fbpx

Ingin Beli Reksadana Murah dan Mudah? Cek 6 Tips Ini!

Ingin Beli Reksadana Murah dan Mudah? Cek 6 Tips Ini!

Membeli reksadana murah bisa memberikan potensi return atau hasil imbal yang lebih tinggi daripada produk tabungan atau deposito. Hal ini dikarenakan keuntungan investasi reksadana tidak ditentukan dari harga belinya. Sebaliknya, strategi Manajer Investasi, kondisi pasar, dan kondisi perekonomian bangsa yang berpengaruh terhadap imbal hasil reksadana. Perhatikan tips-tips berikut ini agar kamu bisa sukses memulai investasi dengan instrumen reksadana murah.

 

Pilih platform investasi online

Di era digital saat ini kamu bisa memanfaatkan platform investasi reksadana murah secara online. Bersama Xdana misalnya, kamu bisa memulai investasi hanya dengan modal Rp50.000 saja. Telah beroperasi sejak tahun 2015 lalu, aplikasi investasi Xdana dikelola oleh Manajer Investasi profesional dan berpengalaman. Lebih dari itu, ini adalah aplikasi reksadana pertama yang sudah mengantongi sertifikasi Invest Advisor sehingga terjamin kredibilitasnya.

Kenali macam-macam jenis reksadana

Perlu diketahui bahwa instrumen investasi yang satu ini memiliki beragam jenis sesuai dengan alokasi investasinya. Beberapa jenis reksadana yang bisa kamu jumpai antara lain, reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, maupun reksadana campuran. Masing-masing jenis reksadana tentu memiliki keunggulan dan strategi investasi yang berbeda. Pastikan kamu terlebih dulu mempelajarinya sebelum menentukan pilihan instrumen investasi.

Pelajari dokumen prospektus

Sebagai investor sudah seharusnya lebih dulu Anda membaca dan mempelajari dokumen prospektus sebelum memulai investasi. Melalui dokumen ini Anda bisa memahami keunggulan suatu instrumen investasi, serta meminimalisir risiko kerugian yang mungkin muncul di kemudian hari. Dokumen prospektus sendiri biasanya dicantumkan pada situs website resmi perusahaan penyedia investasi reksadana. Selalu pelajari dokumen prospektus secara berkala karena setiap tahunan dokumen ini berpeluang mengalami perubahan.

Pilih Manajer Investasi profesional dan berpengalaman

Salah satu keuntungan memilih instrumen investasi reksadana adalah kamu tidak perlu pusing memikirkan strategi investasi. Pasalnya, sudah ada Manajer Investasi yang siap mengelola dana investasi yang kamu setorkan. Oleh karena itu, pastikan saat membeli reksadana murah kamu juga memperhatikan track record Manajer Investasi. Ini penting dilakukan sebab kinerja reksadana sangat ditentukan oleh Manajer Investasi.

Menentukan jangka waktu investasi

Membeli investasi reksadana murah tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Terlebih dulu kamu harus menentukan jangka waktu investasi yang akan dilakukan. Perlu diketahui, masing-masing jenis reksadana memiliki jangka waktu yang berbeda. Untuk reksadana pasar uang misalnya, kamu bisa memilih instrumen ini untuk jangka waktu investasi kurang dari setahun. Sebaliknya, untuk jangka panjang kamu bisa memilih instrumen reksadana pendapatan tetap dalam kurun waktu 1 – 3 tahun untuk mencapai tujuan investasi.

Pastikan penyedia reksadana berdiri secara legal

Tak kalah pentingnya, sebagai pemula kamu juga harus memeriksa legalitas penyedia reksadana murah sebelum membelinya. Pastikan penyedia investasi sudah memiliki izin resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan), sehingga seluruh kegiatan investasi mendapat pengawasan yang tepat. Pengecekan legalitas perusahaan penyedia reksadana ini juga bisa membantu kamu meminimalisir risiko kerugian akibat investasi bodong yang belakangan marak beredar di kalangan masyarakat Indonesia.

 

Beruntung, sekarang kamu bisa membeli reksadana murah dan mudah di aplikasi investasi Xdana. Aplikasi berbasis mobile ini bisa kamu gunakan kapan saja dan dari mana saja. Hanya berbekal koneksi internet dan Rp50.000 saja kamu bisa berinvestasi dengan praktis. Belum percaya? Buktikan sendiri keuntungan berinvestasi di aplikasi reksadana Xdana.