fbpx

Binomo: Investasi Ilegal atau Resmi? Cari Tahu Dulu!

Binomo investasi ilegal atau tidak?

Binomo: Investasi Ilegal atau Resmi? Cari Tahu Dulu!

Binomo muncul sebagai broker trading secara online di Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Tepatnya pada tahun 2014 . Dalam beberapa sumber, disebutkan jika Binomo adalah cabang dari Tiburon Corporation Limited dengan kantor pusat berada di Seychelles. Pada awalnya, banyak masyarakat belum begitu kenal mengenai platform trading online ini. 

Perkembangan teknologi digital-lah yang pada akhirnya membuat Binomo sukses dikenal luas oleh publik. Mereka pun memiliki website dengan dua domain yang berbeda. Kemudian, Binomo juga membuat strategi marketing yang mampu menyedot perhatian banyak orang. Hal yang menjadi pertanyaan di masyarakat adalah apakah Binomo investasi ilegal? Untuk mengetahuinya, kamu bisa simak ulasannya di bawah ini.

Iklan yang Manipulatif

Binomo sendiri memiliki strategi marketing yang cukup menarik. Salah satunya adalah menggunakan video iklan yang kerap muncul di YouTube. Jelas, dari strategi ini banyak orang mengetahui iklan tersebut dan mulai mengenal Binomo. Apakah dari segi marketing iklan tersebut berhasil? Bisa dikatakan iya, sebab orang semakin mengenal produk baik itu menanggapinya sebagai angin lalu saja atau memang menanggapinya secara serius.

Dalam iklan video di YouTube tersebut Binomo menampilkan seorang yang bernama Budi Setiawan. Pada monolog yang disampaikannya, orang itu mengklaim sebagai seorang trader profesional yang mampu mendatangkan uang dengan mudah tanpa keluar dari rumah.  Sepintas, ini memang sangat menggiurkan bagi siapa saja untuk mendapatkan kekayaan dengan cara singkat.

Di sisi lain, dari iklan YouTube Binomo orang juga berspekulasi jika Binomo investasi ilegal. Pandangan orang yang menganggap hal ini adalah, menghasilkan uang dalam waktu singkat seperti yang diiklankan memang tidak mudah. Bahkan ada yang menganggapnya tidak mungkin. Karena itulah, respon masyarakat menganggap iklan YouTube Binomo seolah manipulatif dan tidak masuk akal.

Alasan Pemerintah Menutup Binomo

Selang beberapa waktu kemudian, keresahan dan pertanyaan masyarakat mengenai Binomo investasi ilegal perlahan mulai terjawab. Pemerintah pun bergerak cepat dengan memblokir dua website milik Binomo, yakni binomo.com dan binomo.net. Sementara itu, Kepala Badan pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Tjahya Widayanti sebagaimana dilansir dari Detik.com menyebutkan jika Binomo melanggar pasal undang-undang yang ada.

Menurutnya, Binomo terbukti melanggar Pasal 31 ayat (1) UU No.32 Tahun 1997. Masih menurut Ketua Bappebti, meski Binomo diklaim menjadi anggota berkategori ‘A’ dalam sebuah institusi lembaga keuangan internasional, kegiatannya tidak memiliki badan izin sebagai Pialang Berjangka dari Bappebti. 

Maka dari itulah, website dari Binomo investasi ilegal sudah diblokir sejak tanggal 8 Oktober 2019 lalu. Pemblokiran ini dilakukan sesuai dengan Surat Dinas Bappebti ke Kominfo No.392/BAPPEBTI./2/10/2019. 

Pemblokiran yang dilakukan oleh Bappebti sendiri merupakan kegiatan rutin dalam rangka pengawasan keuangan online melalui pengaduan masyarakat maupun izin yang dimiliki. Bahkan sepanjang tahun 2019 ini tercatat sudah ada 199 domain yang diblokir Bappebti tersebut. Termasuk Binomo sebagai salah satunya.

 

Nah, berkaca dari kasus Binomo investasi ilegal tersebut ada baiknya kamu untuk berhati-hati dalam berinvestasi. Terutama untuk reksadana. Sebaiknya, kamu pilih perusahaan reksadana seperti Xsaver yang sudah mengantongi izin pasti dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan lembaga terkait lainnya. Selain itu, kemudahan berinvestasi dengan iming-iming yang tidak terlalu muluk. Selamat berinvestasi dan semoga bermanfaat.

 

 

Photo Credit: Pixabay