fbpx

Gaji Pertama, Jangan Lupa Sisihkan untuk Investasi!

Gaji Pertama, Jangan Lupa Sisihkan untuk Investasi!

Mendapat gaji pertama bagi seorang fresh graduate yang baru mendapat pekerjaan tentu akan sangat menyenangkan. Inginnya tentu saja segera digunakan untuk membeli barang-barang yang diidamkan. Tapi ingat, meski masih muda, jangan lupa untuk segera memulai investasi. Terlebih berinvestasi sejak dini akan menghasilkan keuntungan finansial yang menjanjikan.  Kira-kira apa pentingnya ya, memanfaatkan gaji pertama untuk investasi? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini! 

Menghindari risiko inflasi

Tingkat inflasi rupiah terhadap dolar setiap tahunnya memiliki kenaikan yang cukup signifikan. Hal ini sebagai akibat dari kondisi keuangan global yang mana semakin membuat risiko inflasi semakin tinggi. Dengan angka inflasi yang cukup tinggi, risiko kenaikan harga barang dan bahan pokok pun tak mungkin terhindarkan. Harga kebutuhan pokok semakin naik, namun nilai rupiah semakin menurun. Hal ini akan mendatangkan kerugian kalau kamu tidak memiliki persiapan.

Tapi tenang, dengan memulai investasi sedari dini, bahkan sejak gaji pertama, dampak risiko inflasi ini bisa ditekan. Apalagi nilai investasi yang minim terkena dampak risiko inflasi, berbeda dengan tabungan konvensional yang mana rentan terkena inflasi. Saat kamu sudah mempersiapkan investasi sejak dini, hidup bisa jauh lebih tenang. 

Merdeka finansial

Kondisi merdeka finansial adalah saat di mana kamu bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa mengganggu gaji yang didapat setiap bulan. Intinya, kamu memiliki cukup uang di simpanan yang mana bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, tanpa mengandalkan lagi gaji yang didapat setiap bulan. Tentu saja merdekan finansial menjadi keinginan setiap orang. Tapi, bagaimana cara meraihnya, ya?

Jawabannya semudah memulai investasi sedari gaji pertama. Saat kamu sudah memiliki pekerjaan, kamu harus mulai menyisihkan beberapa persen dari gaji yang didapat untuk berinvestasi. Jangan sampai, gaji hanya numpang lewat karena digunakan untuk membeli barang yang diinginkan. Simpan beberapa dari gajimu setiap bulan untuk investasi. Ketika sudah tua nanti, investasi ini akan membantumu merdeka finansial. 

Alternatif persiapan dana pensiun

“Baru mulai kerja, kenapa harus memikirkan pensiun? Itu kan masih nanti.” Eits, jangan salah! Justru karena baru mulai kerja, kamu sudah harus memikirkan persiapan di masa pensiun nanti. Apakah kamu yakin, saat pensiun nanti memiliki kondisi finansial yang cukup untuk menghidupi diri sendiri setelah tidak lagi bekerja dan tidak ada lagi gaji bulanan? Jangan sampai menjadikan anak-anakmu generasi sandwich yang berikutnya, lho!

Dana pensiun memang sebaiknya disiapkan sejak awal. Kelak di masa tersebut, kamu sudah tidak bisa lagi bergantung pada pekerjaan dan gaji bulanan. Oleh sebab itu, kamu harus memiliki persiapan finansial yang matang sebagai bekal hidup di masa tua. Kalau kamu sudah punya investasi yang dimulai sejak gaji pertama, hidup di usia tua akan lebih tenang, aman, dan nyaman.

Meningkatkan aset dan kekayaan

Apakah kamu tidak ingin, memiliki aset dan kekayaan yang cukup banyak? Tentu semuanya ingin. Tapi, bagaimana bisa kamu menjadi seseorang dengan simpanan aset dan kekayaan yang lumayan jika gaji pertama saja sudah habis dan tak bersisa? Tentu akan sangat sulit untuk mencapainya. 

Oleh karena itu, jika kamu bercita-cita memiliki aset dan kekayaan, mulailah berinvestasi semenjak mendapatkan pekerjaan pertama. Investasi ini memiliki nilai keuntungan yang lebih besar dari tabungan konvensional jenis apapun. Return yang tinggi dari berinvestasi bisa dijadikan sebagai passive income dan aset yang akan terus bertambah setiap saatnya. Menarik sekali bukan?

 

Yuk, mulai investasi sejak gaji pertama! Kamu bisa download aplikasi investasi reksadana online Xdana yang akan membantumu mendapat passive income dari investasi reksadana. Xdana memiliki manajer investasi profesional yang akan membantu investor baru sepertimu menentukan profil risiko dan menemukan jenis reksadana yang cocok. Jangan takut gagal, karena kalau kamu takut, kamu tidak akan mendapatkan yang diinginkan! 

 

Photo credit: Pxhere