fbpx

4 Keuntungan Kerja dari Rumah berdasarkan Segi Finansial

4 Keuntungan Kerja dari Rumah berdasarkan Segi Finansial

4 Keuntungan Kerja dari Rumah berdasarkan Segi Finansial

Meluasnya penyebaran virus corona membuat banyak perusahaan di Indonesia menerapkan sistem work from home atau kerja dari rumah. Tidak semua orang menyambut kebijakan ini dengan antusias. Banyak dari mereka yang merasa tingkat produktivitas jadi menurun jika kerja dari rumah. Sebetulnya hal tersebut merupakan kebiasaan saja, kok. Kalau ditelaah lagi, ada banyak keuntungan kerja dari rumah yang bisa kamu rasakan, terutama dari segi finansial!

Hemat ongkos transportasi dan nongkrong

Hemat ongkos transportasi dan nongkrong

Kerja dari rumah artinya kamu punya kesempatan untuk berhemat. Selama masa work from home ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk transportasi, yang kalau ditotal sebetulnya jumlahnya cukup banyak. Selain transportasi, kamu juga bisa menghemat biaya nongkrong. Dalam sebulan, pasti setidaknya ada satu sesi nongkrong yang kamu datangi. Bahkan bisa lebih kalau kamu mengiyakan setiap ajakan nongkrong.

Nah, berhubung ada anjuran stay at home dari pemerintah, aktivitas nongkrong pun harus ditunda dulu. Inilah salah satu keuntungan kerja dari rumah. Kamu jadi bisa mengalokasikan uang transportasi dan nongkrong untuk diinvestasikan demi mewujudkan bucket list.

Belajar menghindari pengeluaran impulsif

Memang, sih, banyak kesempatan untuk berhemat selama kerja dari rumah. Namun, godaan belanja pun sebetulnya tidak kalah banyak. Rasa bosan tentu melanda, dan karena belum bisa keluar rumah, kamu jadi lebih sering “jalan-jalan” ke berbagai website online shop. Di sinilah godaan mulai muncul. Nah, kamu harus bisa melawan godaan tersebut, Xultan.

Jadikan ini sebagai sesi pembelajaran untuk menahan keinginan impulsif. Buat daftar pengeluaran selama sebulan ke depan dan alokasikan biaya untuk memenuhi pengeluaran tersebut. Jadikan ini sebagai prioritas agar kamu tidak asal check out belanjaan di online shop favorit kamu.

Waktu tepat untuk evaluasi keuangan

Waktu tepat untuk evaluasi keuangan

Kapan terakhir kali kamu mengevaluasi keuangan kamu, Xultan? Kalau sudah tidak ingat, berarti sudah saatnya kamu melakukannya kembali. Pas banget, nih, Xultan. Salah satu keuntungan kerja dari rumah adalah waktu luang yang lebih banyak daripada biasanya. Manfaatkan waktu luang tersebut untuk mengevaluasi keuangan kamu selama tiga bulan terakhir.

Coba evaluasi berapa banyak pengeluaran yang kamu lakukan, pos pengeluaran mana yang paling banyak menghabiskan biaya, apakah pengeluaran kamu sudah seimbang dengan pemasukan, dan hal-hal penting lainnya. Hasil dari evaluasi keuangan ini bisa menjadi patokan bagi kamu untuk lebih berhemat ke depannya.

Bisa mengalokasikan uang untuk investasi

Seperti yang sudah disebutkan di awal, keuntungan kerja dari rumah adalah kamu bisa menghemat biaya transportasi dan nongkrong. Artinya, kamu punya kesempatan untuk mengalokasikan uang tersebut ke pos finansial lain yang lebih produktif, yaitu investasi. Tidak ada yang tahu kapan pandemi corona bakal berakhir, jadi sudah seharusnya kamu berinvestasi untuk mengumpulkan uang demi bisa terus memenuhi kebutuhan hidup.

Pilihlah investasi yang performanya relatif stabil walaupun di tengah pandemi seperti sekarang, contohnya reksadana pasar uang. Berhubung tidak boleh keluar rumah, berinvestasilah menggunakan aplikasi reksadana pasar uang seperti Xsaver yang bisa kamu akses menggunakan smartphone. Cukup download dari Google PlayStore atau App Store saja, lho!

 

Yuk, manfaatkan masa stay at home untuk memaksimalkan keuntungan kerja dari rumah, terutama untuk segi finansial kamu. Jadi, selepas pandemi corona berakhir, kondisi finansial kamu pun bakal lebih rapi dan sehat!