fbpx

4 Prinsip Investasi Aman dan Nyaman yang Penting Diketahui

4 Prinsip Investasi Aman dan Nyaman yang Penting Diketahui

4 Prinsip Investasi Aman dan Nyaman yang Penting Diketahui

Kalau dibandingkan dengan produk tabungan bank konvensional, investasi memang menawarkan keuntungan yang relatif lebih besar. Ini juga yang menjadi alasan banyak orang dalam melakukan investasi. Bahkan kemungkinan besar kamu juga sedang mempertimbangkan untuk memulainya. Namun, penting untuk diketahui bahwa tidak ada cara instan untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari investasi. Jalani saja sambil belajar pelan-pelan. Bekali diri dengan beberapa prinsip investasi di bawah ini! 

Bermain aman dengan diversifikasi investasi

Tujuan berinvestasi adalah untuk mendapatkan keuntungan finansial secara maksimal, bukan? Nah, cara paling aman untuk melakukannya adalah dengan diversifikasi. Bahkan diversifikasi sudah menjadi salah satu prinsip investasi yang sepertinya dilakukan sebagian besar investor. Maksud dari diversifikasi adalah mengalokasikan uang kamu ke lebih dari satu instrumen investasi.

Misalnya, nih, kalau kamu berinvestasi reksadana pasar uang, sebaiknya jangan cuma membeli satu produk. Kamu dianjurkan untuk membeli beberapa produk reksadana pasar uang sekaligus, bisa dalam bentuk deposito, Sertifikasi Bank Indonesia (SBI), atau obligasi yang jangka waktunya tidak lebih dari setahun. Kenapa, sih, kamu harus diversifikasi? Jadi, kalau misalnya ada produk yang nilai return-nya menurun dalam suatu periode, kamu masih bisa mengandalkan keuntungan dari produk lain.

Investasi memang penting, tapi jangan lupakan kebutuhan utama

Investasi memang penting, tapi jangan lupakan kebutuhan utama

Bisa dibilang kalau investasi membantu kamu buat meningkatkan keamanan kondisi keuangan. Walaupun begitu, jangan lupa untuk tetap mengutamakan kenyamanan. Itulah kenapa dalam prinsip investasi kedua ini, kamu dianjurkan untuk tidak boleh melupakan kebutuhan utama. Memang, sih, banyak ahli finansial yang menyarankan untuk langsung menyisihkan gaji bulanan dan mengalokasikannya ke investasi.

Namun, jumlah uang yang kamu sisihkan juga harus realistis. Jangan sampai sisa gaji bulanan justru membuat kamu jadi sulit memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Karenanya, coba luangkan waktu untuk mencatat kebutuhan finansial kehidupan harian. Baru setelah itu sesuaikan dengan persentase uang untuk investasi. Do whatever works for you!

Selalu sesuaikan dengan profil risiko

Kamu pasti sudah familiar banget dengan konsep “high risk, high return” dalam dunia investasi. Setiap jenis investasi punya risiko masing-masing dan semakin tinggi tingkat risikonya, maka semakin besar pula return yang bisa kamu dapatkan. Banyak orang tergiur akan potensi return yang besar sehingga cenderung nekat mengambil investasi berisiko tinggi.

Padahal, sebetulnya tidak semua orang memiliki profil risiko yang sesuai. Bukannya untung, mereka justru shocked duluan ketika mengetahui nilai investasi menurun. Tentu kamu tidak mau hal seperti ini terjadi, kan? Oleh sebab itu, cari tahu profil risiko kamu terlebih dulu. Ada tiga tingkatan profil risiko yang perlu kamu ketahui, yaitu konservatif, moderat, dan agresif. Manakan yang paling sesuai dengan kamu?

Jangan gegabah, cek legalitas perusahaan investasi

Jangan gegabah, cek legalitas perusahaan investasi

Prinsip investasi satu ini mungkin terdengar sepele, tapi sangat penting untuk kamu perhatikan. Perlu kamu tahu bahwa Indonesia masih cukup rawan akan kasus investasi bodong. Banyak masyarakat kita yang mudah tergiur dengan iming-iming return besar dalam jangka waktu pendek, padahal hal tersebut tidaklah masuk akal di dunia investasi. Alhasil, tanpa memedulikan reputasi perusahaan investasi, mereka pun asal mengiyakan tawaran.

Nah, umumnya, perusahaan investasi bodong seperti itu tidak memiliki surat izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Oleh sebab itu, ketika mencari perusahaan investasi, pastikan ia sudah mengantongi izin legal tersebut. Artinya, perusahaan investasi mendapat pengawasan dari OJK dan ia telah memenuhi peraturan yang berlaku. Khusus buat kamu yang berencana berinvestasi online, pastikan juga perusahaan sudah mendapat izin Penyelenggara Sistem Elektronik dari Kemkominfo seperti Xsaver!

 

Yes, investasi memang bisa membantu kamu mencapai tujuan finansial. Namun, jangan lupakan faktor keamanan dan kenyamanan. Keempat prinsip investasi di atas bisa membantu kamu untuk melakukan hal tersebut. Semangat berinvestasi ya, Xultan!