fbpx

Apa Manfaat Reksadana Pasar Uang untuk Investor?

Apa Manfaat Investasi Reksadana Pasar Uang yang Bisa Kamu Dapatkan?

Apa Manfaat Reksadana Pasar Uang untuk Investor?

Robert Kiyosaki, seorang motivator, investor, dan penulis buku Rich Dad, Poor Dad pernah mengatakan betapa pentingnya investasi bagi finansial seseorang. Menurutnya, “To obtain financial freedom, one must either a business owner, an investor, or both. This to generate passive income on a monthly basis.” Apa manfaat investasi reksadana pasar uang menurutnya adalah untuk mencapai kebebasan finansial dengan mendapatkan passive income setiap bulan.

Memang, investasi reksadana pasar uang adalah cara bagaimana kamu bisa mencetak keuntungan tanpa melakukan pekerjaan berat. Bisa dikatakan ini adalah tabungan kedua sebagai persiapan kebutuhan ekonomi di masa depan. Tidak mungkin, kan, kamu hanya menggantungkan kebutuhan hidup dari satu pekerjaan saja? Apa lagi di tengah kondisi ekonomi yang makin tergerus inflasi. Supaya lebih yakin, berikut manfaat lain dari berinvestasi.

Bersiap dari efek inflasi

Sudah bukan rahasia kalau angka inflasi kian naik tiap tahunnya. Hal ini tentu saja berpengaruh pada harga barang kebutuhan pokok dan juga biaya kebutuhan lain. Sebut saja dana pendidikan yang setiap tahun semakin naik. Kalau tidak dipersiapkan dengan matang, bisa-bisa kebutuhan seperti ini tidak akan terpenuhi.

Investasi menawarkan keuntungan yang di atas inflasi. Dengan pengelolaan dana yang baik dari manajer investasi, tingkat suku bunga pengembalian kepada investor bisa lebih besar dari nilai inflasi. Sehingga, bisa meningkatkan pertumbuhan uang hingga mengalahkan pesatnya laju inflasi.

Sebagai sumber passive income 

Sebagai sumber passive income 

Investasi sudah tidak diragukan kalau mau dijadikan pilihan sumber passive income. Misalnya, kamu menyisihkan sekian persen dari gaji untuk investasi. Investasi reksadana pasar uang yang kamu lakukan dari sebagian gajimu ini akan menghasilkan sumber penghasilan lain selain dari pekerjaan utama. Uangmu akan selalu bertumbuh dan kamu tetap punya simpanan uang.

Menyiapkan kebutuhan masa depan

Di masa depan, kebutuhanmu akan semakin banyak. Finansial pun harus disiapkan dengan baik kalau kamu tidak mau susah payah bekerja mencari uang untuk memenuhi segala kebutuhan tersebut. Mungkin saat ini kamu masih single, but sooner or later, kamu bakal menikah dan punya anak. Keluarga butuh biaya yang cukup untuk hidup. Begitu pula dengan anak yang butuh pendidikan. Kamu harus bersiap juga dengan kemungkinan anak sakit, ada musibah bencana alam, dan lain-lain.

Dana pensiun di masa tua

Dana pensiun di masa tua

Siapa yang berpikir kalau sudah tua tinggal mengandalkan pekerjaan anak untuk bertahan hidup? Ingat, anak bukanlah sebuah instrumen investasi. Kalau mau investasi, kamu harus lakukan pada diri sendiri. Contohnya, nabung reksadana sedini mungkin. Semakin lama, semakin kamu tua dan pensiun, investasimu ini pun berkembang. Akan sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan di masa tua. Jangan andalkan pekerjaan anak karena kamu akan menciptakan generasi sandwich berikutnya.

Mencapai kebebasan finansial 

Kamu sudah merasa cukup dengan penghasilan saat ini untuk memenuhi biaya hidup? Well, kalau jawabannya belum, maka kamu belum mencapai apa yang namanya kebebasan finansial atau financial freedom. Uangmu masih sangat terbatas untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Tapi, apa manfaat investasi reksadana pasar uang adalah memberimu kesempatan meraih financial freedom. Kamu bisa mendapatkan keuntungan tambahan dari investasi dan fokus menggunakan gaji untuk kebutuhan. Masalah gaya hidup dan biaya lain-lain, bisa ambil dari reksadana.

 

Jadi begitu, Xultan, apa manfaat investasi reksadana pasar uang adalah untuk kualitas hidup kamu sendiri! Kamu bisa lebih sejahtera, meningkatkan kualitas hidup, dan tidak pusing masalah biaya. Reksadana akan membantumu mewujudkan segala keinginan finansial yang awalnya tidak mungkin!  Download aplikasi investasi Xsaver di Play Store atau App Store. Install lalu mulai investasi dengan Rp50 ribu saja!