4 Cara Mengelola Uang di Dompet Digital dengan Bijak

Cara mengelola uang, cara bijak mengelola uang, dompet digital.

4 Cara Mengelola Uang di Dompet Digital dengan Bijak

Penggunaan dompet digital harus disertai dengan pengetahuan cara mengelola uang yang baik. Kehadiran dompet digital memang bisa memudahkan kehidupan. Tidak perlu ribet cari uang tunai di dompet saat harus melakukan pembayaran, sekarang kamu cukup melakukannya dengan menggunakan dompet digital di smartphone. Begitu mudah dan praktis, kan?

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan dompet digital berpotensi membuat kamu boros. Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menerapkan beberapa cara mengelola uang di dompet digital berikut ini.

Petakan kebutuhan terlebih dulu

Biasanya, untuk kebutuhan apa saja sih kamu menggunakan uang di dompet digital? Pertanyaan ini penting untuk dijawab agar kamu tahu berapa jumlah uang yang harus dimasukkan ke dompet digital.

Misalnya, katakanlah kamu menggunakan dompet digital untuk membayar layanan ojek online sehari-hari. Dalam sehari, kamu mengeluarkan uang Rp20.000 dari dompet digital untuk layanan tersebut. Apabila dalam sebulan ada dua puluh hari kerja, maka kamu bisa memasukkan uang sejumlah Rp400.000 ke dompet digital. Akan lebih baik kalau melebihkan sedikit jumlahnya untuk berjaga-jaga, misalnya jadi Rp450.000 atau Rp500.000.

Kalau kamu menggunakan lebih dari satu dompet digital, pastikan kamu juga memetakan kebutuhanmu dulu sebelum memasukkan uang ke sana. Cara mengelola uang ini juga akan membantu kamu untuk membatasi pengeluaran menggunakan dompet digital. 

Monitor pengeluaran saldo

Sulit memang untuk berkomitmen pada batasan penggunaan saldo uang digital yang sudah kamu tetapkan. Apalagi kalau mendadak ada teman kantor yang mengajak untuk beli es kopi atau makan siang lewat aplikasi online delivery. Itulah kenapa penting bagi kamu untuk memonitor pengeluaran saldo di dompet digital.

Kabar baiknya, kebanyakan dompet digital saat ini sudah dilengkapi dengan fitur history yang memungkinkan kamu untuk memonitor pengeluaran-pengeluaran sebelumnya. Kamu bisa melakukan monitor setiap seminggu atau sebulan sekali. Dari sini, kamu pun bakal tahu pengeluaran dari pos mana yang paling banyak dilakukan.

Baru setelah itu kamu bisa memperbaiki diri di pengeluaran selanjutnya. Misalnya, kalau ternyata bulan ini kamu terlalu banyak beli es kopi, kamu bisa memangkas pengeluaran tersebut bulan depan.

Manfaatkan berbagai promo

Mengetahui cara mengelola uang secara bijak di dompet digital bukan berarti kamu tidak bisa bersenang-senang, kok. Sekarang penyedia layanan dompet digital berlomba-lomba menawarkan promo semenarik mungkin untuk membuat kamu dan konsumen lain menggunakan produk mereka. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk menghemat pengeluaran dompet digital.

Contohnya, saat makan siang di kantor, pilihlah restoran yang bekerja sama dengan dompet digital. Biasanya akan ada promo berupa diskon, potongan harga, buy one get one, atau beli menggunakan poin yang sudah kamu kumpulkan. Nah, tiap penyedia dompet digital biasanya menawarkan promo yang berbeda. Tidak ada salahnya melakukan perbandingan terlebih dulu untuk mengecek promo mana yang bisa membantumu menyimpan lebih banyak uang.

Namun, perlu diingat, jangan sampai promo-promo tersebut justru membuat kamu jadi konsumtif, ya. Sebulan sekali makan di restoran pakai promo tentu boleh saja, tapi kalau dilakukan setiap hari, bisa-bisa kamu bakal boros. Selalu ingat batasan pengeluaran saldo yang sudah kamu tentukan sebelumnya, ya. 

Tabungkan sisa saldo

Bagaimana kalau ternyata masih ada sisa saldo di dompet digital saat akhir bulan? Well, tentu saja kamu berhak menggunakan sisa saldo tersebut untuk membeli hal-hal yang kamu mau. Tapi daripada uang tersebut “hilang”, kamu bisa lho melipatgandakan jumlahnya. Cara mengelola uang satu ini bisa dilakukan dengan investasi!

Jangan langsung mengerutkan kening dulu, investasi zaman sekarang sama sekali tidak mudah, kok. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi Xdana yang memungkinkan kamu untuk berinvestasi reksadana melalui smartphone. Tenang saja, setoran awalnya sangat terjangkau, cukup dengan Rp50.000 saja! Kabar baiknya, hasil investasi yang kamu dapatkan bisa lebih tinggi dari rata-rata tabungan biasa. Segera download aplikasi Xsaver melalui App Store atau Google Play Store di smartphone kamu!

 

Dompet digital memang hadir untuk memudahkan kehidupan. Namun, jangan sampai kamu justru jadi boros, ya. Terapkan keempat cara mengelola uang di atas agar kamu bisa menggunakan dompet digital secara bijak. 

 

Photo Credit: Unsplash