fbpx

5 Tips Mengadakan Buka Bersama Saat Ramadan dengan Keluarga

5 Tips Mengadakan Buka Bersama Saat Ramadan dengan Keluarga

5 Tips Mengadakan Buka Bersama Saat Ramadan dengan Keluarga

Ramadan 2020 bakal berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pandemi corona mengharuskan kita untuk stay dulu di rumah. Rencana buka bersama saat Ramadan di kafe, restoran, atau hotel pun terpaksa harus dibatalkan. Memang sedih, sih, rasanya, tapi keceriaan Ramadan tetap bisa kamu rasakan, kok. Kamu masih dapat mengadakan buka puasan dengan keluarga di rumah. Dengan perencanaan yang tepat, dijamin acara buka bersama bakal berlangsung seru.

Sesuaikan jadwal masing-masing anggota keluarga

Sesuaikan jadwal masing-masing anggota keluarga

Demi mematuhi anjuran pemerintah untuk physical distancing agar virus corona tidak menyebar, banyak perusahaan di Indonesia yang mewajibkan para karyawannya untuk bekerja dari rumah alias work from home. Jadi, walaupun kamu dan anggota keluarga lain stay di rumah, kemungkinan kalian tetap sibuk bekerja.

Oleh sebab itu, luangkan waktu dengan keluarga di rumah untuk menentukan jadwal buka bersama saat Ramadan agar tidak bentrok dengan kepentingan lain. Tentukan juga seberapa sering buka bersama bakal diadakan. Karena walaupun stay di rumah selama Ramadan, ada kemungkinan kamu tidak bisa ikut buka bersama karena keperluan pekerjaan atau lainnya.

Tentukan area untuk buka bersama

Lokasi menjadi salah satu penentu kesuksesan acara buka puasa bersama saat Ramadan. Memang, kamu tidak bisa keluar ke mana-mana selama pandemi corona ini. Namun, kalau ada area di rumah yang bisa dijadikan tempat buka puasa secara proper, kenapa tidak? Bagi yang punya halaman di belakang rumah, coba adakan buka puasa dengan konsep piknik. Ruang keluarga juga bisa dijadikan area buka puasa sambil menonton TV bersama.

Ajak anggota keluarga lain lewat video call

Apabila memungkinkan, ajak anggota keluargamu yang lain untuk join buka bersama saat Ramadan melalui video call, terutama bagi yang keluarga besarnya tinggal di luar kota. Kabari mereka sejak jauh-jauh hari agar bisa mempersiapkan diri. Pastikan juga koneksi internet kamu dan keluarga di sana cukup stabil agar nanti bisa berkomunikasi dengan baik selama sesi buka puasa virtual. Namun, dengan catatan, keluarga kamu tinggal di kota yang tidak punya perbedaan waktu dengan kota tempat tinggalmu.

Masak sendiri untuk menghemat pengeluaran

Masak sendiri untuk menghemat pengeluaran

Menu makanan tentunya menjadi bintang utama di acara buka bersama saat Ramadan. Kalau mau praktis, sih, kamu dan keluarga bisa beli makanan via delivery atau mengandalkan jasa ojek online. Namun, bakal lebih oke kalau kamu dan keluarga memasak menu buka puasa sendiri. Aktivitas memasak bersama juga bisa sekalian jadi momen family time yang seru.

Di samping itu, memasak menu sendiri pun bakal membantu menghemat pengeluaran. Lumayan, kan, kamu jadi bisa menggunakan sisa uang untuk berinvestasi? Apalagi di tengah kondisi ekonomi yang tidak pasti akibat pandemi, sebaiknya lakukan penghematan semaksimal mungkin. Alokasikan uang untuk investasi, manfaatkan aplikasi seperti Xsaver yang memungkinkan kamu untuk berinvestasi reksadana pasar uang lewat smartphone.

Lebih meriah dengan acara tukar kado

Siapa bilang buka bersama saat Ramadan di rumah tidak bisa berlangsung seru? Selain menghidangkan menu masakan yang lezat, kamu juga bisa menambahkan sesi tukar kado agar acara jadi lebih berkesan. Tentunya tidak perlu belanja keluar rumah, kamu bisa melakukan online shopping sebelumnya. Agar tidak memberatkan keuangan, tentukan maksimal bujet yang disepakati bersama dengan keluarga. Misalnya, kado yang dibeli harus berharga maksimal Rp50 ribu saja.

 

Walaupun tidak bisa merayakan Ramadan 2020 secara leluasa seperti tahun-tahun sebelumnya, kamu masih bisa mengadakan buka bersama saat Ramadan dengan keluarga di rumah. Terapkan tips-tips di atas agar acara buka puasa bersama jadi lebih hangat dan berkesan. Selamat berbuka puasa, Xultan!