fbpx

5 Situs Kursus Online Gratis untuk Tambah Skill Selama #DiRumahAja

5 Situs Kursus Online Gratis untuk Tambah Skill Selama #DiRumahAja

5 Situs Kursus Online Gratis untuk Tambah Skill Selama #DiRumahAja

Selama di rumah saja, pilihan aktivitas yang bisa kamu lakukan tentu saja sangat terbatas. Setelah selesai bekerja, kamu mungkin merasa bingung dan tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Soalnya, kalau kehidupan normal, setelah bekerja kamu bisa pergi dengan teman atau nongkrong sebentar di mall. Sayangnya, selama work from home (WFH), kamu tidak bisa melakukan aktivitas ini. Cara terbaik untuk memanfaatkan waktu luang yang kamu miliki adalah dengan menambah skill serta pengetahuan dari situs kursus online gratis berikut ini!

Coursera

Pilihan situs kursus online gratis yang pertama adalah Coursera. Situs pembelajaran ini sudah sangat terkenal karena memiliki banyak sekali pilihan kelas yang ditawarkan. Kamu bisa menemukan lebih dari 3.900 kelas yang dapat kamu pelajari, mulai dari data analisis, sekolah seni, marketing, desain grafis, dan lain-lainnya. Asyiknya, setelah kamu menyelesaikan satu kelas, kamu akan mendapatkan sertifikat bukti pencapaian.

Platform pembelajaran online di Amerika yang didirikan oleh professor Stanford Andrew dan Daphne Koller pada tahun 2012 ini sebenarnya adalah kursus berbayar yang mengharuskan pengguna melakukan pembelian sebelum bisa mengakses kelas. Tapi selama pandemi virus corona kemarin, Coursera menawarkan beberapa kelas gratis yang bisa diakses oleh siapa saja secara cuma-cuma.

Class Central

Class Central

Selain Coursera, situs kursus online gratis juga disediakan oleh Class Central. Platform online learning ini merupakan kursus online nomor satu di dunia yang menyediakan beragam kursus online di berbagai macam bidang seperti sastra, bisnis, seni dan desain, serta masih banyak yang lainnya. Kamu tinggal memilih sendiri mana kelas yang ingin dipelajari. Selama wabah virus corona berlangsung, Class Central membuka akses gratis pada beberapa kelas yang menjadi pilihan. Tentu saja, kursus gratis ini cocok untuk menemani kamu ketika sedang menjalani masa karantina.

Alison

Alison adalah situs kursus online gratis yang menyediakan pembelajaran dari platform Google. Ada berbagai macam kategori kursus yang tersedia, mulai dari bisnis, kesehatan, matematika, dan yang lainnya. Di samping itu, Alison juga menyediakan tipe kursus yang beragam seperti kursus bersertifikat, diploma, dan kursus secara bertahap. Kalau kamu tertarik dengan perusahaan Google, tidak ada salahnya mengambil kelas online lewat Alison.

Fender Play

Fender Play

Fender adalah nama salah satu merek gitar ternama di dunia. Tidak hanya menjual gitar, Fender juga membuka kursus online gratis di bidang musik melalui website Fender Play. Pilihan alat musik yang ditawarkan pun beragam, ada gitar, bass, dan ukulele. Kamu bisa mengakses kelas musik gratis di Fender Play selama tiga bulan pertama untuk pengguna baru. Agar tetap gratis, kamu bisa membatalkannya setelah tiga bulan.

edX

Pilihan terakhir situs kursus online yang dapat diakses secara free selama pandemi virus corona adalah edX. Dengan edX, kamu dapat mengakses lebih dari 2.500 kursus dengan berbagai bidang yang disajikan, seperti ilmu komputer, seni, budaya, bisnis, manajemen, dan desain. Platform online learning ini bakal sangat cocok untuk mengembangkan diri selama di rumah saja.

Menariknya, edX juga termasuk situs pembelajaran online yang sudah banyak dipilih oleh profesional karena secara khusus telah bekerja sama dengan 140 institusi di dunia. Kelas yang ditawarkan sebenarnya berbayar, di mana pengguna harus melakukan pembelian terlebih dahulu. Tapi selama pandemi, edX menyediakan banyak kelas yang dapat diakses secara gratis.

 

Itulah tadi lima situs kursus online gratis yang bisa menemani kamu selama beraktivitas di rumah saja. Mumpung ada kelas online gratis, kamu bisa pakai uang yang ada sebagai modal investasi reksadana pasar uang di aplikasi Xsaver. Murah saja, kok, hanya butuh Rp50 ribu untuk top up modal awal. Download aplikasi Xsaver sekarang juga melalui Play Store dan App Store!