Motivasi Investasi Bisa Kamu Dapatkan dari 4 Film Ini

Motivasi investasi, investasi, reksa dana, investasi reksa dana, film, film investasi

Motivasi Investasi Bisa Kamu Dapatkan dari 4 Film Ini

Sulit memang rasanya untuk memulai sesuatu yang baru, apalagi kalau pengetahuan yang kamu punya akan hal tersebut belum terlalu banyak. Akhirnya, kamu pun membutuhkan motivasi tambahan untuk mulai melakukannya. Hal ini berlaku pula pada investasi, lho. Padahal investasi begitu penting untuk membantu kamu meraih kebebasan finansial.

Itulah kenapa motivasi investasi dibutuhkan agar kamu lebih semangat untuk mulai berinvestasi. Salah satu sumber motivasi investasi yang mampu memberikan pengaruh kuat adalah film. Nah, beberapa film berikut ini bakal membuat kamu lebih termotivasi untuk melakukan investasi. 

Boiler Room (2000)

Diangkat dari kisah nyata sang sutradara, Ben Younger, Boiler Room bercerita tentang seorang mahasiswa bernama Seth Davis (Giovanni Ribisi) yang melakukan bisnis judi ilegal di rumahnya. Ia magang di perusahaan pialang saham milik Gregg (Nicky Katt). Keputusan Seth untuk magang di perusahaan tersebut bukannya tanpa alasan. Ia punya hubungan yang buruk dengan ayahnya, sehingga Seth berambisi mempunyai karier yang bagus sebagai broker saham.

Sayangnya, suatu hari ia menyadari kalau ternyata saham yang dijual perusahaan merupakan saham bodong. Melalui Boiler Room-lah kamu bakal belajar banyak tentang euforia seputar dunia saham. Tokoh Seth juga bakal memberikan motivasi investasi karena kegigihannya.

The Wolf of Wall Street (2013)

Film yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio ini berkisah tentang kehidupan nyata di dunia trading saham. Leonardo DiCaprio berperan sebagai Jordan Belfort, seorang broker muda yang awalnya bekerja di perusahaan besar. Namun, suatu hari perusahaan tersebut bangkrut dan Jordan pun harus meninggalkan pekerjaannya.

Walaupun begitu, Jordan sudah telanjur cinta dengan dunia saham dan profesinya sebagai broker. Berbekal kecintaan dan motivasi investasi, Jordan dan teman-temannya pun mendirikan perusahaan saham sendiri. Kisah dalam film jadi lebih terasa intens saat Jordan justru tergoda melakukan tindakan ilegal di puncak kariernya, bahkan sampai dikejar-kejar oleh FBI. The Wolf of Wall Street tidak hanya mengajarkan kamu tentang investasi, tapi juga dunia pekerjaan secara profesional.

The Big Short (2015)

Pernah membaca buku berjudul The Big Short karya Michael Lewis? Nah, ini adalah versi adaptasi filmnya, Xultan! Mengambil latar belakang krisis finansial global tahun 2008 atau Great Depression, film The Big Short bercerita tentang empat pria dengan ide gilanya dalam menghadapi krisis tersebut. Keempat tokoh pria ini diperankan oleh Brad Pitt, Ryan Gosling, Christian Bale, dan Steve Carell.

Film ini memberikan banyak insight bagus yang bakal menjadi motivasi investasi buat kamu. The Big Short coba menceritakan kalau pada saat itu, properti bukanlah pilihan investasi yang cukup menjanjikan. Hal ini pun membuat pola pikir para investor berubah. Kamu juga perlu siap-siap jika nantinya pola pikir terhadap investasi ikut berubah setelah menonton The Big Short.

The Wizard of Lies (2017)

Salah satu alasan kenapa banyak orang merasa ragu memulai investasi adalah adanya risiko kejahatan investasi bodong. Masih ingat skandal First Travel yang terjadi beberapa waktu lalu? Itu termasuk salah satu contoh investasi bodong yang ujung-ujungnya jadi membuat masyarakat takut berinvestasi.

Nah, kisah serupa bisa kamu temukan pada film The Wizard of Lies. Diadaptasi dari buku karangan Diana B. Henriques, film satu ini mengangkat kisah tentang Bernard Madoff yang pernah melakukan investasi bodong secara besar-besaran. Namun, bukannya menakut-nakuti, The Wizard of Lies justru bakal membuat kamu belajar untuk lebih berhati-hati dalam berinvestasi.

 

Motivasi investasi bisa didapatkan dari mana saja, termasuk film. Dengan menonton keempat film di atas, semoga motivasi investasi kamu semakin meningkat sehingga kamu jadi tertarik untuk mulai berinvestasi. Yuk, mulai sekarang!

 

Photo Credit: Pexels