fbpx

How to Xdana: Nabung Reksadana Rp1 Juta Selama 5 Tahun

How to Xdana: Nabung Reksadana Rp1 Juta Selama 5 Tahun

Ada banyak sekali manfaat dari kebiasaan menabung yang diajarkan oleh orang tua ketika kamu masih kecil. Salah satunya tentu saja sebagai persiapan di hari tua. Nah, hal ini juga termasuk nabung reksadana lho, Xultan! Misalnya saja nih, kamu nabung reksadana Rp1 juta per bulan. Dalam lima tahun, tabungan reksadanamu itu bisa bertumbuh hingga puluhan juta. Ini tentu saja jumlah yang besar untuk bekal di hari tua saat kamu sudah tidak lagi bekerja.

Tapi, berapa ya, kira-kira keuntungan investasi reksadana yang bisa kamu dapat dengan menabung Rp1 juta selama lima tahun? Yuk, simak perhitungan perkiraannya di bawah ini!

Bagaimana bisa Rp1 juta per bulan bisa mendatangkan untung dalam 5 tahun?

Reksadana adalah jenis investasi yang menggantungkan keuntungan investasinya pada pertumbuhan return. Return sendiri bisa bervariasi besarannya. Ada yang return-nya kecil, ada juga yang return-nya besar. Kalau kamu mau keuntungan yang cepat dengan mengandalkan return, maka bisa memilih reksadana pasar uang dengan return yang cukup tinggi, yaitu 31.34% dalam lima tahun. Kalau dibagi per tahunnya, kamu bisa mendapatkan keuntungan nabung reksadana dengan return sebesar 6.268% per tahun.

Untuk bisa mendapatkan return ini, kamu bisa berinvestasi pada reksadana pasar uang Mandiri Investa Pasar Uang. Mandiri Investa Pasar Uang adalah salah satu jenis investasi reksadana pasar uang yang dikelola oleh manajer investasi Mandiri Investasi, dengan bank kustodian Citibank. Sebenarnya, kamu bisa saja berinvestasi di Mandiri Investa Pasar Uang dengan modal Rp50 ribu saja. Tapi kalau kamu mau segera untung, bisa nabung reksadana pasar uang sejumlah Rp1 juta per bulan.

Kalau kamu mau mencoba nabung reksadana di Mandiri Investa Pasar Uang, dengan total return hingga 31.34% dalam lima tahun, bisa terlebih dahulu download aplikasi investasi reksadana pasar uang Xsaver. Daftar dengan memasukkan nama, alamat email, serta nomor telepon. Saat registrasi sudah dilakukan, kamu bisa langsung mulai nabung reksadana sejumlah Rp1 juta per bulan dengan mengandalkan return tinggi untuk mendapatkan tabungan puluhan juta dalam lima tahun.

Berapa keuntungan nabung reksadana dalam 5 tahun?

Mari buat perkiraan perhitungan nabung reksadana pasar uang di Mandiri Investa Pasar Uang dengan modal Rp1 juta per bulan.

Hasil investasi dalam 6 bulan

Modal per bulan  Rp 1 juta
Return dalam 6 bulan  2.86%
Total keuntungan investasi dalam 6 bulan  Rp6.067.906

 

Hasil investasi dalam 1 tahun

Modal per bulan  Rp 1 juta
Return dalam 1 tahun 5.71%
Total keuntungan investasi dalam 1 tahun  Rp12.301.500

 

Hasil investasi dalam 3 tahun

Modal per bulan  Rp 1 juta
Return dalam 3 tahun 16.11%
Total keuntungan investasi dalam 3 tahun  Rp38.985.110

 

Hasil investasi dalam 5 tahun 

Modal per bulan  Rp 1 juta
Return dalam 5 tahun 31.34%
Total keuntungan investasi dalam 5 tahun  Rp68.704.725

 

Jika dilihat, semakin lama waktu kamu nabung reksadana, semakin tinggi return yang didapat karena memang investasi reksadana selalu bertumbuh. Hal ini berbeda dengan tabungan konvensional di bank maupun deposito yang menawarkan hasil keuntungan stagnan atau tetap. Jika dibandingkan, nabung di bank konvensional hanya akan mendapatkan Rp59-an juta dalam lima tahun. Sedangkan nabung reksadana pasar uang melalui Xsaver, bisa mencapai Rp68-an juta. Sangat menguntungkan sekali, bukan?

 

Di samping itu, nabung reksadana akan sangat menguntungkan bagi kamu jika kamu memberikan nominal yang besar saat berinvestasi. Hasilnya, kamu bisa mendapatkan keuntungan atau imbal hasil yang besar pula di kemudian hari. Tidak hanya itu, imbal hasil tersebut bisa kamu gunakan untuk keperluan-keperluan yang penting dalam membangun usaha, membiayai sekolah anak, hingga biaya nikah. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menabung di reksadana, khususnya menggunakan produk-produk Xdana sekarang juga!

 

Photo credit: Unsplash