fbpx

Berapa Minimum Investasi Reksadana? Apakah Butuh Modal Besar?

Berapa Minimum Investasi Reksadana? Apakah Butuh Modal Besar?

Berapa Minimum Investasi Reksadana? Apakah Butuh Modal Besar?

Performa reksadana sebagai salah satu bentuk investasi tidak perlu diragukan lagi. Namun, karena potensi keuntungan yang menjanjikan tersebut, beberapa orang-orang pun bertanya-tanya berapa minimum investasi reksadana. Mereka khawatir jika investasi reksadana membutuhkan modal yang besar. Padahal, kenyataannya tidak seperti itu, lho. Justru sebenarnya reksadana termasuk bentuk investasi yang cukup affordable sehingga cocok untuk para pemula.

Tergantung dari jenis reksadana dan perusahaan penyedia

Jawaban atas pertanyaan terkait berapa minimum investasi reksadana sebetulnya tidaklah pasti. Semua tergantung pada jenis reksadana dan perusahaan penyedia layanan reksadana. Yes, Xultan, bagi yang belum tahu, reksadana memang terdiri dari empat jenis, yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana saham.

Nah, berapa minimum investasi reksadana ini bisa berbeda antara jenis-jenis tersebut. Belum lagi sekarang juga hadir cukup banyak perusahaan penyedia layanan reksadana di Indonesia, yang tentu saja menawarkan harga berbeda.

Nominal terjangkau kalau investasi pakai Xdana

Nominal terjangkau kalau investasi pakai Xdana

Namun, kamu tidak perlu khawatir kalau berinvestasi reksadana melalui Xdana, Xultan. Xdana merupakan perusahaan aplikasi mobile reksadana yang menawarkan beberapa produk sekaligus. Untuk reksadana pasar uang, misalnya, kamu bisa menggunakan aplikasi Xsaver. Berapa minimum investasi reksadana yang harus kamu siapkan? Cuma Rp50 ribu saja! Tidak lebih mahal dari biaya nongkrong sehari-hari kamu, kan?

Ada lagi Xdana Pro, aplikasi reksadana campuran yang tidak kalah menarik di coba. Modal awalnya memang sedikit lebih tinggi, yaitu Rp100 ribu. Walaupun begitu, jumlah tersebut sepadan dengan potensi keuntungan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan reksadana pasar uang.

Modal minimum, bisa top up saldo investasi pakai Gopay

Asyik, kan, investasi reksadana dengan menggunakan aplikasi dari Xdana? Tidak cuma modalnya yang terjangkau, cara top up saldonya pun super gampang. Selain transfer bank, kamu juga bisa top up menggunakan Gopay. Cukup buka aplikasi, klik Top Up, dan pilih opsi Gopay. Pastikan saja saldo Gopay-mu masih mencukupi, ya!

Kamu juga tidak perlu khawatir soal keamanan karena Xdana telah terdaftar dan mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bahkan ada juga Izin Penyelenggara Sistem Elektronik dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Bunga reksadana bisa capai lebih dari 5% per tahun

Bunga reksadana bisa capai lebih dari 5% per tahun

Kamu sudah tahu berapa minimum investasi reksadana, khususnya jika menggunakan aplikasi seperti Xsaver dan Xdana Pro. Lalu, dengan modal yang terjangkau, berapa banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari investasi reksadana? Well, mengingat sifatnya yang fluktuatif, rate return reksadana bisa terus berubah. Namun, pada reksadana pasar uang seperti Xsaver yang fluktuasinya relatif stabil, perubahan rate pun biasanya tidak terlalu drastis.

Sebagai aplikasi reksadana pasar uang, Xsaver menawarkan produk reksadana Mandiri Investa Pasar Uang, dengan Citibank sebagai bank kustodian. Nah, dalam enam bulan, produk tersebut bisa memberikan keuntungan sampai kurang lebih 2,75% (data diambil pada 17 Maret 2020). Semakin lama tenornya, maka semakin banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa mendapat keuntungan mencapai kira-kita 5,68% dalam lima tahun, 16,06% dalam tiga tahun, dan 31,04% dalam lima tahun.

 

Sekarang sudah terjawab dengan jelas, kan, berapa minimum investasi reksadana dan modal yang harus kamu persiapkan? Kalau pakai Xsaver, sih, kamu tidak perlu bingung mengingat modal awalnya yang super terjangkau. Yuk, buruan download aplikasi Xsaver di App Store atau Google Play Store!