fbpx

How to Xdana: Cara Sukses Investasi Walau Pasar Fluktuatif

How to Xdana: Cara Sukses Investasi Walau Pasar Fluktuatif

Memiliki instrumen untuk berinvestasi terkadang membuat seseorang menjadi lebih aman mengenai kondisi finansial di kemudian hari. Akan tetapi, di sisi lain juga perlu untuk membekali diri ketika pasar sedang fluktuatif. Berikut cara sukses investasi reksadana di saat pasar bergejolak yang bisa dipraktikkan.

Lakukan Perencanaan Keuangan dengan Tepat

Langkah kedua jika kamu ingin sukses investasi adalah dengan membuat catatan perencanaan yang matang. Sebelum memutuskan memilih instrumen investasi yang tepat, cobalah buat daftar pertanyaan seperti:

  • Untuk apa tujuan berinvestasi?
  • Besarkah dana yang dibutuhkan?
  • Seberapa besarkah nilai investasi dan risikonya?
  • Apa yang dilakukan saat pasar berjalan lambat? Dan masih banyak lagi pertanyaan lain yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan.

Bisa Juga dengan Diversifikasi Aset

Diversifikasi aset juga dinilai sebagai salah satu langkah sukses investasi pada saat pasar sedang fluktuatif. Misalnya saja kamu memiliki investasi reksadana, di sisi lain kamu juga bisa berinvestasi dengan bentuk instrumen lainnya. Hal ini dapat dicontohkan dengan investasi emas atau properti.

Tujuannya adalah ketika pasar sedang fluktuatif, tidak semua nilai instrumen investasimu jatuh. Contohnya seperti ketika reksadana sedang turun, maka kamu masih memiliki backup aset investasi lainnya untuk menanggulangi maupun meminimalisir kerugian yang dihadapi.

Konsistenlah dalam Berinvestasi

Investasi reksadana bukanlah investasi yang bisa kamu gunakan untuk main-main saja. Dengan investasi reksadana ini, kamu bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari ataupun rencana di masa mendatang dengan lebih baik. Akan tetapi, bila kamu ingin investasi tersebut berjalan dengan baik, maka tanamkanlah konsistensi dalam diri ketika ingin berinvestasi di awal-awal.

Ada baiknya kamu jangan terlalu tergiur dengan keuntungan besar dalam jangka waktu pendek. Kamu sah-sah saja mengambil keuntungan tersebut. Namun, jangan sampai mengambil semua nilai investasi yang ada. Sebaiknya ambillah sebagian lalu yang sebagian lagi biarkan terlebih dahulu hingga pasar benar-benar stabil. Dengan cara seperti ini, kamu pun berpeluang mendapatkan keuntungan yang lebih besar di kemudian hari.

Tetapkan Target yang Sesuai Kemampuan

Ketika kamu memutuskan untuk berinvestasi reksadana, langkah berikutnya adalah dengan melihat seberapa besar kemampuanmu dalam memenuhi investasi yang sudah dipilih. Oleh karena itulah kamu harus menentukan target yang realistis. Jangan sampai kamu menginginkan cuan yang tinggi, namun memilih investasi yang rendah.

Ingat, cuan yang tinggi juga dibutuhkan nilai investasi yang tinggi pula. Akan tetapi, nilai yang tinggi ini akan membuatmu berpikir keras saat terjadi fluktuasi. Ada baiknya jika baru memulainya, pilihlah reksadana dengan nilai yang kecil terlebih dahulu.

Lakukan Pemantauan secara Berkala

Tidak hanya kelima langkah di atas saja, kamu bisa melakukan cara agar sukses investasi meski sedang bergejolak dengan cara pemantauan berkala. Menanam investasi reksadana, layaknya kita menanam pohon di kebun. Kamu harus memantau pohon tersebut secara rutin dan melakukan penyemaian ketika dibutuhkan.

Ini juga sama dengan investasi reksadana. Setidaknya kamu bisa memantaunya paling tidak satu minggu sekali. Kamu pun juga bisa berkonsultasi dengan manajer investasi mengenai mana waktu yang tepat. Sebab, jika kamu berinvestasi di saat yang kurang tepat mka bisa mengganggu kestabilan investasi nantinya.

 

Bagaimana, setelah kamu membaca tips sukses investasi reksadana  online di atas sudah siapkah untuk menanamkan investasi di perusahaan reksadana tepercaya? Kini, kamu bisa memilih salah satunya adalah Xdana yang memberikan kemudahan dan memiliki legalitas operasional dari OJK. Selamat mencoba!

 

 

Photo: Freepik