fbpx

How To Xdana: Menyiapkan Biaya Nikah dengan Reksadana

Mempersiapkan biaya nikah dengan reksa dana

How To Xdana: Menyiapkan Biaya Nikah dengan Reksadana

Biaya nikah memang sangat besar. Namun, siapa sangka kamu bisa mengakalinya dengan menabung di reksadana. Bayangkan saja jika kamu dan pasanganmu berencana untuk menikah tiga tahun lagi dan mulai menabung masing-masing berjumlah Rp2 juta setiap bulannya. Dalam satu bulan, kalian bisa memperoleh Rp4 juta untuk biaya nikah.

Namun jika kamu memasukkan uang tersebut ke dalam reksadana secara rutin setiap bulan selama tiga tahun. Kurang lebih, kamu akan bisa mengumpulkan uang pokok sebesar Rp144 juta (garis hijau). Belum lagi beberapa keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan saat berinvestasi di reksadana padi garis abu-abu yang bisa tumbuh kapan saja.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Dengan uang sebesar itu, pastinya uang anggaran untuk acara pernikahan yang kamu rencanakan tiga tahun lagi bisa kamu capai lebih cepat dari rencana awal kamu. Coba bandingkan dengan menabung di rekening bank saja yang mana sering terkena biaya administrasi dan juga potongan pajak berbunga setiap bulannya. Dalam melakukan investasi di reksadana dengan tujuan mendapatkan biaya acara pernikahan yang cukup, ada beberapa hal yang perlu kamu dan pasanganmu tahu:

  • Jika kamu dan pasanganmu memiliki pekerjaan, sisihkan penghasilan bulanan kalian berdua dan kemudian digabungkan. Gabungkan juga beberapa aset lain seperti uang kas, simpanan, dan juga investasi yang kalian punya.
  • Pastikan semua basis keuangan kamu dan pasanganmu telah cukup kuat dengan memeriksa kembali tagihan kartu kredit dan juga cicilan bulan jika punya.
  • Pastikan semua tagihan yang kalian punya sudah lunas sebelum hari H.
  • Tentukan berapa banyak biaya nikah yang perlu disiapkan untuk anggaran di hari pernikahan.
  • Jangan lupa juga untuk menghitung biaya bulan madu jika kamu dan pasanganmu berencana untuk melangsungkan bulan madu.
  • Mulailah menabung untuk mempersiapkan biaya nikah kamu dan pasanganmu hingga seluruh target dari anggaran pernikahan kamu terpenuhi.
  • Sebagai salah satu solusi paling tepat, kamu dan pasanganmu bisa mulai melakukan investasi jauh lebih awal bahkan sekarang juga.

Selain hal-hal di atas, kamu juga perlu memperhatikan proses dalam berinvestasi untuk keperluan acara pernikahan yang telah kamu rencanakan dengan mengalokasikan dana yang kamu dan pasangan kamu punya. Ada dua hal yang harus kamu lakukan yang dijelaskan di bawah ini:

Alokasi Uang Penghasilan Anda 10% 

Kamu perlu melakukan alokasi uang pendapatan kamu dan pasanganmu sebesar 10% dari gaji pekerjaan. Alokasi uang ini digunakan sebagai kebutuhan dan keperluan pernikahan kamu di masa mendatang. Untuk melakukan hal itu, kamu dan pasanganmu butuh komitmen dan kesungguhan yang kuat agar kerja sama ini bisa cepat terealisasikan dan pastinya tidak akan membuatmu terasa berat sebelah serta jumlah biaya nikah yang kamu perlukan bisa cepat terpenuhi. Dengan melakukan alokasi uang pendapatan sebesar 10%, kamu bisa menghitung uang yang telah berhasil dikumpulkan dalam rentang waktu beberapa bulan, tahun, hingga saat pernikahan kamu dan pasanganmu.

Alokasi Dana Penghasilan 10% ke Reksadana 

Jika kamu dan pasanganmu mengalokasikan dana penghasilan masing-masing sebesar 10% untuk diinvestasikan di reksadana, kamu bisa mendapatkan dana sesuai target acara pernikahanmu. Keuntungan yang didapat saat menggunakan reksadana bisa kamu gunakan sebagai tambahan anggaran biaya nikah. Lalu, dalam melakukan investasi di reksadana, kamu juga harus mempertimbangkan jenis reksadana mana yang cocok. Jadi, kamu bisa mencapai tujuan keuangan kamu. Untuk itu, kamu bisa berkonsultasi dengan manajer investasi yang telah kamu pilih.

 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika hendak mengumpulkan biaya nikah menggunakan investasi reksadana. Melanjutkan hubungan hingga ke tingkat pelaminan akan terasa sangat memorable jika acara pernikahan yang kamu gelar sangat asyik dan sesuai rencana. Agar organisasi investasi kamu mudah dilacak dan berjalan lancar, kamu bisa mengunduh aplikasi reksadana Xdana. Selamat berinvestasi!

 

 

Photo Credit: Unsplash