu mengelola uang investasi kamu dan memutarkannya di pasar saham. Dengan bantuan MI, kamu tidak perlu bingung bagaimana memutarkan modalmu untuk menghasilkan keuntungan. Cukup investasikan beberapa persen penghasilanmu melalui aplikasi reksadana dan biarkan MI membantumu mendapatkan keuntungan. Mudah sekali, bukan? 

Bebas memilih produk sesuai dengan profil risiko 

Setiap individu memiliki profil risiko investasi yang berbeda. Dari profil risiko ini, kamu bisa memilih produk investasi milenial reksadana mana yang sesuai. Contohnya saja individu yang memiliki profil risiko konservatif. Individu dengan profil risiko konservatif adalah jenis yang paling tidak mampu menolerir risiko investasi. Individu seperti ini paling cocok berinvestasi di reksadana pasar uang karena memang paling rendah risiko investasinya. 

Sedangkan, tipe agresif adalah individu dengan ketahanan terhadap risiko investasi yang paling tinggi. Individu dengan tipe agresif adalah mereka yang berani mengambil risiko tinggi sehingga digolongkan sebagai seorang risk-tasker. Individu seperti ini paling cocok berinvestasi di reksadana saham dan campuran. Untuk mengetahui tipe investor yang seperti apa, kamu cukup gunakan aplikasi reksadana online Xdana. Xdana akan mengajukan beberapa pertanyaan yang akan digunakan untuk menentukan profil risiko. Setelah itu, MI Xdana akan membantumu menentukan reksadana apa yang cocok untukmu. 

Bisa dilakukan secara online 

Seiring dengan perkembangan zaman, investasi reksadana bisa dilakukan secara online. Caranya cukup unduh aplikasi reksadana online pada smartphone kamu. Dengan aplikasi reksadana online ini, kamu bisa mentransfer sejumlah nominal yang ingin diinvestasikan dan memonitornya setiap saat. Aplikasi reksadana online juga memungkinkanmu untuk membeli reksadana kapan pun dan dimana pun, tanpa ribet antri dan pergi keluar rumah. Cukup andalkan aplikasi reksadana online dan kamu bisa berinvestasi dengan mudah. 

Persiapan dana di masa depan 

Berbeda dengan tabungan konvensional, di mana uang yang kamu tabungkan bisa saja terkena dampak inflasi ekonomi, investasi reksadana memiliki keuntungan di mana kamu tidak akan kehilangan sepeser pun rupiah yang kamu investasikan. Reksadana sebagai investasi milenial memiliki keuntungan di atas inflasi. Sehingga, tidak peduli berapa lama perencanaan investasi yang kamu lakukan, kamu tidak akan kehilangan nilai uang investasi di masa depan. Bagaimana, sangat menarik sekali, bukan?

Nah, sebagai generasi muda, kamu wajib untuk mulai investasi milenial melalui reksadana.  Investasi reksadana akan membantumu mendapatkan kebebasan finansial di masa tua. Tak perlu bingung lagi bagaimana memenuhi kebutuhan hidup di masa yang akan datang, karena kamu sudah mulai investasi mulai dari sekarang. Yuk, mulai investasi reksadana Bersama Xdana. Investasi yang mudah, aman, dan terpercaya, hanya ada di Xdana. Xdana juga sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memiliki sertifikasi penasihat investasi juga, loh! 

 

Photo credit: Pexels