fbpx

Dapatkan Passive Income dari Keuntungan Menarik Reksadana

Dapatkan Passive Income dari Keuntungan Menarik Reksadana

Investasi reksadana saat ini menjadi salah satu jenis investasi yang banyak diminati. Tidak hanya kalangan dewasa, anak muda milenial yang baru mendapatkan pekerjaan pertama pun memilih berinvestasi reksadana daripada yang lain. Ini karena ada banyak sekali keuntungan menarik investasi reksadana yang sekaligus bisa mendatangkan passive income. Agar kamu tidak tambah penasaran, ini dia keuntungan menarik dari reksadana sebagai passive income.  

Return tinggi

Salah satu alasan utama mengapa reksadana banyak diminati sebagai sumber passive income adalah karena return-nya yang tinggi. Return yang tinggi tentu saja menjadi daya tarik utama investor untuk berinvestasi di sektor reksadana. 

Para investor usia dewasa utamanya memilih investasi reksadana saham sebagai passive income dan tabungan mereka untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak di masa depan. Ada pula investor yang memilih reksadana sebagai tabungan hari tua selepas pensiun. Kalau kamu penasaran berapa return yang bisa dihasilkan oleh reksadana, jumlahnya bisa mencapai 20% per tahun rata-rata. Angka ini salah satunya bisa dicapai dengan reksadana saham. 

Minim modal awal

Dengan return yang cukup tinggi, kamu tentu berpikir bahwa modal awal reksadana pun juga tinggi. Padahal, modal awal reksadana bisa dimulai hanya dengan Rp50 ribu saja. Angka ini setara dengan satu cup kopi harianmu atau budget makan dalam satu hari. Tentu saja sangat terjangkau untuk semua kalangan, bukan? Termasuk kamu yang seorang fresh graduate dengan pekerjaan pertama. 

Bisa diversifikasi investasi

Satu hal penting yang kadang terlewat untuk dipahami para investor baru adalah diversifikasi investasi. Diversifikasi investasi ini artinya menyebar investasi yang dilakukan pada beberapa instrumen untuk menghindari risiko kerugian yang cukup besar jika saja nilai sebuah investasi sedang anjlok. Dengan menyebar investasi ke beberapa instrumen, risiko kerugian bisa ditekan. Dengan begitu, kamu tetap bisa mendapatkan passive income. 

Sebagai contoh, kamu memilih investasi reksadana pasar modal. Investasimu ini tidak akan diletakkan pada satu instrumen, namun ke beberapa instrumen untuk menghindari turunnya nilai investasi jika saja salah satu harga turun. Diversifikasi seperti ini sangat menguntungkan karena bisa menjaga nilai investasimu stabil. Dengan begitu, jaminan passive income-mu juga aman. 

Dikelola olah manajer investasi andal

Investasi reksadana sangat cocok untuk dijadikan passive income karena selain hal-hal di atas tadi, investasi reksadana juga dikelola oleh seorang manajer investasi yang andal. Tugas seorang manajer investasi adalah menganalisis investasi, memilihkan jenis reksadana yang tepat sesuai profil risiko, dan mengelola portofolio kamu. Jadi, tidak perlu khawatir lagi dengan minimnya pengetahuan investasi dan terbatasnya waktu untuk menganalisis investasi karena manajer investasi akan melakukan semuanya untukmu. 

Dilakukan melalui aplikasi investasi reksadana online

Memiliki passive income, berarti kamu memiliki penghasilan tambahan tanpa harus melakukan pekerjaan atau usaha yang keras. Oleh sebab itu, investasi reksadana menjadi salah satu pilihan yang tepat sebagai sumber passive income karena bisa dilakukan secara online melalui aplikasi di smartphone. 

Contohnya saja aplikasi investasi reksadana online Xdana yang bisa diunduh gratis di App Store and Google Play Store. Setelah terpasang di smartphone, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk investasi reksadana. Xdana memiliki manajer investasi profesional yang akan membantu menentukan profil risiko dan memilihkan reksadana yang tepat. Tidak perlu bingung atau repot, cukup setorkan investasi kamu dan biarkan Xdana mengelolanya untukmu. 

Bagaimana, menarik sekali bukan, keuntungan yang bisa kamu dapat dengan berinvestasi reksadana? Keuntungan investasi reksadana sangat cocok untuk dijadikan passive income karena aman, nyaman, dan terjamin.  Oleh karena itu, yuk, download aplikasi investasi reksadana online dari Xdana. Semakin awal kamu memulai, semakin banyak yang akan kamu hasilkan. 

 

Photo credit: Pexels