fbpx

5 Bibit Investasi yang Bisa Kamu Tanamkan Sejak Dini

5 Bibit Investasi yang Bisa Kamu Tanamkan Sejak Dini

Ada banyak cara untuk mencapai kebebasan finansial dan mendapatkan penghasilan tambahan. Di antaranya adalah melalui bibit investasi yang ditanamkan sejak dini. Bibit investasi tersebut ada yang berjangka waktu pendek, menengah, hingga jangka panjang. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bagi kamu yang masih bingung memilih bibit investasi untuk masa depan, berikut ulasannya yang dapat disimak.

Deposito

Investasi pertama yang bisa kamu coba adalah deposito berjangka. Jenis investasi deposito berjangka merupakan deposito di bank dengan bunga yang tinggi jika dibandingkan tabungan pada umumnya. Tanggal jatuh temponya pun jelas, sehingga kamu bisa memperhitungkannya dengan mudah.

Di sisi lain jika kamu ingin mencairkan deposito namun belum jatuh tempo, maka akan terkena penalti dalam jumlah tertentu. Semakin lama dan semakin besar kamu menabung deposito, akan besar pula kesempatan meraih keuntungan yang kamu dapatkan. Keuntungan lainnya adalah bibit investasi ini sangat aman dan tidak ribet.

Properti

Bibit investasi melalui properti juga dinilai sebagai salah satu yang paling menjanjikan. Investasi ini bisa berupa banyak hal. Misalnya saja seperti bisnis kontrakan rumah, apartemen, hingga tanah. Ada dua kelebihan investasi properti, kamu bisa menjualnya ataupun menyewakannya untuk mendapatkan pendapatan pasif.

Hal yang perlu diingat adalah, investasi properti memiliki modal yang cukup besar di awal. Selain itu, investasi properti juga memerlukan perawatan dengan biaya yang tak sedikit pula. Namun, soal keuntungan yang didapat pun sangat sepadan.

Emas

Selain properti, bibit investasi lain yang bisa dilihat adalah investasi emas. Meski tergolong jenis investasi konvensional klasik, namun emas masih diperhitungkan hingga kini. Ini karena emas memiliki tingkat kenaikan harga yang signifikan. Walau gejolak harganya jangka pendek, namun nilai emas dapat bertahan hinga jangka panjang.

Investasi emas juga sangat mudah, kamu cukup membeli emas di ANTAM sebesar yang diperlukan. Kemudian menyimpannya, lalu menjualnya di saat harganya naik dan kamu memerlukannya. Namun, di sisi lain kamu harus benar-benar memperhatikan faktor keamanan saat menyimpannya.

Reksadana

Kalau kamu menginginkan investasi jangka panjang lainnya adalah reksadana. Reksadana ini merupakan investasi yang selanjutnya akan dikelola oleh manajer investasi berpengalaman. Reksadana sendiri terbagi atas beberapa jenis dan tingkat risiko yang berbeda pula. Namun, kamu tak perlu khawatir karena manajer investasi akan memilihkan produk mana yang tepat untuk kebutuhanmu.

Di sisi lain, investasi reksadana hampir mirip dengan membeli saham langsung. Namun, perbedaannya terletak pada pengelolaannya. Meski begitu, reksadana dapat diandalkan karena cenderung aman dan kamu merasa lebih tenang dalam hal pengelolaannya. Khususnya dalam mengelola portofolio.

Saham

Tidak hanya keempat bibit investasi di atas saja, kamu juga bisa mencoba jenis investasi lainnya yang tak kalah menguntungkan. Yakni dengan memiliki saham. Saham ini dapat berupa kepemilikan sebuah perusahaan. Kalau kamu punya saham di perusahaan tertentu, kamu pun berhak mendapatkan keuntungan yang diperoleh.

Meski saham menawarkan nilai return yang tinggi, di sisi lain risikonya pun cukup besar. Sebab, harga saham sewaktu-waktu dapat naik atau turun secara drastis dengan cepat. Untuk berinvestasi saham, sebaiknya kamu perlu mempertimbangkan dengan matang dan sesuaikan dengan kebutuhan dan target yang akan dicapai nantinya.

 

Nah, itulah beberapa bibit investasi yang menguntungkan yang bisa kamu tanamkan sejak dini. Kini, memiliki bibit investasi bisa dengan mudah kamu dapatkan. Salah satunya adalah dengan berinvestasi di Xsaver. Dengan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pengelolaan yang profesional.