fbpx

4 Pengeluaran Keuangan Ekstra Saat Pandemi Corona

4 Pengeluaran Keuangan Ekstra Saat Pandemi Corona

4 Pengeluaran Keuangan Ekstra Saat Pandemi Corona

Selama work from home, pengeluaran untuk transportasi dan nongkrong di café memang jauh berkurang. Tapi, bukan berarti pos pengeluaranmu jadi lebih kecil dari sebelumnya. Malah, ada pengeluaran keuangan ekstra yang dipakai untuk menunjang kegiatan selama di rumah saja. Tanpa sadar, pengeluaran ini memakan anggaran transportasi dan nongkrong yang awalnya tidak terpakai. Kira-kira, apa saja pengeluaran tersebut?

Makanan

Seharian beraktivitas di rumah tentu saja yang terpikirkan adalah makanan, camilan, dan minuman. Belum lagi pembatasan aktivitas di luar rumah yang membuatmu tidak leluasa pergi belanja makanan setiap waktu. Ujung-ujungnya, kamu menyetok makanan dalam jumlah banyak untuk beberapa waktu ke depan. Entah kamu sadari atau tidak, menyetok bahan pangan dalam jumlah banyak ini akan memengaruhi aliran arus kas.

Anggaran yang kamu keluarkan itu akan menumpuk pada satu pos pengeluaran. Alhasil, pos pengeluaran lain jadi terganggu. Anggap kamu biasa mengeluarkan uang Rp500 ribu untuk beli bahan makanan. Karena ingin menyetok agar tidak sering-sering keluar rumah, kamu akhirnya beli banyak sekaligus dan mengeluarkan Rp1 juta lebih. Tentu saja arus kas untuk pos lainnya akan terganggu.

Kuota internet

Kuota internet

Xultan yang aktif bekerja dari rumah sudah pasti merasakan bagaimana kuota internet menyedot pengeluaran keuangan setiap bulan. Mulai dari online meeting, balas chat di grup kantor, aplikasi untuk absensi online, aplikasi pembagian tugas, semuanya membutuhkan internet. Alhasil, anggaran untuk memenuhi kebutuhan kuota internet ini akan naik. Belum lagi kalau sudah berkeluarga dan ada pasangan serta anak yang membutuhkan internet. Sudah pasti akan tambah tinggi tagihannya.

Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa pilih provider jaringan internet dengan harga langganan yang reasonable. Sesuaikan pula dengan budget yang kamu miliki. Ada baiknya, karena aktivitas work from home ini bakal lama, kamu ambil paket berlangganan jangka panjang yang biasanya diikuti oleh penawaran promo diskon. Lumayan, kan, jadi bisa lebih berhemat!

Penunjang kesehatan

Pengeluaran keuangan ekstra juga terjadi pada pembelian alat penunjang kesehatan seperti masker, hand sanitizer, dan sabun cuci tangan. Belum lagi kemarin harga alat-alat kesehatan ini sempat sangat tinggi hingga membuat anggaran jebol. Untungnya, sekarang ini harga-harga alat kesehatan tersebut sudah mulai turun dan kembali normal. Kamu pun bisa lebih tenang sedikit saat harus beli masker dan hand sanitizer untuk kembali bekerja di tengah virus corona yang masih ada.

Hiburan

Hiburan

Ada kalanya pemberlakuan PSBB membuatmu cenderung lebih mudah bosan karena pergerakan yang terbatas. Kamu tidak bisa pergi menonton bioskop, pergi ke tempat hiburan, traveling, atau sekadar jalan-jalan ke mall. Alhasil, kamu butuh pelarian yang bisa membunuh kejenuhan. Bentuk pelarian ini juga bermacam-macam.

Ada yang pelariannya lebih ke makanan sehingga membeli dalam jumlah banyak dan ada yang bentuknya hiburan seperti langganan layanan streaming untuk series dan drama. Pemenuhan kebutuhan hiburan akhirnya membutuhkan anggaran sendiri yang jumlahnya tidak sedikit. Maklum, kamu kan sering berada di rumah sehingga punya banyak kesempatan untuk menonton series. Tapi, batasi bujet untuk hiburan ini, ya.

 

Adanya pengeluaran keuangan tambahan ini hendaknya menyadarkanmu bahwa bekerja dan beraktivitas dari rumah tidak akan menjamin pengeluaran jadi berkurang atau tambah sedikit. Karena work from home, arus kas pengeluaranmu akan lebih banyak di kebutuhan rumah seperti kuota internet, air, listrik, dan internet. Tapi jangan sampai pengeluaran ekstra ini memakan budget untuk investasi, ya. Tetap investasi dari rumah dengan pakai aplikasi Xsaver untuk rencana keuangan di masa yang akan datang.