fbpx

Bibit Kekayaan Ala Bob Sadino yang Perlu Kamu Terapkan

Bibit Kekayaan Ala Bob Sadino yang Perlu Kamu Terapkan

Bambang Mustari Sadino atau Bob Sadino menjadi sosok pebisnis yang sangat populer di Indonesia. Bukan hanya karena penampilannya yang nyentrik, tapi juga kisah kesuksesan hidupnya berhasil menginspirasi banyak orang. Apakah kamu termasuk salah satunya? Jerih payah dan kerja keras Bob Sadino ternyata hanya segelintir dari beberapa bibit kekayaan yang diterapkan. Lantas, apa lagi yang perlu diterapkan untuk bisa meniru kesuksesan Bob Sadino?

Mengenal dan mencintai diri sendiri

Salah satu bibit kekayaan terbesar yang harus dimiliki sebelum kamu menekuni dunia bisnis, yaitu mengenal dan mencintai diri sendiri. Maksudnya, sebelum kamu mengeluhkan kinerja orang lain, pastikan kalau kamu memiliki performa yang baik dan stabil. Dengan mengenal dan mencintai diri sendiri, kamu bisa memahami hal-hal apa saja yang sesuai dengan skill yang kamu miliki. Sebagai hasilnya, ketika berbisnis kamu akan terjun secara maksimal dan menerapkan segala skill juga kemampuan yang dimiliki.

Selalu berpikiran terbuka

Tentu saja, setiap manusia memiliki pola pemikiran berbeda. Inilah sebabnya kamu harus bisa untuk selalu terbuka terhadap segala kritik dan saran yang didapatkan. Melalui pikiran yang terbuka ini kamu lebih muda untuk mendengar pendapat orang lain. Sekali pun sudah berpengalaman, Bob Sadino misalnya, juga masih berbuat kesalahan. Adanya masukan dari orang lain tentu akan membantu kamu untuk memperbaiki kualitas diri, sehingga performa kerja pun jadi lebih baik.

Jangan banyak bicara!

Kamu pasti pernah mendengar pepatah ‘Tong Kosong Nyaring Bunyinya’, pepatah ini ternyata juga sangat mempengaruhi Bob Sadino dalam menerapkan bibit kekayaan. Dilihat dari penampilannya saja, ia selalu mengenakan celana pendek dan kemeja yang jauh dari mewah. Padahal kalau pun mau, Bob Sadino bisa tampil mewah dengan brand-brand mahal. Tapi, ia lebih memilih untuk menjadi kaya daripada sekadar ‘terlihat’ kaya dengan tidak banyak bicara atau menonjolkan kekayaannya melalui tampilan sehari-hari.

Uang bukan segalanya

Bob Sadino adalah sosok yang sering mengungkapkan jika bisnis dapat dimulai dengan modal dengkul. Artinya, selama kamu mau bekerja keras dan memiliki tekad yang kuat, maka bukan hal yang mustahil untuk menjadi sukses. Uang bukan segalanya bagi Bob Sadino, jauh lebih penting adalah bagaiman ia bisa berinvestasi termasuk dengan selektif dalam memilih karyawan yang bekerja di perusahaannya. Bagi Bob Sadino, memilih SDM berkualitas juga merupakan investasi berharga yang perlu diperhatikan oleh pebisnis, di samping keuntungan finansial yang ditargetkan.

Berhenti bermalas-malasan

Kesalahan terbesar yang membuat pebisnis gagal yaitu  ketika ia malas untuk bertindak. Sering kali ketika sudah memiliki karyawan pebisnis hanya akan menyampaikan teori, menyusun rencana, tapi tidak mengeksekusinya sendiri. Akibatnya usaha yang digeluti tidak akan pernah maju. Oleh karena itu, ketekunan juga menjadi bibit kekayaan yang harus dimiliki oleh setiap pebisnis. Karena sukses hanya akan datang pada mereka yang mau berusaha dan tidak mudah putus asa.

 

Jadi, sudahkah kamu menerapkan bibit kekayaan ala Bob Sadino tadi untuk menjadi sosok pebisnis sukses? Pastikan kamu sudah mempelajari hal-hal tersebut dengan baik dan benar, sehingga dapat menerapkan bibit kekayaan tadi secara optimal. Terlepas dari apapun bidang usaha yang digeluti, tidak ada salahnya untuk mengikuti jejak langkah kesuksesan yang sudah berhasil dibuktikan oleh Bob Sadino. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

 

Photo Credit: Pexels