fbpx

Biaya Tak Terduga yang Muncul Saat Mudik Lebaran

Biaya Tak Terduga yang Muncul Saat Mudik Lebaran

Biaya Tak Terduga yang Muncul Saat Mudik Lebaran

Mudik Lebaran jadi saat yang ditunggu untuk bisa bertemu keluarga besar, apalagi setelah lama tidak bisa bertatap muka langsung. Tapi, adanya virus corona membuat rencana mudikmu batal kali ini. Kamu mungkin baru bisa mudik setelah situasi membaik dan virus corona hilang. Meski begitu, tetap ada biaya tak terduga saat mudik yang pasti kamu butuhkan di tahun ini. Apa saja?

Kuota data dan pulsa

Salah satu biaya tak terduga saat mudik Lebaran di situasi yang sedang ada corona seperti ini adalah kuota data dan pulsa untuk menelepon. Kamu mungkin tinggal di kota atau bahkan pulau yang berbeda dari orang tua. Saudaramu juga kebetulan sudah punya keluarga sendiri dan tinggal terpisah dari orang tua. Maka, untuk merayakan Lebaran bersama, kamu bisa telepon atau video call dengan mereka.

Meski tidak bisa bertemu secara langsung, sekarang sudah ada banyak aplikasi untuk memfasilitasi pertemuan online dengan banyak orang. Kamu bisa jadwalkan kapan mau video call dengan seluruh saudara. Ajak semua saudara dan keluarga untuk gabung video call ini sebagai pengganti kumpul keluarga saat Lebaran tiba. Tapi, perhitungkan baik-baik, ya, biaya untuk beli kuota internet.

Angpao untuk keponakan

Angpao untuk keponakan

Meski tidak bisa bertemu langsung, tradisi memberikan angpao Lebaran masih tetap bisa berjalan, lho! Caranya, coba kirim angpao tersebut melalui transfer ke orang tua untuk diberikan ke keponakan, atau secara langsung ke anak yang diberikan angpao. Nah, ini bisa masuk ke biaya tak terduga saat mudik. Meski tidak ada anggaran untuk biaya perjalanan mudik, kamu tetap butuh budget untuk berkirim angpao ke keponakan dan saudara lainnya.

Jajan untuk keluarga di rumah

Tidak bertemu langsung bukan berarti berhenti silaturahmi dengan keluarga, apalagi dengan orang tua. Untuk mengurangi rasa kecewa karena tidak bisa mudik, kamu bisa kirimkan jajanan atau makanan ringan ke orang tua. Coba ingat camilan apa yang sangat disukai oleh orang tua saat Lebaran tiba atau kue kering khas Lebaran yang paling mereka tunggu.

Beberapa hari menjelang Lebaran, atau bahkan pertengahan Ramadan, kamu bisa beli kue tersebut dan kirimkan ke orang tua di rumah. Bingkisan kecil ini akan sedikit mengobati rasa rindu orang tua padamu. Jangan lupa kemas dengan rapi dan aman untuk menghindari kue rusak atau hancur selama proses pengiriman.

Biaya kesehatan

Biaya kesehatan

Sakit itu bisa datang kapan saja, termasuk saat Lebaran. Jangan karena Lebaran kamu jadi lengah dengan situasi darurat dan tidak memiliki persiapan sama sekali. Sebaliknya, akan bagus kalau kamu tetap menyiapkan bujet kesehatan, kapan pun dan di mana pun. Bujet kesehatan ini bisa masuk ke bujet dana darurat atau pengeluaran tetap tiap bulan. Pastikan biaya kesehatan ini disimpan di tabungan atau investasi likuid agar pencairan bisa dilakukan kapan saja.

 

Ngomong-ngomong soal dana kesehatan dan biaya tak terduga saat mudik, dua pengeluaran ini sebenarnya tidak sangat mengejutkan kalau kamu sudah punya persiapan sebelumnya. Contohnya persiapan dengan cara investasi reksadana pasar uang melalui instrumen likuid; surat utang berjangka waktu setahun dan deposito. Kapan pun kamu butuh dana, investasi reksadana pasar uang ini bisa dicairkan. Investasi reksadana ini juga punya keuntungan imbal hasil yang cenderung lebih tinggi daripada tabungan konvensional. Jadi, bakal lebih untung! Kamu bisa pakai Xsaver untuk investasi dari rumah saja, ya, Xultan!