fbpx

5 Langkah Cara Menggunakan Aplikasi Xsaver untuk Investasi

5 Steps Cara Menggunakan Aplikasi Xsaver untuk Investasi

5 Langkah Cara Menggunakan Aplikasi Xsaver untuk Investasi

Ada banyak hal di dunia ini yang bisa kamu lakukan dengan aplikasi smartphone. Pesan tiket pesawat, booking hotel, beli tiket nonton, hingga order makan siang kalau lagi mager bisa pakai aplikasi. Rasanya tiada hari berlalu tanpa pakai aplikasi smartphone. Bagaimana dengan investasi? Apakah bisa pakai smartphone saja? Tentu bisa. Ini berkat hadirnya Xsaver sebagai pilihan aplikasi investasi reksadana untuk para pemula. Bagaimana cara menggunakan aplikasi Xsaver untuk investasi?

Unduh dan install aplikasi Xsaver

Aplikasi Xsaver bisa diunduh secara gratis di Google PlayStore maupun App Store. Cukup ketikkan “Xsaver” dan pilihan pun akan muncul. Aplikasi Xsaver yang resmi dan benar adalah yang dikembangkan oleh PT Xdana Investa Indonesia, dengan logo yang sama dengan Xdana, dalam kotak berwarna oranye. Lalu, penamaan aplikasinya di Google PlayStore dan App Store adalah “Xsaver – Aplikasi Reksadana”. Selain ciri di atas, itu bukan aplikasi Xsaver.

Daftarkan diri sebagai nasabah

Daftarkan diri sebagai nasabah

Kalau sudah berhasil download dan install Xsaver, kamu bisa ikuti proses registrasi akun sekaligus juga pendaftaran diri sebagai nasabah. Di awal, kamu akan diminta untuk set email, password, PIN, kode akses, dan lainnya. Ikuti juga langkah registrasi di aplikasi Xsaver untuk proses pendaftaran nasabah. Ini termasuk input data diri pribadi, rekening yang digunakan transfer pencairan, alamat tempat tinggal, dan lain sebagainya.

Jangan khawatir ribet atau rumit. Semua proses registrasi akan diarahkan secara detail dan jelas. Steps-nya pun tidak banyak. Kamu tinggal ikuti saja instruksi yang diminta. Karena ini aplikasi, jadi proses registrasi ini bisa dilakukan di mana saja serta kapan saja. Mau itu di jalan saat pergi ke kantor, saat makan siang, atau malam hari sambil rebahan.

Top up pertama kali pakai Gopay 

Selamat, kini kamu sudah resmi terdaftar sebagai investor reksadana pasar uang dan nasabah Xsaver! Cara menggunakan aplikasi Xsaver yang berikutnya adalah top up. Ini adalah istilah yang digunakan ketika investor menambah modal untuk membeli investasi reksadana. Kalau pakai Xsaver, nominal minimal top up sangat murah, yaitu Rp50 ribu saja.

Bagaimana cara untuk menambah dana investasi reksadana ini? Kamu tinggal buka aplikasi Xsaver dan klik pada menu “Top Up”. Masukkan nominal Rp50 ribu. Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang kamu inginkan. Di sini ada beberapa pilihan, tapi yang paling disarankan, sih, pakai Gopay. Soalnya, lebih mudah, aman, dan gratis biaya transaksi. Buat yang baru mulai investasi dengan modal kecil, gratis biaya transaksi pasti amat meringankan.

Pantau pertumbuhan investasi

Pantau pertumbuhan investasi

Kalau sudah top up dan transaksi pembelian reksadana untuk pertama kali, selanjutnya apa yang harus dilakukan? Kamu bisa pantau pertumbuhan investasi. Meski sudah ada peran seorang manajer investasi yang mengelola seluruh modal, kamu tetap perlu memantau perkembangan investasi. Bukankah ada tujuan finansial mengapa kamu investasi? Kalau kamu tidak rajin pantau, bagaimana bisa tahu tujuan investasimu sudah tercapai?

Selagi memantau, kamu juga bisa kalau misalnya mau beli atau jual reksadana. Ini termasuk dalam strategi investasi yang diterapkan investor. Saat reksadana pasar uang grafik performanya naik, kamu bisa tambah modal investasi. Saat tujuan tercapai, kamu bisa cairkan agar bisa menikmati transfer keuntungan reksadana.

Aman, sudah terdaftar di OJK

Cara menggunakan aplikasi Xsaver yang gampang juga diikuti dengan jaminan legalitas. PT Xdana Investa Indonesia, selaku pengembang aplikasi Xsaver, telah mendapat tiga izin resmi dari OJK, yaitu izin sebagai Perusahaan Sekuritas, Penasihat Investasi, dan Agen Penjual Reksa Dana. Xdana juga telah mengantongi izin dari Kemkominfo sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik. Semuanya sudah resmi dan dijamin aman.

 

Kamu sudah tidak perlu pusing lagi memikirkan bagaimana cara menggunakan aplikasi Xsaver. Semuanya sudah lengkap dijelaskan di atas. Kalau mau investasi reksadana pasar uang sekarang juga, bisa download Xsaver secara gratis melalui smartphone kamu. Happy investing!