fbpx

5 Bibit Kekayaan yang Super Mudah Diaplikasikan

Bibit kekayaan, bibit kesuksesan, tips kaya

5 Bibit Kekayaan yang Super Mudah Diaplikasikan

Kamu pasti sudah cukup sering mendengar kalimat “money can’t buy you happiness”. Iya juga, sih, tapi uang juga bisa membeli sneakers, buku, akomodasi traveling, tiket konser, dan hal-hal lain yang membuatmu bahagia. Jadi, wajar saja kalau banyak orang ingin jadi kaya. Kabar baiknya, hal tersebut sama sekali tidak mustahil diwujudkan. Banyak bibit kekayaan yang bisa kamu “tanam” dengan pengaplikasian yang super mudah. Daripada semakin penasaran, langsung saja cek daftarnya di bawah ini!

Anggap tabungan sebagai pajak

Sejak kecil dulu, orang tua menyuruh kita untuk rajin menabung agar cepat kaya. Idealnya, kamu menabung untuk mengumpulkan uang. Namun, pada praktiknya, sering kali kita mengambil sebagian uang di tabungan saat sedang ingin membeli sesuatu yang sebetulnya tidak perlu-perlu amat. Kalau kamu terus melakukan hal ini, tentu bakal sulit untuk menanam bibit kekayaan yang kamu idam-idamkan.

Oleh sebab itu, coba anggap tabungan kamu sebagai pajak. Saat membayar pajak, kamu tidak akan pernah mendapatkan uang kamu kembali. Nah, coba lakukan hal yang sama dengan tabungan kamu. Sisihkan sebagian uang untuk ditabung di rekening terpisah dan anggap saja kamu tidak akan pernah mendapatkan kembali uang tersebut, sampai akhirnya kamu mendapatkannya dalam jumlah banyak suatu hari nanti.

Sisihkan uang kertas terkecil dalam sehari

Coba cek dompet kamu. Lihat berapa nominal terkecil pada uang kertas yang ada di dalamnya. Mau itu Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5,000, atau bahkan Rp2.000 sekali pun, sisihkan langsung ke celengan atau tempat lain yang kamu sembunyikan. Nah, agar kamu bisa konsisten melakukannya, coba atur waktu khusus. Sebaiknya, sih, dilakukan sebelum tidur saat kamu sudah tidak akan melakukan transaksi apa pun lagi di hari itu. Coba lakukan saja selama sebulan, bibit kekayaan kamu pasti bertambah banyak!

Investasi lewat smartphone

Jangan cuma menggunakan smartphone untuk main media sosial atau streaming video. Memang tidak ada yang salah dengan hal tersebut, tapi kenapa kamu tidak memanfaatkan smartphone untuk mengumpulkan bibit kekayaan?

Yes, kamu bisa melakukannya dengan cara investasi! Cukup buka App Store atau Google Play Store pada smartphone, lalu langsung download aplikasi Xdana. Aplikasi satu ini menyediakan layanan investasi reksadana dengan potensi keuntungan di atas rata-rata tabungan. Hanya dengan modal Rp50.000, kamu sudah bisa melakukan investasi reksadana melalui aplikasi Xdana! Tenang saja, Xdana sudah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga aman untuk kamu gunakan.

Perbanyak sumber penghasilan

Sudah bukan zamannya lagi cuma mengandalkan pemasukan bulanan dari satu sumber penghasilan. Kalau memang mau mengumpulkan bibit kekayaan seoptimal mungkin, sudah saatnya kamu mencari sumber penghasilan lain di luar yang kamu punya sekarang. Investasi lewat smartphone, seperti yang disebutkan di atas, merupakan salah satu alternatif yang tepat. Selain itu, kamu juga bisa mencari side job sesuai keahlian.

Misalnya, kalau kamu suka menulis, coba cari sumber penghasilan lain sebagai freelance content writer. Sedangkan bagi yang suka desain, kamu bisa menjadi freelance graphic designer. Kamu yang hobi fotografi bisa menjadi fotografer freelance untuk event seperti pernikahan, pre-wedding session, atau wisuda.

Manfaatkan sebanyak mungkin promo

Selama menanam bibit kekayaan, lantas apakah kamu tidak bisa belanja atau bersenang-senang? Tentu saja tidak! Namun, kamu harus pintar dalam melakukannya. Manfaatkan promo yang ditawarkan merchant atau brand. Sebelum beli, bandingkan promo satu dengan lainnya, lalu pilih yang paling murah. Promo tidak harus selalu diskon, bisa juga berupa potongan harga, but 1 get 1, atau cashback. Dijamin kamu masih bisa berbelanja tanpa harus boros!

 

Agar bisa menuai bibit kekayaan yang optimal, tentunya kamu harus rajin menanam “benih”. Berkomitmenlah terhadap diri sendiri untuk konsisten melakukan berbagai poin di atas. Mungkin memang awalnya terasa sulit, tapi hasil yang kamu dapatkan pun bakal sepadan dengan usaha kamu. Good luck!

 

Photo Credit: Pexels