fbpx

5 Bibit Investasi yang Bisa Jadi Sumber Passive Income

5 Bibit Investasi yang Bisa Jadi Sumber Passive Income

Usia muda bukan berarti kamu bisa berfoya-foya. Sebaliknya, usia muda harus kamu manfaatkan untuk menanam bibit investasi sebagai passive income. Dengan memiliki passive income sedari muda, kamu bisa memberikan jaminan di hari tua untuk kehidupan yang aman dan nyaman. Jangan sampai, kamu menyia-nyiakan waktu mudamu dengan bersantai dan berfoya-foya, tanpa menanam bibit investasi untuk bekal di hari tua. Kira-kira apa saja bibit yang bisa kamu tanam sebagai passive income? 

Membuka online shop

Sekarang ini, usaha online shop sangat diminati dan laris. Banyak masyarakat yang beralih ke online shop dari toko offline karena berbagai kemudahan yang ditawarkan, Hal ini tentu saja menjadi peluang untukmu menanamkan bibit investasi sebagai passive income dan tabungan untuk kehidupan yang akan datang. Jangan malah memanfaatkan online shop untuk boros belanja, ya! 

Tips untuk kamu yang mau membuka online shop: ketahui barang atau jasa apa yang saat ini sedang banyak peminatnya, namun juga memiliki chance bertahan lama di pasaran. Contohnya saja makanan atau camilan kemasan yang banyak dijual melalui online. Makanan dan camilan kemasan ini laku keras karena simple dan efisien. Kamu bisa menciptakan produk makanan kemasanmu sendiri lalu menjualnya melalui online shop media social maupun marketplace. 

Menjual hasil jepretan foto

Website penyedia foto berbayar seperti Freepik dan Shutterstock bisa kamu manfaatkan sebagai lahan untuk menanam bibit investasi sebagai sumber penghasilan pasif. Terlebih jika kamu sangat menyukai dunia fotografi dan andal dalam memotret. Cukup tangkap banyak gambar dan momen yang indah, lalu lakukan editing untuk mempercantik hasil foto, dan unggah ke platform seperti Shutterstock. Buat portofolio fotomu semenarik mungkin untuk menarik minat orang mengunduh dan menggunakan fotomu. Dengan demikian kamu bisa mendapatkan uang tambahan

Menulis blog 

Siapa bilang menulis blog kini sudah ketinggalan zaman? Buktinya, kegiatan yang satu ini masih banyak diminati. Bahkan jika kamu pandai memanfaatkannya, kamu bisa mendapatkan passive income dari hasil menulis blog. Contohnya saja Blog Mashable milik Pete Cashmore yang sangat terkenal di dunia dan mampu menghasilkan pundi-pundi uang hingga Rp8,12 miliar sampai Rp8.7 miliar. Sangat menarik untuk ditekuni, bukan?

Untuk memulai bibit investasi yang satu ini, kamu bisa posting tulisan sederhana tentang hobi, traveling, memasak, games, atau yang lainnya. Buat supaya unggahan kamu ini menarik banyak minat orang. Sehingga, jika banyak yang tertarik, kamu bisa membuat traffic yang tinggi dan mendapatkan penghasilan darinya. 

Menjadi seorang vlogger 

Vlogger menjadi salah satu pekerjaan yang kini banyak diminati oleh generasi muda. Kuncinya, kamu hanya perlu membuat konten video yang menjadi kesukaan atau expertise-mu serta bisa mengundang banyak viewers. Dengan kemampuan editing yang bagus, serta aplikasi editing yang bisa kamu unduh secara gratis di internet, ciptakan video yang indah dan dapatkan bibit investasi dari sana.  

Memiliki investasi reksadana 

Bibit investasi terakhir yang bisa kamu coba lakukan untuk hidup yang lebih nyaman dan aman adalah reksadana. Saat ini, memulai investasi reksadana terbilang cukup mudah. Sudah ada aplikasi investasi reksadana online Xdana yang bisa membantumu berinvestasi di pasar modal hanya dengan smartphone saja. 

Aplikasi investasi reksadana online Xdana ini memiliki manajer investasi yang akan membantu investor baru sepertimu mengenali profil risiko dan jenis reksadana yang sesuai dengan profil tersebut. Apa itu profil risiko? Profil risiko adalah profil investor yang menunjukkan seberapa besar return yang kamu inginkan dan ketahanan investor terhadap risiko investasi. Semakin besar ketahananmu terhadap risiko investasi semakin tinggi profilmu dan semakin banyak return yang didapat. 

Dengan Xdana, kamu bisa dengan mudah mengenali profil risiko dan memilih investasi reksadana yang tepat. Yuk, download sekarang juga aplikasi reksadana online Xdana

 

Photo credit: Pexels