fbpx

5 Fakta Penting DANA Dompet Digital Indonesia

5 Fakta DANA, Dompet Digital Indonesia

5 Fakta Penting DANA Dompet Digital Indonesia

Sejak diluncurkan pada Desember 2018, hingga akhir 2019 lalu jumlah pengguna DANA dompet digital Indonesia telah mencapai sekitar 35 juta orang. DANA memang cukup gencar melakukan promosi, termasuk bekerja sama dengan banyak online dan offline merchant. Transaksi yang bisa dilakukan pun tidak sekadar untuk belanja, tapi juga bisa untuk membayar tagihan bulanan hingga investasi. Jadi semakin tertarik menggunakan DANA, kan? Sebelum download aplikasinya, yuk kenalan dulu lebih jauh dengan DANA!

Produk asli buatan anak bangsa

Pada tahun 2018, sempat muncul rumor anonim bahwa DANA merupakan produk dompet digital asal Cina yang bisa mengancam kedaulatan Indonesia. Padahal, DANA adalah aplikasi dompet digital yang dikembangkan oleh programmer muda Indonesia. Bahkan startup pengembangnya pun berbadan hukum Indonesia, dengan PT Elang Sejahtera Mandiri sebagai investor utamanya (kepemilikan 99%).

FYI, PT Elang Sejahtera Mandiri adalah anak usaha dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK). Nah, EMTEK mempunyai kerja sama dengan Ant Financial, pemilik perusahaan online payment Alipay. Adanya kerja sama ini membuat DANA bisa mendapatkan dukungan teknologi dari Ant Financial, yang teknologinya juga digunakan oleh Alipay. Keandalan dan keamanan teknologi Alipay ini telah diakui di bidang transaksi digital internasional.

Data transaksi dan pengguna tetap berada di Indonesia

Data transaksi dan pengguna tetap berada di Indonesia

Walaupun bekerja sama dengan perusahaan luar negeri, DANA dompet digital Indonesia memastikan bahwa seluruh data transaksi dan penggunanya tetap berada di Indonesia. Begitu juga dengan knowledge sharing di kalangan para programmer-nya. Hal ini dijalankan dengan merujuk pada PP 82/2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE). Selain itu, perlu kamu ketahui pula bahwa baik data center dan data recovery center milik DANA juga berada di Indonesia.

Izin dari BI, kerja sama dengan bank-bank ternama

Sebagai salah satu lembaga teknologi keuangan yang resmi di Indonesia, DANA telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia (BI). Artinya, DANA telah memenuhi ketentuan dan regulasi yang ditetapkan oleh BI.

Salah satunya adalah DANA hanya menyimpan uang yang diletakkan di rekening penampungan (escrow account) untuk saldo pengguna. Jadi, tidak ada uang pihak lain yang tersimpan di DANA. Jumlah dana yang disimpan pun terbatas, sesuai dengan regulasi BI dan standar keamanan. Di samping itu, DANA dompet digital Indonesia pun hanya bekerja sama dengan bank nasional, yaitu BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI, CIMB Niaga, Bank Permata, BTN, Panin Bank, dan Bank Sinar Mas.

Terintegrasi dengan sistem Dukcapil Kementerian Dalam Negeri

Terintegrasi dengan sistem Dukcapil Kementerian Dalam Negeri

DANA dompet digital Indonesia sudah terintegrasi dengan sistem Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, lho. Adanya integrasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan pendaftaran dan verifikasi akun DANA hanya dalam waktu beberapa detik. Bahkan DANA diklaim sebagai satu-satunya platform yang mampu melakukan approval dan registrasi secara real-time. Hal ini diungkapkan oleh CEO DANA, Vince Iswara, seperti yang dikutip dari situs Kompas.

Saldo bisa dipakai investasi reksadana pasar uang

Fakta lain tentang DANA yang juga penting kamu ketahui adalah saldo bisa digunakan untuk investasi reksadana pasar uang. Namun, sebelumnya kamu perlu download aplikasi Xsaver terlebih dulu. Lakukan registrasi dan verifikasi akun, baru setelah itu kamu bisa masuk ke menu Top Up di dalam aplikasi Xsaver. Baru, deh, pilih opsi DANA untuk top up saldo ke akun Xsaver kamu.

Tenang saja, Xultan, minimal jumlah top up-nya hanya Rp50 ribu, kok. Jadi, tidak bakal memberatkan keuangan kamu. Nah, setelah muncul notifikasi bahwa top up berhasil, kamu bisa langsung mulai transaksi investasi reksadana pasar uang di Xsaver. 

 

Dikembangkan oleh startup lokal dengan programmer asal Indonesia, DANA dompet digital Indonesia dirancang untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam melakukan transaksi keuangan. Yuk, download aplikasi DANA sekarang juga!