fbpx

How To Xdana: Kuliah di Luar Negeri dengan Reksadana

Kuliah di luar negeri dengan pakai reksa dana

How To Xdana: Kuliah di Luar Negeri dengan Reksadana

Pendidikan adalah hal paling penting bagi semua orang. Jika ditanya apakan seseorang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, sebagian besar tentu akan menjawab iya. Namun, untuk memulainya memang tidak mudah. Ada banyak hal yang harus disiapkan, terutama soal finansial. Maka, salah satu cara mensiasatinya adalah dengan menabung reksadana. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut!

Hitung Biaya Secara Rinci

Sebagai langkah awalmu untuk kuliah di luar negeri, kamu haruslah menghitung dengan rinci besaran biaya yang akan dikeluarkan nanti. Mulai dari biaya hidup, biaya kuliah, biaya tiket pesawat dan lain sebagainya. Pertimbangkan pula biaya lainnya seperti biaya administrasi dan persiapan untuk dana darurat jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Dana darurat tersebut di antaranya adalah untuk biaya pengobatan atau cek kesehatan ketika kamu sedang sakit. Memang, ada universitas yang memberikan asuransi kesehatan dan ada pula yang tidak. Bila memungkinkan, kamu juga harus memikirkan biaya untuk tabungan dan bekal dalam memenuhi segala kebutuhanmu.

Mulai Pertimbangkan Reksadana Pendidikanmu

Setelah urusan perhitungan biaya secara terperinci sudah kamu lakukan dengan baik dan benar. Maka, selanjutnya kamu bisa mempertimbangkan reksadana untuk kebutuhan pendidikanmu. Dalam memilih reksadana untuk biaya kuliah di luar negeri, pastikanlah finansialmu dalam keadaan baik dan ‘sehat’. Maksud sehat di sini adalah kamu tidak memiliki tanggungan hutang maupun cicilan lainnya.

Walaupun harus berhutang, pastikan hal tersebut tak mengganggu cash flow harianmu. Tentu kamu tak ingin bukan, memiliki reksadana untuk tabungan pendidikan di luar negeri namun di sisi lain kamu memiliki tanggungan? Ini artinya kamu sama dengan mengeluarkan dana dua kali jika tidak dilakukan dengan baik.

Memilih Reksadana Terbaik

Nah, dari pertimbangan tersebut kamu juga akan mendapatkan gambaran memilih reksadana yang terbaik untuk masa depan. Reksadana sendiri ada banyak ragam jenisnya yang bisa kamu pilih. Mulai dari reksadana pasar uang, reksadana pendapatan, reksadana saham, dan reksadana campuran. Perbedaannya hanya terletak pada jangka waktunya saja.

Contohnya, sekarang kamu masih tinggal di Indonesia namun memiliki impian untuk kuliah di Eropa. Di sinilah kamu perlu berpikir memilih produk reksadana yang tepat untuk tiga atau lima tahun ke depannya. Sebagai pertimbangan, jika kamu memilih untuk jangka panjang maka sebaiknya kamu memilih reksadana campuran dan reksadana saham. Meski begitu, memilih reksadana ada beberapa tipsnya yang bisa dilakukan.

  • Pilih di Perusahaan Reksadana Terpercaya

Langkah pertama adalah pastikan kamu memilihnya di perusahaan reksadana terpercaya. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya surat izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Memiliki badan hukum hingga memiliki alamat kantor yang jelas adalah hal wajib yang harus kamu perhatikan.

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan

Seperti disinggung sebelumnya, kamu hendaknya memilih reksadana yang sesuai dengan kebutuhanmu nantinya. Baik itu untuk jangka menengah, maupun jangka panjang saat kuliah di luar negeri. Selain itu, kamu perlu ketahui pula berapa besaran minimum untuk berinvestasi di sebuah perusahaan reksadana terpercaya. Begitu juga dengan layanan dan semua proses yang tidak ribet dan bertele-tele.

 

Kini, tak ada lagi kata untuk takut kuliah di luar negeri. Dengan mempersiapkan biaya pendidikan melalui reksadana, kamu bisa sedikit bernapas lega. Jadi, persiapkan mulai sekarang dengan reksadana untuk pendidikan di Xsaver yang aman dan nyaman untuk masa depan yang cemerlang.

 

 

Photo Credit: Pixabay