fbpx

5 Alasan Investasi Reksadana Cocok untuk Mahasiswa

5 Alasan Investasi Reksadana Cocok untuk Mahasiswa

5 Alasan Investasi Reksadana Cocok untuk Mahasiswa

Mayoritas mahasiswa mungkin berpikir bahwa investasi bisa dilakukan nanti saja. Padahal, alasan investasi reksadana tidak perlu menunggu kaya. Kamu juga tidak perlu menunggu nanti ketika dewasa atau punya keluarga untuk mulai reksadana. Asal modal dan kemauan ada, kamu bisa mulai investasi reksadana kapan saja. Kalau tidak percaya, simak di bawah ini alasannya!

Modal awal yang murah

Alasan investasi reksadana untuk mahasiswa adalah modal awalnya yang sangat murah. Saat ini, investasi reksadana pasar uang bisa dengan Rp50 ribu saja. Kamu sudah punya rekening investasi, bisa beli reksadana pasar uang, dan mengumpulkan imbal hasil menguntungkan. Tak perlu khawatir pula akan risikonya karena reksadana pasar uang tergolong investasi tingkat moderat. Ini artinya, reksadana pasar uang minim risiko kerugian. Ada pun fluktuasi, tidak ada pengaruh besar terhadap investasi.

Fluktuasi pasar yang rendah

Fluktuasi pasar yang rendah

Mahasiswa biasanya masih dalam tahap belajar berinvestasi. Oleh sebab itu, harus hati-hati dan mengurangi risiko rugi. Kalau investasi lain sangat dipengaruhi kondisi fluktuasi, maka tidak begitu halnya dengan reksadana pasar uang. Investasi yang satu ini cenderung stabil dan tidak begitu terpengaruh dengan naik turunnya kondisi pasar. Jadi, kamu tidak perlu khawatir investasi akan hilang sama sekali dan tidak ada imbal hasil yang didapat. Kamu tetap bisa untung dengan reksadana pasar uang.

Manajer investasi tepercaya

Alasan investasi reksadana pasar uang sangat cocok untuk mahasiswa yang tergolong investor pemula adalah karena adanya manajer investasi tepercaya. Manajer investasi adalah pihak atau badan hukum resmi yang tugasnya mengelola kumpulan dana dari para investor. Ketika dana dari para investor terkumpul, manajer investasi yang akan memilihkan dan menempatkan investasi kamu di portofolio efek.

Jadi, buat kamu yang ragu mau investasi karena tidak tahu bagaimana cara mengelolanya, cukup percayakan pada manajer investasi. Tugasmu hanyalah top up reksadana di awal dan bulan-bulan berikutnya. Masalah portofolio dan yang lain, itu urusan manajer investasi.

Pencairan kapan saja

Pencairan kapan saja

Dilema yang sering dialami oleh anak kuliah adalah kurangnya dana buat jalan-jalan atau jajan. Mau minta orang tua, malu sudah dewasa. Lalu, bagaimana? Tenang, investasi reksadana bisa diandalkan! Likuiditas reksadana pasar uang sangatlah tinggi. Ini berarti, kamu bisa mencairkan imbal hasil investasi kapan saja. Misalnya, ingin jalan-jalan di akhir tahun untuk ke luar kota atau luar negeri. Kamu bisa, tuh, nabung investasi dulu di reksadana pasar uang. Saat sudah mendekati akhir tahun, bisa cairkan keuntungannya untuk jalan-jalan.

Bisa lewat aplikasi dari Xdana 

Dulu, wajar kalau mau mulai investasi reksadana saja malas. Bagaimana tidak, membuka rekening reksadana saja harus datang langsung ke perusahaan sekuritas atau bank. Butuh waktu untuk antre, mengisi dokumen ini, dan administrasi itu. Belum lagi kalau mau memantau perkembangan investasi reksadana tiap bulan, harus datang lagi ke sana.

Tapi sekarang, zaman sudah berubah, Xultan! Tidak ada lagi yang namanya ribet membuka investasi reksadana di bank atau perusahaan sekuritas. Kamu tinggal download aplikasi investasi reksadana di smartphone, daftarkan diri secara online, dan top up modal awal reksadana dengan Gopay! Serba praktis dan simpel, sambal rebahan juga bisa.

 

Penasaran apa aplikasi investasi dari Xdana yang dimaksud? Namanya Xsaver, aplikasi investasi reksadana online yang sudah mendapat izin resmi dan diawasi langsung oleh OJK. Menempatkan modal di Xsaver tidak perlu ragu lagi, deh, karena sudah ada izin Xdana sebagai Perusahaan Sekuritas, Agen Penjual Reksa Dana, Penasihat Investasi, dan Izin Penyelenggara Sistem Elektronik. Lengkap, kan, alasan investasi reksadana buat mahasiswa ini?